Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Istilah Penting Dalam…

10 Istilah Penting Dalam Fesyen

Sahabat Fitinline, banyak sekali istilah yang digunakan dalam fesyen. Namun terdapat beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia fesyen yang perlu anda ketahui. Apa saja ya, simak yuk.

Ready to Wear atau Pret-a-Porter, kebanyakan busana yang anda lihat di butik adalah koleksi yang biasa disebut ready to wear atau net-a-porter dalam bahasa Perancis atau busana siap pakai dalam bahasa Indonesia. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan koleksi suatu label yang diproduksi secara masal. Biasanya koleksi ini dibuat dengan standard clothing size (misalnya S, M, L, dan lain sebagainya) dan sudah siap tersedia di toko-toko dalam kuantitas yang banyak.

Ready To Wear

Ready To Wear

Sumber: https://fitinline.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Haute Couture, kebalikan dengan ready to wear, istilah haute couture artinya adalah high dress making. Desain yang sangat exclusive dan ditujukan untuk kalangan masyarakat dengan tingkat sosial tinggi (High-end). Haute couture dibuat berdasarkan pesanan untuk konsumen yang khusus, terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, fabric yang benar-benar mahal dan dijahit dengan penuh perhatian hingga ke detail-detail kecil sekalipun, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan pakaian yang bisa disebut haute couture. Istilah Haute Couture aslinya ditujukan untuk sebuah hasil karya di pertengahan abad ke-19 di Paris, oleh Charles Frederick Worth, seorang pria asal Inggris. Di Perancis, istilah Haute Couture dilindungi oleh hukum dan hanya boleh digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memenuhi standard kualitas fashion tertentu. Perusahaan yang ingin menganggap mereka sebagai “Couture House” dan menggunakan istilah haute couture dalam iklan dan apa pun.

Haute Couture

Haute Couture

Sumber: http://www.telugu-news.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Di Paris sendiri terdapat sebuah organisasi yang dinamakan Chambre syndicale de la haute couture yang menentukan desainer mana yang berhak melakukan show couture karena terdapat aturan tersendiri. Beberapa peraturan yang harus diikuti untuk bisa bergabung dengan para couturier lain adalah menawarkan servis custom made untuk klien, memastikan fitting dan desain yang mereka buat one of a kind. Desainer harus membuat khusus satu desain baru untuk klien mereka dan mereka diharuskan melakukan fitting sebanyak yang diperlukan untuk satu desain itu hingga selesai dibuat. Harus memiliki atelier atau workshop di Paris yang mempekerjakan 15 orang lokal secara full time. Dalam satu tahun, desainer harus membuat dua show untuk para media di Paris. Koleksi mereka harus berjumlah kurang lebih 35 items untuk siang hari dan untuk malam hari.

Fashion Season Spring/Summer and Fall/Winter, trend fesyen masih ditentukan oleh negara-negara di belahan Barat yang memiliki empat musim. Jadi fesyen pun masih mengikuti kebutuhan pakaian mereka yang tinggal di sana. Dalam setahun para label pasti akan menggelar dua fesyen show besar yaitu Spring/Summer dan Fall/Winter. Seperti musimnya baju-baju untuk musim Spring/Summer, para label pasti menyiapkan koleksi ringan yang memang pas digunakan saat musim tersebut. Warna-warna terang biasa digunakan, bahan ringan hingga pemilihan desain yang lebih mengarah kepada baju untuk liburan. Sedangkan untuk Fall/Winter pemilihan warna yang lebih gelap biasa dipilih, lalu penggunaan material seperti fur, kulit hingga footwear sejenis boots kerap ada di musim ini. Lalu pada saat transisi antara kedua musim ini, beberapa desainer biasanya mengeluarkan mini koleksi seperti Resort dan juga Pre Fall, sebagai sneak peek untuk koleksi besar nantinya.

Fashion Faux Pas, kata "faux pas" sendiri dalam bahasa Perancis artinya pelanggaran yang dilakukan melawan norma-norma sosial yang ada, misalnya mulai dari kebiasaan, aturan atau etiket yang ada. Sedangkan "fashion faux pas" sendiri artinya ketika seseorang terjebak dalam situasi salah kostum, atau penampilannya tidak sesuai dengan dress code atau tren yang ada saat ini. Istilah ini dipopulerkan oleh Louis XIV, dan pada saat pemerintahannya dia sangat senang dengan pertunjukan tari. Jadi jika kamu salah dandan saat menghandiri pesta dansanya, kamu bisa-bisa langsung diusir.

The “It” Things, istilah ini bisa digunakan untuk menjelaskan segala sesuatu yang paling happening, paling gaya dan paling keren yang sedang terjadi saat ini. “It” ini bisa dipakai mulai dari menjelaskan tren, desainer, koleksi, socialiate, aktor hingga penyanyi.

Fashionista, pada awalnya kata fashionista bermakna sedikit negative yaitu menjelaskan seseorang yang gila belanja dan mengikuti semua tren yang ada tanpa memiliki personal style sendiri. Kini para media menggunakan kata fashionista untuk menjelaskan seseorang yang memiliki personal style yang luar biasa, dia berhasil menciptakan tren tersendiri, mampu menggabungkan high fashion dengan koleksi vintage. Intinya perempuan yang memiliki gaya yang stylish dan tidak terdikte oleh fashion.

Glitterati, "The glitterati packed the red carpet.", biasanya geng glitterati selalu terlihat terdepan pada saat fashion show, red carpet hingga halaman awal majalah fashion hingga majalah gossip. Grup ini biasanya terdiri dari selebriti, socialite, editor dan fashionista yang semuanya fashionable, glamourous dan yang pasti membuat iri banyak orang lain yang melihatnya.

Fashion Editrix, sebenarnya fashion editrix memiliki arti yang sama dari seorang fashion editor perempuan. Penggunaan kata "Editrix" sebagai pengganti "editor" adalah hasil dari tambahan kata "dominatrix". Editor + Dominatrix = Editrix. Jadi maksudnya adalah Editor yang dominan atau memimpin. Maka dari itu biasanya yang mendapat julukan ini biasanya sudah berada di posisi pimpinan senior. Misalnya Anna Wintour dari majalah Vogue USA dan Emmanuelle Alt pengganti Carine Roitfeld adalah salah satu editor majalah fashion yang paling terkenal bahkan memiliki status sama dengan para glitterati lainnya. Terlihat dari cuplikan film dokumenter soal industri fashion, "The September Issue", pendapat Anna sangat penting sehingga para desainer besar meminta ijin secara tidak langsung sebelum melansir koleksi terbarunya. Selain pengaruh besar mereka untuk industri fashion, personality dan personal style membuat para fashion editrix ini tetap menjadi topik hangat untuk dibahas.

Androgynous Style, salah satu keuntungan lain terlahir menjadi perempuan adalah kita bisa bebas meminjam busana pria dan menjadikan itu sebagai salah satu gaya personal kita. Androgyny atau androgini dalam bahasa Indonesia adalah sebuah gaya yang terinspirasi dari pakaian pria mulai dari siluet, material hingga warna. Beberapa fashion item yang bisa kamu kenakan jika ingin mencoba style ini adalah blazer, celana lurus, bow tie, hingga oxford shoes.

Androgynous Style

Androgynous Style

Sumber: http://sofashionpassionate.blogspot.com

Fashion Du Jour, salah satu istilah yang sering kita baca atau dengar. Kata du jour sendiri yang berasal dari bahasa Perancis berarti “hari ini”. Jadi fashion du jour memiliki arti fashion hari ini atau juga bisa dianggap"the latest fashion".
Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.