Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fitur Utama Jaket Perusahaan…

8 Fitur Utama Jaket Perusahaan Yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi salah satu jenis jaket yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam berbagai situasi kerja, baik itu menciptakan branding visual yang kuat di dalam kantor maupun di luar lapangan, berikut beberapa fitur-fitur penting yang biasa terdapat pada jaket perusahaan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Perusahaan

Jaket perusahaan adalah jenis pakaian yang dirancang khusus untuk digunakan oleh karyawan atau staf perusahaan. Biasanya jaket ini dilengkapi pula dengan logo atau branding perusahaan dan digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk seragam kerja, pakaian promosi atau sebagai tanda identitas karyawan.

Jaket Perusahaan 

Sumber : https://www.tmaker.my/

Fitur Penting Jaket Perusahaan

Tergantung pada tujuan dan desainnya, fitur-fitur yang dimiliki antara jaket perusahaan yang satu dengan jaket perusahaan yang lain bisa sangat bervariasi. Namun yang paling umum berikut adalah beberapa fitur yang sering dimiliki jaket perusahaan.

1. Logo dan Branding

Jaket perusahaan sering kali mencantumkan logo perusahaan, nama departemen atau slogan tertentu untuk meningkatkan identitas perusahaan.

  • Logo Bordir atau Cetak: Jaket perusahaan biasanya menampilkan logo perusahaan yang dijahit (bordir) atau dicetak pada bagian depan, belakang, atau lengan jaket. Fungsi utama dari logo ini yaitu untuk memperkuat identitas perusahaan dan meningkatkan kesan profesional.
  • Warna Perusahaan: Selain diberi tambahan logo, warna jaket juga sering disesuaikan dengan warna identitas perusahaan, sehingga karyawan atau staf dapat lebih mudah dikenali.

Jaket Perusahaan 

Sumber : https://m.bukalapak.com/

3. Bahan Yang Nyaman

Jaket perusahaan dapat dibuat dari berbagai bahan seperti katun, poliester, fleece, atau bahkan bahan anti-air tergantung pada kebutuhan fungsional.

  • Anti Air (Waterproof): Untuk karyawan yang bekerja di luar ruangan atau di lingkungan terbuka, jaket perusahaan sering dibuat dari bahan yang tahan air.
  • Bernapas (Breathable): Bahan yang memungkinkan sirkulasi udara agar tidak terlalu panas saat dikenakan, terutama untuk pekerja lapangan.
  • Bahan Fleece atau Isolasi: Digunakan untuk kehangatan, terutama bagi karyawan yang bekerja di lingkungan dingin atau ber-AC.

Jaket Perusahaan 

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Saku Fungsional

Jaket perusahaan sering dilengkapi dengan beberapa saku untuk menyimpan barang-barang penting.

  • Saku Depan atau Dalam: Saku depan atau dalam dapat dipakai untuk menyimpan kartu ID, handphone atau peralatan kerja.
  • Saku Dengan Resleting: Saku dengan resleting berguna untuk menjaga barang tetap aman, terutama jika digunakan di luar ruangan.

Jaket Perusahaan 

Sumber : https://www.aliexpress.com/

5. Resleting, Manst dan Kerah

Untuk memberikan kenyamanan bagi karyawan, jaket perusahaan biasa dilengkapi pula dengan resleting, penyesuaian pinggang, manset, kerah atau hoodie.

  • Resleting Penuh atau Setengah: Memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memakai dan melepas jaket.
  • Penyesuaian Pinggang dan Manset: Jaket dengan tali atau kancing di bagian pinggang dan manset dapat digunakan untuk mengatur jaket agar lebih pas di tubuh dan mengurangi masuknya angin.
  • Kerah Tinggi atau Hoodie: Beberapa jaket perusahaan memiliki kerah tinggi atau hoodie untuk melindungi karyawan dari angin atau hujan.

Jaket Perusahaan 

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Keseragaman Desain

Untuk memperkuat identitas dan kesan profesional di antara tim atau perusahaan, semua karyawan biasanya mendapatkan jaket dengan desain yang sama. Sementara jika dilihat dari segi modelnya, desain jaket perusahaan pun bisa dibuat dalam model jaket bomber, jaket hoodie maupun model lain yang lebih formal.

7. Keamanan Tambahan

Dalam beberapa kasus, jaket perusahaan memiliki fungsi perlindungan, terutama jika digunakan oleh pekerja lapangan atau industri.

  • Reflective Stripes (Strip Reflektif): Untuk pekerja malam atau di lingkungan berisiko tinggi, jaket perusahaan bisa dilengkapi dengan garis atau aksen reflektif yang membantu mereka terlihat di tempat gelap.
  • Bahan Anti Api atau Anti Statik: Pada perusahaan di industri khusus (seperti manufaktur atau konstruksi), jaket sering dibuat dari bahan yang melindungi dari api atau bahaya statik.

Jaket Perusahaan 

Sumber : https://www.engelbert-strauss.dk/

8. Identifikasi Nama atau Jabatan

Untuk meningkatkan profesionalisme dan memudahkan identifikasi antar karyawan, klien atau pengunjung, jaket perusahaan biasa dilengkapi dengan patch nama maupun kartu identitas yang terintegrasi.

  • Patch Nama: Beberapa jaket dilengkapi dengan patch nama karyawan atau jabatan untuk mempermudah identifikasi antar kolega atau klien.
  • Kartu Identitas Yang Terintegrasi: Beberapa desain jaket memiliki slot atau tempat khusus untuk memasang kartu identitas atau akses kerja.

Jaket Perusahaan 

Sumber : https://www.aviationshop.com/

9. Fleksibilitas Penggunaan

Beberapa jaket perusahaan didesain dengan cara yang bisa dipakai di dalam dan luar ruangan, sehingga membuatnya cocok untuk berbagai kondisi kerja. Selain itu ada juga jaket perusahaan yang dilengkapi dengan lapisan yang bisa dilepas, misalnya lapisan dalam untuk musim dingin yang bisa dilepas saat musim panas.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fitur penting yang biasa terdapat pada jaket perusahaan. Dengan kombinasi desain yang modern dan material yang berkualitas tinggi, jaket ini pastinya akan memberikan kenyamanan optimal sambil mempertahankan tampilan profesional di lingkungan kerja.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket perusahaan?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Jaket terbaik di katalog kain kami.

Download juga Pola Jaket Parka, Pola Jaket Bomber dan Pola Jaket Varsity siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.