Article

Homepage Article Fashion Design 8 Item Fashion Yang Cocok…

8 Item Fashion Yang Cocok Dipadukan Dengan Celana Cargo

Trend penggunaan celana cargo yang memiliki banyak detail saku memang kembali populer dalam beberapa waktu terakhir. Buat anda yang tidak mau ketinggalan trend tapi masih bingung bagaimana cara memilih dan memadupadankan celana cargo dengan beberapa item fashion yang lain mungkin anda bisa mencoba trik berikut.

Pengertian Celana Cargo

Celana cargo dapat dikategorikan ke dalam jenis celana yang secara khusus didesain dengan banyak kantong penyimpaan disejumlah bagian, mulai dari bagian samping, belakang dan bawah. Celana cargo juga kerap disebut sebagai celana tempur karena awalnya memang dirancang untuk keperluan militer dan digunakan di lingkungan outdoor.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan celana cargo dengan jenis celana pria dan celana wanita yang lainnya yaitu:

  • Celana cargo normalnya memiliki saku sebanyak 6 buah, 2 di bagian samping, 2 di bagian belakang dan 2 di bagian bawah.
  • Tiap kantong pada celana cargo tersebut biasanya memakai tutup lipat yang dikunci dengan kancing snap atau velcro.
  • Kantong dari celana cargo memiliki ukuran cukup besar, jadi bisa dipakai untuk menampung banyak barang, seperti dompet, kompas, gadget.

Model Celana Cargo

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita, celana cargo sendiri pada prinsipnya dapat dibedakan ke dalam berbagai macam variasi model yang berbeda-beda. Model celana yang dimaksud antara lain berupa celana cargo reguler, celana cargo baggy dan celana cargo slim fit.

1. Celana Cargo Reguler

Celana cargo reguler merupakan jenis celana yang memiliki potongan lurus dan cenderung simple mulai dari pinggang, paha sampai ke bagian ujung celana atau biasa disebut dengan opening leg.

2. Celana Cargo Baggy

Celana cargo baggy merupakan jenis celana yang memiliki potongan longgar dan memberi ruang cukup luas antara kain dengan kulit. Celana ini cukup populer di kalangan remaja serta penyuka gaya kasual.

3. Celana Cargo Slim Fit

Celana cargo slim fit merupakan jenis celana yang memiliki potongan agak ketat (slim-fit) sehingga sering dianggap “bukan model cargo sesungguhnya”. Meski demikian model ini cukup populer untuk penyuka gaya yang sedikit rapi.

Berdasarkan ukuran panjangnya celana cargo yang diciptakan untuk pria bisa juga dibedakan dalam dua macam model yakni celana cargo panjang dan celana cargo pendek.

1. Celana Cargo Panjang

Celana cargo panjang sangat cocok dijadikan sebagai pelindung tubuh ketika be rada di tempat yang bersuhu dingin ataupun tempat-tempat dengan medan cukup berat.

  • Dengan ukurannya yang sedemikian rupa, celana cargo panjang dapat difungsikan sebagai pelindung kaki dari duri dan benda tajam lainnya ketika melakukan perjalanan jauh.
  • Selain digunakan untuk aktifitas outdoor celana cargo panjang bisa juga dipakai untuk pelengkap gaya penampilan sehari-hari termasuk bagi para wanita muslim yang berhijab.

2. Celana Cargo Pendek

Celana cargo pendek yang berdesain simple bisa diandalkan kalau anda lebih suka tampil santai dan leluasa saat menjalankan aktifitas sehari-hari.

  • Saat traveling ke tempat-tempat yang bersuhu panas misalnya, tentu celana cargo pendek bisa menjadi pilihan yang paling tepat.
  • Dengan menggunakan celana cargo pendek anda bisa bebas untuk menjalani aktivitas karena  celana juga tidak luput dari kantung besar.

Selain celana cargo panjang dan celana cargo pendek terdapat pula jenis celana cargo multifungsi yang dapat pakai dalam bentuk panjang maupun pendek. Kalau anda ingin memakai celana cargo yang pendek maka bagian bawah celananya tinggal dilepas, tapi kalau anda mau memakai celana cargo panjang bawahnya tinggal disambung kembali. 

Padupadan Celana Cargo

Berbicara mengenai celana cargo, lantas jenis baju seperti apa ya yang kira-kira cocok untuk dipadukan dengan celana cargo itu sendiri. Untuk memudahkan dalam menentukan padupadannya mungkin anda bisa memilih salah satu item fashion berikut.

