Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Menarik Tentang…

8 Fakta Menarik Tentang Warna Hitam Yang Memiliki Kesan Misterius

Tahukah kamu bahwa warna hitam yang biasa diidentikkan dengan suasana duka, ternyata juga memiliki makna yang berbeda dalam beberapa budaya yang berkembang di berbagai belahan dunia lho. Untuk mengetahui detailnya seperti apa simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Warna Hitam

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) warna hitam merupakan warna dasar yang serupa dengan warna arang yang biasa digunakan sebagai bahan bakar. Layaknya unsur warna yang lain, warna hitam ini sebenarnya juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Fakta Warna Hitam

Sumber : https://www.tissus-en-ligne.com/

Fakta Menarik Warna Hitam

Mau tau apa saja fakta menarik yang dimiliki warna hitam?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu simak pembahasan berikut yuk.

1. Teori Tentang Warna Hitam

Teori yang mengatakan bahwa hitam termasuk suatu warna adalah teori warna subtraktif. Hal ini bertentangan dengan teori warna sebagai cahaya yang menyatakan bahwa hitam bukan dikategorikan sebagai sebuah warna.

  • Teori warna subtraktif berangkat dari pembagian warna, yakni warna primer yang terdiri dari kuning, biru dan merah.
  • Mmenurut teori warna subtraktif, jika kamu menggabungkan semua warna primer maka kamu bisa mendapatkan warna hitam.

2. Dapat Dihasilkan Daun Rengat

Warna hitam dapat dihasilkan dari bahan alami daun tanaman rengat (Marsdenia tinctoria) yang kerap kali digunakan oleh masyarakat dayak Iban untuk mewarnai benang dan pakaian. Cara untuk memperoleh warna dari daun tersebut yaitu dengan merebus daun hingga mengeluarkan warna hitam.

Fakta Warna Hitam

Sumber : https://wanaswara.com/

3. Menjadi Dasar Warna Lain

Seperti layaknya warna merah, warna kuning dan warna hijau, warna hitam pada prinsipnya juga bisa menjadi dasar dari warna-warna lain.

  • Campuran warna hitam dan putih akan menghasilkan warna abu-abu.
  • Campuran warna hitam dan merah akan menghasilkan warna merah tua.
  • Campuran warna hitam dan biru akan menghasilkan warna biru tua.

4. Punya Banyak Turunan Warna

Warna hitam sebenarnya memiliki beberapa macam warna turunan. Setiap turunan warna hitam itupun juga memiliki nama-nama khusus tergantung dari proporsi warna yang dimilikinya.

Berikut beberapa turunan warna hitam yang wajib kamu ketahui.

  • Hitam pekat (jet black) yang sangat gelap dan dalam.
  • Hitam kehijauan (deep green-black) yang memiliki sedikit nuansa hijau.
  • Hitam abu-abu (charcoal black)yang sedikit lebih terang daripada hitam pekat, dengan sedikit nuansa abu-abu.
  • Hitam cokelat (brownish black) yang memiliki sedikit nuansa cokelat.
  • Hitam kebiruan (bluish black) yang memiliki sedikit nuansa biru

5. Punya Banyak Makna Berbeda

Dalam beberapa budaya yang berkembang di berbagai belahan dunia warna hitam dianggap sebagai warna duka cita dan kesedihan, namun di budaya lain warna hitam juga dianggap sebagai warna keberuntungan dan keberhasilan.

  • Di Mesir kuno misalnya, warna hitam merupakan warna yang melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali.
  • Dalam budaya Tiongkok, warna hitam dianggap sebagai warna yang identik dengan kejahatan, kesedihan dan nasib buruk. Karenanya warna ini tidak boleh dipakai untuk acara-acara pernikahan dan pemakaman.
  • Dalam budaya Aztec, warna hitam mewakili perang karena kaca obsidian hitam digunakan sebagai ujung tombak pedang pertempuran. Warna ini juga menjadi simbol agama, karena seoraag imam tidak memakai warna selain hitam.
  • Sementara di negara barat, warna hitam diasosiasikan dengan pakaian pemakaman dan hal-hal lain sehubungan dengan kematian.

6. Warna Hitam Dalam Fashion

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia fashion, warna hitam sendiri dapat diaplikasikan pada berbagai jenis busana. Salah satunya yakni berupa Little Black Dress (LBD) alias gaun pendek berwarna hitam yang dipopulerkan oleh Coco Chanel sejak tahun 1920-an.

Fakta Warna Hitam

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain little black dress, warna hitam juga dapat diaplikasikan pada berbagai produk lain seperti halnya kemeja, blus wanita, kaos, jas, blazer, celana, rok. sweater, cardigan, jaket, gamis, hijab, tas, sepatu, sandal dan masih banyak lagi.

Fakta Warna Hitam

Sumber : https://www.whowhatwear.co.uk/

7. Menjadi Warna Yang Tak Tergantikan

Sekalipun dalam dunia mode sudah ada banyak sekali warna yang silih berganti dikampanyekan sebagai pengganti warna hitam, seperti “orange is the new black” atau “pink is the new black”, namun ternyata warna hitam tidak semudah itu dapat digantikan.

Hadirnya berbagai variasi fashion item yang berwarna hitam menunjukkan bahwa warna ini akan selalu relevan di dunia mode terlepas dari trend yang berkembang dari masa ke masa.

8. Jadi Warna Favorit Banyak Orang

Warna hitam menjadi warna favorit banyak orang karena karakteristik warna hitam yang netral sangat cocok dengan berbagai tone warna kulit. Selain itu warna hitam juga sangat mudah dipadupadankan dengan warna lain, baik itu warna cerah maupun warna-warna lain yang lebih lembut.

Padupadan Outfit Warna Hitam

Tertarik untuk memasukan unsur hitam ke dalam gaya penampilan kamu?. Buat kamu yang mau mencobanya berikut beberapa inspirasi fashion dengan warna hitam yang bisa kamu coba.

  • Untuk kamu yang lebih suka tampil simpel, kamu bisa mengkombinasikan baju warna hitam dengan sesama warna hitam atau warna netral lainnya seperti putih dan abu-abu.

Fakta Warna Hitam

Sumber : https://www.carousell.sg/

  • Untuk menciptakan kesan yang hangat, kamu bisa mengkombinasikan baju warna hitam dengan warna-warna earth tone seperti seperti hijau pepohonan dan cokelat tanah juga termasuk pilihan yang bagus.

Fakta Warna Hitam

Sumber : https://www.kcrush.com/

  • Tapi kalau kamu ingin mendapatkan tampilan yang lebih kalem, kamu bisa mengkombinasikan baju warna hitam dengan warna pastel yang terlihat cerah namun tetap terkesan lembut.

Fakta Warna Hitam

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Itu dia sejumlah fakta unik dan menarik tentang warna hitam yang mungkin tidak banyak orang awam ketahui. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan kamu tentang unsur warna jadi semakin bertambah.

Butuh bahan pewarna berkualitas dengan harga murah untuk mewarnai kain?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Pewarna Kain Sintetis yang kami miliki.

Kalau kamu ingin membuat baju dari bahan yang berwarna hitam pekat kamu juga bisa menggunakan Kain Kiara Jetblack (BFC) dan Kain Wolvis Jetblack (BFC) yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.