Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Tentang Motif Houndstooth…

8 Fakta Tentang Motif Houndstooth Dari Sejarah Hingga Penggunaannya Kini

Dikenal sebagai salah satu motif kain dan motif baju yang cukup terkenal dalam dunia fashion, motif koundstooth yang memiliki kemiripan dengan gigi belakang anjing ternyata juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Motif Houndstooth

Motif houndstooth termasuk ke dalam salah satu jenis motif baju dan motif kain yang memiliki tampilan sangat khas yakni bentuknya menyerupai gigi belakang anjing dalam bentuk kotak-kotak yang abstrak.

  • Motif houndstooth merupakan motif klasik hasil tenunan kepar yang memiliki bentuk kotak-kotak bergerigi.
  • Motif houndstooth mudah dikenali karena memiliki pola kotak-kotak berbentuk segi empat yang yang menyerupai bentuk gigi belakang anjing.
  • Motif houndstooth dapat diciptakan dari persilangan sekurang-kurangnya dua warna benang yang berbeda.

Motif Houndstooth

Sumber : https://www.esticafio.com.br/

Seperti layaknya motif kain yang biasa digunakan pada produk fashion, motif houndstooth ini sebenarnya juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Fakta Menarik Motif Houndstooth

Mau tahu seperti apa asal mula motif houndstooth sampai akhirnya menjadi populer dan banyak digunakan pada berbagai produk fashion masa kini?. Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang seluk beluk motif houndstooth simak yuk pembahasan berikut.

1. Berasal Dari Skotlandia

Motif houndstooth aslinya merupakan motif pakaian tradisional Skotlandia yang dibuat dari tenunan wool, kemudian dipopulerkan menjadi busana sehari-hari seiring dengan berkembangnya industri fashion.

Meski pada awalnya hanya dibuat pada tenunan wol yang tebal, namun seiring dengan perkembangan zaman motif houndstooth ini lambat laun juga mulai diproduksi pada bahan katun, knit hingga satin yang lembut dan mengkilat.

Motif Houndstooth

Sumber : https://www.roadloisirs.com/

2. Terinspirasi Dari Gigi Anjing

Nama “houndstooth” berasal dari kata “hound”. Istilah tersebut merujuk pada anjing pemburu yang memiliki gigi-gigi tajam, mirip dengan pola houndstooth yang motif segi empatnya menyerupai gigi anjing.

3. Nama Lain Motif Hounstooth

Selain populer dengan nama houndstooth, motif kain yang mirip dengan gigi belakang anjing tersebut sering disebut juga dengan nama pupystooth atau dogtooth. Sementara dalam bahasa Perancis motif houndstooth yang ikonik justru lebih dikenal dengan sebutan pied de poule yang artinya kaki ayam.

Motif Houndstooth

Sumber : https://www.itessutidiopla.it/

4. Terkenal Karena Sir Arthur Conan Doyle

Motif houndstooth menjadi sangat terkenal karena Sir Arthur Conan Doyle hobi mencantumkan karakter anjing pemburu dalam cerita Sherlock Holmes yang ditulisnya.

Berkat karya-karyanya yang sangat popular di awal abad ke-20 Sir Arthur Conan Doyle bahkan dinobatkan sebagai tokoh penting yang membuat istilah houndstooth jadi makin terkenal hingga sekarang.

Motif Houndstooth

Sumber : https://www.target.com/

5. Warna Motif Houndstooth

Pada awal kemunculannya motif houndstooth hanya dibuat dalam dua warna saja yakni hitam putih saja. Adapun jika dilihat dari segi ukurannya, motif houndstooth bisa dijumpai dalam ukuran yang berbeda-beda, mulai dari kecil, sedang dan besar.

  • Awalnya motif houndstooth hanya berwarna hitam putih dan diaplikasikan pada bahan wol yang ditenun.
  • Bahan wol tersebut kemudian dijahit menjadi jubah atau jaket tebal untuk dikenakan oleh  para penggembala domba.

Kalau untuk saat ini banyak juga motif houndstooth yang dibuat dari perpaduan dua warna kontras lainnya seperti merah dan hitam, biru dan putih, bahkan warna lain yang lebih modern.

Motif Houndstooth

Sumber : http://i.ebayimg.com/

6. Identik Dengan Kaum Bangsawan

Di masa lalu bahkan motif houndstooth hanya digunakan untuk pakaian formal dan identik dikenakan oleh kaum bangsawan. Namun seiring dengan berkembangnya industri fashion, motif tersebut mulai dibuat untuk berbagai variasi pakaian.

7. Tak Lekang Oleh Waktu

Motif houndstooth bisa dibilang termasuk salah satu motif kain yang klasik namun tak lekang oleh waktu dan dapat digunakan dalam berbagai era. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa motif houndstooth tetap populer selama bertahun-tahun.

  • Motif houndstooth menjadi semakin populer di dunia mode sejak dieksplorasi oleh para desainer dunia seperti Louis Vuitton dan Chanel.
  • Motif houndstooth sering dijumpai dalam bentuk shift dress maupun jaket dan sudah beberapa kali menjadi trend, khususnya di tahun 1930-an, 1970 dan awal tahun 2000.
  • Motif houndstooth menjadi motif yang paling populer di kalangan pria dan kembali memeriahkan runway pada tahun 2008 oleh koleksi Marc Jacobs.
  • Berikutnya pada tahun 2009 motif houndstooth juga kembali booming ketika ditampilkan pada koleksi Alexander McQueen.

Motif Houndstooth

Sumber : https://www.studiomyr.com/

8. Motif Houndstooth Masa Kini

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion masa kini, motif houndstooth menjadi salah satu pola yang paling ikonik dan tak hanya dipakai pada pakaian saja tapi kamu juga bisa menjumpai motif houndstooth pada berbagai aksesoris fashion.

  • Pada produk pakaian motif houndstooth kerap digunakan untuk jas, jaket, blazer, mantel, rok atau celana.
  • Motif houndstooth juga bisa diaplikasikan pada aksesoris fashion seperti tas, sepatu, scarf, topi dan clutch.

Motif Houndstooth

Sumber : https://www.donnamoderna.com/

Simak juga 7 Ide Padupadan Baju Motif Houndstooth Yang Bisa Anda Coba.

Di luar produk fashion, motif houndstooth inipun dapat pula ditemukan pada berbagai produk pelengkap rumah tangga seperti halnya bahan pelapis sofa, bantal sofa (cushion), furnitur, selimut, karpet, tirai, hingga peralatan makan.

Motif Houndstooth

Sumber : https://indigolane.co/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang motif houndstooth yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan kamu akan asal usul motif houndstooth dan pemanfaatannya di masa kini ya.

Download juga E-Book Ragam Motif Kontemporer Pada Kain Tekstil kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang macam-macam motif lain yang dapat dibuat untuk memperindah tampilan baju dan bahan kain.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.