1. Blus Wanita

Pakaian wanita bermodel longgar yang dikenal dengan nama blus termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian yang sangat cocok jika dipadukan dengan cargo. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, blus ini biasanya dapat dibuat dengan atau tanpa kancing.

Beberapa ciri paling khas dari blus wanita yang membedakannya dengan item fashion yang lain diantaranya:

  • Pertama blus wanita tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  • Blus wanita tidak selalu menggunakan manset tapi ada juga yang dibuat polos.      
  • Beberapa baju blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Bentuk kerah yang ada pada blus sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Model lengan blus juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  • Bagian bawah baju blus wanita tampak menggantung saat dikenakan.

Celana Cargo

Sumber : https://www.popsugar.co.uk/

Berkeinginan untuk membuat blus sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola blus siap pakai dari kami.

2. Kaos Oblong

Kaos oblong yang dibuat dalam potongan basic akan terlihat sangat serasi bila dipadupadankan dengan celana cargo yang dibuat panjang maupun pendek. Meski terkesan simple namun kombinasi keduanya justru cenderung mudah diaplikasikan ke dalam gaya penampilan pria maupun wanita dari berbagai usia.

  • Kaos oblong merupakan sejenis busana penutup tubuh bagian atas yang didesain untuk menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu dan perut.
  • Ciri paling khas yang membedakan kaos oblong dengan kaos yang lainnya yaitu kaos oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah ataupun saku.
  • Dengan karakteristiknya yang terkesan simple kaos oblong ini sangat cocok dipadupadankan dengan celana cargo pria maupun celana cargo wanita.

Celana Cargo

Sumber : https://id.pinterest.com/

Buat anda yang mau tampil keren dengan kaos oblong pastikan anda selalu memilih kaos yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga memiliki kualitas bahan yang bagus. Untuk lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 10 Jenis Bahan Kain Terbaik Yang Sering Dipakai Konveksi Kaos Oblong.

3. Tank Top

Perpaduan tank top dengan cargo akan membuat gaya street style terlihat semakin keren. Hal terpenting yang harus diingat adalah jika anda mau mengenakan celana cargo dengan tanktop sebaiknya cari tahu warna-warna yang tepat untuk warna kulit anda supaya terhindar dari kesalahan dalam memilih warna pakaian.

Celana Cargo

Sumber : https://www.yesstyle.com/

4. Crop Top

Busana penutup tubuh bagian atas berikutnya yang dapat dipadukan dengan celana cargo yaitu berupa crop top yang sengaja diciptakan dalam ukuran pendek hingga sebatas pinggang atau perut. Untuk urusan modelnya sendiri, item fashion yang satu ini dapat dijumpai dalam tipe sleeveless, crop top biasa atau crop top sweater.

Crop top yang dipadupadankan dengan celana cargo wanita sangat cocok digunakan untuk menyempurnakan penampilan agar terlihat semakin chic dan sporty.

  • Kalau anda mau tetap tampil cantik dengan crop top pastikan perut anda berada dalam kondisi yang fit.
  • Untuk anda yang tidak begitu suka tampil terbuka anda bisa memakai inner atau pakaian dalam yang sedikit ketat.
  • Alternatif lain anda bisa memilih celana cargo wanita yang berpotongan pinggang tinggi (highwaist).

Celana Cargo

Sumber : https://www.yesstyle.com/

5. Sweatshirt

Kalau anda gemar melakukan aktifitas berat seperti hiking, lari, bersepeda ataupun joging maka mengenakan celana cargo dan sweatshirt bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa diandalkan. Sweatshirt sendiri sebenarnya merupakan pakaian yang semula didesain untuk membuat tubuh mudah berkeringat.

  • Pilih sweatshirt yang ukurannya pas dengan badan anda, dalam artian tidak kebesaran atau kekecilan.
  • Jika anda ingin melakukan aktifitas hiking, lari, bersepeda atau joging usahakan untuk memilih bahan celana yang mudah menyerap keringat dan tidak terasa berat saat digunakan.
  • Untuk memaksimalkan penampilan sekaligus menunjang aktifitas yang anda lakukan jangan lupa tambahkan sepatu sneakers kesayangan.

Celana Cargo

Sumber : https://www.jollychic.com/

6. Windbreaker Jacket

Windbreaker jacket menjadi item fashion berikutnya yang sangat cocok dipadupadankan dengan celana cargo. Kombinasi keduanya dapat diandalkan untuk melindungi tubuh dari semilir angin dan gerimis saat beraktivitas ringan seperti jogging dipagi hari.

