Article

Homepage Article Cara Menjahit 8 Langkah Mudah Menambal…

8 Langkah Mudah Menambal Celana Jeans Dengan Tatter Patch

Celana jeans kesayangan kamu tidak sengaja robek karena tersangkut atau tergores benda tajam sehingga meninggalkan lubang yang cukup besar?. Untuk memperbaiki lubang besar pada celana jeans sambil menambahkan sentuhan gaya yang unik, coba yuk gunakan tatter patch untuk menambal celana tersebut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tatter Patch

Tatter patch merupakan sejenis bahan yang dapat digunakan untuk menambal lubang pakaian yang cukup besar, terutama celana jeans yang biasa dibuat dari bahan khusus yakni berupa kain denim. Selain memperbaiki celana jeans yang rusak, tatter patch sendiri sebenarnya juga memiliki fungsi lain lho.

Menambal Celana Jeans

Sumber : https://www.etsy.com/

Berikut beberapa fungsi dan manfaat umum dari tatter patch yang penting untuk kamu ketahui.

  • Tatter patch bisa menambah nilai estetika dan menambah unik tampilan celana jeans.
  • Tatter patch bisa memperpanjang umur pakai celana jeans tanpa harus membeli yang baru.
  • Tatter patch bisa membantu menghemat uang dalam jangka panjang.
  • Tatter patch sering kali digunakan untuk memberikan sentuhan personal dan tak biasa pada celana jeans.

Menambal Celana Jeans

Sumber : https://www.tatterpatch.com/

Cara Menggunakan Tatter Patch

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk menambal celana jeans dengan tatter patch?. Buat kamu yang mau mencobanya pertama-tama siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bhan yang terdiri dari:

  • Celana jeans robek yang ingin kamu tambal.
  • Tatter patch dan perekat untuk menambal celana jeans.
  • Pensil dan penggaris untuk menandai tempat penambalan.
  • Kertas kalkir untuk menjiplak robekan celana.
  • Kertas tahan panas untuk melapisi celana dan tatter patch saat disetrika.
  • Gunting untuk merapikan robekan celana dan memotong tatter patch. 

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yng sudah disebutkan di atas sekarang kamu bisa mulai menambal celana dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Tentukan Lokasi Penambalan

Pastikan celana jeans dalam keadaan bersih dan kering kemudian letakkan celana jeans di atas permukaan datar dan rata. Jika sudah tentukan bagian celana jeans yang akan kamu tambal dengan tatter patch.

2. Rapikan Robekan Celana

Rapikan bagian tepi robekan pada celana jeans jika bentuknya tidak beraturan, agar tambalan yang kamu buat nantinya bisa terlihat lebih rapi. Dalam hal ini pastikan kamu hanya memangkas pinggiran di sekeliling lubang.

3. Buat Template di Kertas Kalkir

Balik celana jeans sehingga bagian dalamnya berada di luar kemudian jiplak bentuk robekan atau lubang celananya dengan menggunakan kertas kalkir sebagai acuan dalam memotong tatter patch.

Simak juga 7 Fungsi Penting Kertas Kalkir / Tracing Paper Dalam Industri Fashion.

4. Potong Tatter Patch

Potong bahan perekat dan tambalan celana sesuai template dengan tetap memperhatikan kesesuaian arah serat benang yang terdapat pada robekan celana jeans. Agar hasil akhirnya lebih lembut, bulatkan tepi runcing tambalan dan perekat sebelum diaplikasikan pada celana jeans.

5. Setrika Bahan Perekat

Tempatkan satu lembar kertas tahan panas di bawah lubang sobekan celana dari sisi yang berlawanan dan juga potongan perekat tatter patch di atas lubang sobekan celana kemudian setrika bagian belakang perekat selama beberapa saat.

6. Mengelupas Kertas

Tunggu antara satu atau dua menit hingga bahan perekat agak dingin kemudian kelupas bagian belakang kertas perekat yang sudah disetrika hingga meninggalkan lapisan bening di bagian sekitar dan bagian dalam lubang robekan celana.

Setelah agak dingin hilangkan kelebihan perekat yang tertinggal di bagian dalam lubang robekan celana kamu dengan menggunakan jari-jari tangan.

7. Memasang Tatter Patch

Tempatkan tatter patch atau tambalan celana yang sudah dipotong di atas perekat dengan tetap memastikan bahwa kelebihan perekat telah dihilangkan dan benang pada tambalan berada pada posisi sejajar dengan serat celana jeans.

8. Setrika Ulang Tatter Patch

Selesai memasang tatter patch sekarang balik celana dengan hati-hati sehingga bagian baiknya berada di luar kemudian setrika sekeliling luar lubang yang telah ditambal secara perlahan dan sedikit tekanan selama 30 detik.

Menambal Celana Jeans

Sumber : https://www.tatterpatch.com/

Sampai di sini proses menambal celana jeans dengan tatter patch sudah selesai di lakukan dan celana jeans siap dipakai kembali. Dengan memperbaiki celana jeans menggunakan tatter patch, kamu pun juga dapat membantu mengurangi limbah tekstil dan menjaga lingkungan dari efek buruk limbah tekstil.

Menambal Celana Jeans Menambal Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Nah itu dia pembahasan singkat mengenai cara mudah memperbaiki celana jeans pria dan celana jeans waita dengan tatter patch yang dapat kami bagikan buat kamu. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar cara memperbaiki pakaian lainnya yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans pria maupun celana jeans wanita?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan Kain Denim terbaik di katalog kami.

Download juga Pola Celana Pria Skinny dan Pola Celana Wanita Skinny siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana skinny jeans sendiri dengan pola yang sudah jadi.

emoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.