Article

Homepage Article Cara Menjahit 8 Jenis Kertas Yang Umum…

8 Jenis Kertas Yang Umum Digunakan Untuk Membuat Pola Baju

Memilih jenis kertas yang tepat dalam pembuatan pola baju, menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan agar pola yang dihasilkan nantinya lebih akurat, mudah digunakan dan tahan lama. Artikel ini akan membahas beberapa jenis kertas yang umum digunakan dalam pembuatan pola baju.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pola Baju

Pola baju adalah template atau cetakan yang digunakan sebagai panduan untuk memotong kain dan menjahitnya menjadi pakaian. Pola ini biasanya terdiri dari beberapa bagian yang mencerminkan potongan-potongan pakaian, seperti bagian depan, belakang, lengan, kerah dan sebagainya.

Kertas Untuk Pola Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebagai salah satu sarana yang sangat penting dalam pembuatan pakaian, pola baju sendiri dirancang untuk memastikan bahwa setiap bagian pakaian memiliki ukuran dan bentuk yang tepat agar sesuai dengan tubuh pemakainya.

  • Pola baju berperan penting untuk membantu memastikan bahwa setiap bagian pakaian dipotong dengan ukuran dan bentuk yang tepat.
  • Pola baju memungkinkan pembuatan beberapa potong pakaian dengan ukuran dan bentuk yang sama.
  • Penggunaan pola baju bisa menghemat waktu dalam proses desain dan penjahitan karena semua detail sudah direncanakan sebelumnya.

Kertas Untuk Pola Baju 

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kertas Untuk Pola Baju

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, pola baju sendiri sebenarnya dapat dibuat dari berbagai jenis kertas yang berbeda. Setiap jenis kertas juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kamu bisa dengan bebas memilih kertas mana yang paling sesuai dengan proyek jahit kamu.

Mau tahu apa saja jenis kertas yang paling umum digunakan untuk membuat pola baju?. Berikut adalah beberapa contoh kertas yang bisa kamu pakai untuk menggambar pola baju. 

1. Kertas Payung

Pertama ada kertas payung yang murah dan mudah didapat. Kekurangan pola baju yang dibuat dari kertas ini yaitu cenderung rentan sobek dan tidak tahan lama.

Kertas Untuk Pola Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Kertas Kraft

Kedua ada kertas kraft atau craft paper yang diproduksi dari pulp. Pulp yang dipakai untuk membuat kertas kraft sendiri beberapa ada yang diputihkan namun ada juga yang tidak. Bila tidak diputihkan maka hasil kertas kraft akan berwarna coklat.

  • Kertas kraft biasa dikenal sebagai kertas yang kuat dan tahan lama.
  • Kertas kraft juga memiliki elastisitas tinggi dan tahan terhadap sobekan.
  • Kertas kraft cocok digunakan untuk membuat pola baju yang akan digunakan berkali-kali.

Kertas Untuk Pola Baju 

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Kertas Samson

Ketiga ada kertas samson hasil dari daur ulang yang umumnya berwarna coklat dan bertekstur kasar. Kertas ini biasanya banyak dipergunakan untuk membuat paperbag dan bungkus, tapi bisa juga kamu pakai untuk membuat pola baju. 

  • Kertas samson memiliki permukaan kasar dan berserat sehingga tampilannya terkesan klasik dan natural.
  • Karena warna dasarnya coklat, kertas ini umumnya hanya dicetak dalam satu atau warna saja yakni warna coklat muda dan ada juga yang coklat tua.

Kertas Untuk Pola Baju

Sumber : https://id.carousell.com/

4. Kertas Karton

Keempat ada kertas karton yang ringan dan tebal tapi termasuk mudah untuk dipotong. Kertas karton dapat dijumpai dalam berbagai variasi warna yang berbeda, mulai dari karton putih, karton coklat hingga karton warna.

Kertas Untuk Pola Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Kertas Kalkir

Kelima ada kertas kalkir yang dapat digunakan untuk melacak pola yang sudah ada atau untuk membuat pola baru. Kertas ini umumnya memiliki karakteristik yang sangat khas yakni transparan, sehingga memudahkan kamu untuk membuat pola yang rumit.

  • Kertas kalkir dapat digunakan untuk mentransfer pola pada kain maupun bahan kulit.
  • Kertas kalkir dapat juga digunakan untuk menandai lipatan, kupnat, kantong, kancing, penutup depan dan desain bordir.

Kertas Untuk Pola Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Seperti layaknya kertas-kertas lain, kertas kalkir inipun juga tersedia dalam berbagai ukuran yang berbeda. Kertas kalkir yang dimaksud yaitu:

  • Kertas kalkir seri A0 yang berukuran 84,1 × 118,9 cm atau 841 × 1189 mm.
  • Kertas kalkir seri A1 yang berukuran 59,4 × 84,1 cm atau 594 × 841 mm.
  • Kertas kalkir seri A2 yang berukuran 42 × 59,4 cm atau 420 × 594 mm.
  • Kertas kalkir seri A3 yang berukuran 29.7 × 42 cm atau 297 × 420 mm.
  • Kertas kalkir seri A4 yang berukuran 21 × 29,7 cm atau 210 × 297 mm.

6. Kertas Koran Bekas

Keenam ada kertas koran bekas yang dapat berfungsi dengan baik untuk membuat pola baju, mudah ditemukan dan harganya pun juga jauh lebih murah. Kekurangannya yaitu kertas koran bekas ini rentan sobek dan tidak tahan lama.

Kertas Untuk Pola Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Kertas Flip Chart

Ketujuh ada kertas flip chart berukuran cukup besar yang bentuknya seperti kalender. Kertas ini sebenarnya biasa digunakan di papan flipchart untuk mempresentasikan hasil pekerjaan, namun bisa juga kamu pakai untuk membuat pola baju.

Kertas Untuk Pola Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Kertas Duplex

Kedelapan ada kertas duplex yang cukup tebal dan memiliki tekstur yang berbeda di kedua sisinya. Satu sisi berwarna putih dan bertekstur licin, sementara sisi satunya berwarna abu-abu atau putih dan bertekstur sedikit kasar.

Untuk pemanfaatannya sendiri, kertas duplex sendiri biasa dipakai untuk membuat box packaging tapi bisa juga dipakai untuk membuat pola.

  • Kertas duplex memiliki daya tahan yang baik untuk pembuatan pola baju.
  • Kertas duplex cocok digunakan untuk membuat pola baju yang akan digunakan berkali-kali.

Kertas Untuk Pola Baju

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa jenis kertas yang bisa kamu pakai untuk membuat pola baju. Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan ketika hendak memilih kertas untuk membuat pola baju yaitu pertimbangkan jenis proyek yang kamu kerjakan, frekuensi penggunaan pola dan juga ketahanan kertas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju pria, baju wanita dan baju anak?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Download juga pola baju siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat baju pria, baju wanita dan baju anak sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.