  • Jaket windbreaker merupakan sejenis jaket yang memiliki ciri khas berupa karet di pergelangan tangan untuk meminimalisir masuknya angin ke bagian dalam jaket.
  • Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai jaket penghangat tubuh jaket ini kebanyakan dibuat dari bahan kain yang kuat, anti angin, mudah kering dan ringan.
  • Jaket windbreaker standar biasanya juga dilengkapi kerah untuk melindungi leher serta tambahan hoodie untuk melindungi bagian kepala.

Celana Cargo

Sumber : https://hso.com.ph/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan jaket windbreaker. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain taslan, kain parasut, kain micro, kain despo, kain mayer, kain puma scott dan kain ZN yang tentunya memiliki karakteristik berbeda satu sama lain.

Untuk lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 7 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket Windbreaker.

7. Hoodie Jumper

Hoodie jumper bisa juga termasuk ke dalam jenis item fashion yang cocok dipadupadankan dengan celana cargo pria ataupun celana cargo wanita. Kata hoodie sendiri berasal dari bahasa inggris hood yang artinya tudung (penutup kepala) sedangkan jumper merupakan sejenis pakaian yang serupa dengan sweater.

  • Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya jumper hoodie biasanya selalu dilengkapi dengan kantong atau saku pada bagian depan serta tali untuk menyesuaikan penutup kepala.
  • Beberapa jenis hoodie jumper ada yang memiliki pembuka resleting dibagian depan namun ada juga yang dibuat tanpa pembuka.

Celana Cargo

Sumber : https://y-cargos.netlify.app/

Tertarik untuk membuat jumper hoodie tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola jumper hoodie siap pakai dari kami.

8. Sweater

Terakhir ada outerwear berkontur tebal yang dikenal dengan nama sweater. Dari segi desain dan potongannya sweater ini bisa juga dikategorikan sebagai baju terusan karena dibuat tanpa kancing maupun resleting serta tidak menggunakan tudung kepala.

Celana Cargo

Sumber : https://www.casiraghistyle.com/

Berencana untuk membeli celana cargo pria maupun celana cargo wanita tapi masih belum tahu bahan yang bagus untuk membuatnya itu seperti apa?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih celana cargo yang dibuat dari kain ripstop nilon, kain poliester dan kain twill.

  • Kain Ripstop Nilon

Kain ripstop termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki ciri sangat khas yakni bertekstur kotak-kotak. Kain ini umumnya dibuat dari tenunan benang nilon dan diperkuat dengan selingan benang yang lebih besar sehingga bahannya cenderung tidak mudah sobek dan jika terdapat sayatan sobeknya tidak akan melebar.

  • Kain Polyester

Kain poliester yang dibuat dari serat sintetis kemudian diolah dan di tenun menjadi lembaran kain juga sangat cocok digunakan untuk membuat celana pria dan celana wanita dengan model cargo. Meski tidak sekuat ripston nilon namun kain polyester ini tetap saja memiliki kelebihan tersendiri yaitu lentur dan cepat kering.

  • Kain Twill

Berikutnya ada kain twill yang memiliki tekstur serat kain berbentuk garis diagonal, sehingga jika dilihat akan terlihat kasar pada bagian permukaannya. Meskipun dari segi tekstur dan tampilan terlihat agak kasar, namun sejatinya bahan kain ini justru akan terasa sangat lembut dan dingin ketika digunakan seharian.

Sebagai bahan dasar pembuatan celana yang berkualitas kain twill umumnya tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan dan kerapatan tenunan yang berbeda-beda.

Kain twill stretch termasuk ke dalam jenis kain twill yang memiliki tingkat ketebalan sedang dan bersifat melar. Kain dengan sifat melar sangat nyaman jika dipakai untuk pakaian yang pas karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.

Kain twill no stretch yang biasa digunakan untuk keperluan garment sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kain twill stretch yaitu sama-sama memiliki tingkat ketebalan sedang. Bedanya kain twill no stretch ini tidak melar.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis item fashion yang bisa dipilih dan dipadupadankan dengan celana cargo pria maupun celana cargo wanita. Semoga artikel yang kami bagikan bisa membantu anda untuk lebih mudah menemukan item fashion yang bisa dipadupadankan dengan celana cargo kesayangan anda.

Kalau anda butuh bahan kain berkualitas untuk membuat celana cargo panjang, celana cargo pendek maupun jenis pakaian yang lain sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.