Article

Homepage Article Fashion Muslim 7 Tips Mencegah Hijab Agar…

7 Tips Mencegah Hijab Agar Tidak Bau Meski Dipakai Seharian

Menggunakan hijab seharian saat cuaca panas, tidak dapat dipungkiri memang memiliki tantangan tersendiri bagi para muslimah karena suhu udara yang tinggi dapat memicu produksi keringat yang menjadi sumber bau pada hijab. Untuk mengantisipasi hal tersebut simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Masalah Bau Pada Hijab

Bau keringat pada hijab menjadi salah satu masalah serius yang sering dialami oleh para wanita muslimah namun masih bisa diatasi dengan beberapa langkah praktis dan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebab spesifik dan cara mengatasi bau pada hijab yang bisa kamu coba.

Mencegah Bau Pada Hijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

Penyebab Bau Pada Hijab

Dilihat dari seumbernya, munculnya bau keringat pada hijab sendiri bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari kondisi tubuh maupun faktor eksternal. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang dapat memicu timbulnya bau keringat pada hijab.

  • Bau keringat pada hijab bisa terjadi karena produksi keringat berlebih dari kulit kepala sehingga membuat hijab jadi lembap dan berbau.
  • Bahan Inner dan bahan hijab yang tidak sesuai dengan kondisi cuaca juga bisa membuat hijab lebih cepat lembap dan bau keringat.
  • Inner hijab dan hijab jarang dicuci jua bisa menjadi sumber bau karena menumpuk keringat, minyak dan bakteri, yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

Tips Biar Hijab Tidak Bau

Untuk mengantisipasi timbulnya bau tidak sedap pada hijab yang mungkin terjadi karena penumpukan keringat saat cuaca panas, berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Perhatikan Kebersihan Rambut

Cuci rambut setidaknya dua kali seminggu atau lebih sering jika memiliki kulit kepala berminyak. Selain menjaga kesehatan rambut dan membuat kulit kepala tetap segar, cara ini juga efektif dilakukan untuk mengusir bau keringat yang mungkin timbul karena rambut yang tidak bersih.

Mencegah Bau Pada Hijab

Sumber : https://www.byrdie.com/

2. Keringkan Rambut Sebelum Berhijab

Hindari penggunaan hijab saat rambut kamu masih basah. Selain menyebabkan kerontokan pada rambut, kondisi rambut yang lembab juga bisa menyebabkan bau yang tidak sedap pada hijab ketika bercampur dengan keringat.

Untuk mengeringkan rambut dengan cepat ikuti langkah-langkah berikut.

  • Gunakan handuk yang berbahan lembut untuk menyerap kelebihan air pada rambut.
  • Gunakan handuk kering untuk membungkus rambut dan mengurangi kelembapan rambut.
  • Akhiri dengan penggunaan hair dryer langsung ke rambut sampaisetiap bagian rambut kering secara merata.

Mencegah Bau Pada Hijab

Sumber : https://www.blibli.com/

3. Pilih Produk Rambut Yang Tepat

Gunakan produk perawatan rambut yang tidak berbau tajam atau berlebihan. Hindari pula penggunaan langsung produk perawatan rambut sesaat sebelum mengenakan hijab, agar hijab tidak mudah bau.

Mencegah Bau Pada Hijab

Sumber : https://www.watsons.co.id/

4. Pilih Bahan Hijab Yang Tepat

Pilih hijab dari bahan yang ringan dan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mengurangi produksi keringat di area kepala yang dapat menimbulkan bau tidak sedap. Beberapa contoh bahan kain yang bagus dan nyaman untuk hijab yaitu:

Kain katun yang adem, ringan dan memiliki sirkulasi udara cukup baik.

  • Kain hycon yang tampilannya benar-benar sangat mirip dengan kain chiffon namun lebih lembut.
  • Kain diamond crepe yang teksturnya sedikit kasar dari pada chiffon dan permukaannya tampak seperti kulit jeruk.
  • Kain ceruti yang mirip kain chiffon sementara tekstur permukaannya tampak seperti kulit jeruk tapi cenderung lebih halus, mudah dibentuk dan tidak bikin gerah.
  • Kain voal yang memiliki kandungan 100% katun tipis. Kain ini biasa disebut juga sebagai versi yang lebih “premium” dari bahan hijab paris.
  • Bahan corn skin yang punya tekstur sangat khas yakni menyerupai tekstur kulit jagung.
  • Kain rayon crinkle yang memiliki penampilan sangat khas yakni tampak berkerut atau kusut.

Mencegah Bau Pada Hijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga 7 Rekomendasi Bahan Hijab Yang Nyaman dan Anti Gerah.

5. Cuci Hijab Dengan Benar

Cuci hijab secara teratur, terutama setelah dipakai dalam kondisi panas atau melakukan banyak aktivitas yang menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat. Gunakan juga deterjen yang lembut dan sesuai untuk jenis kain hijab.

6. Kenakan Inner atau Ciput

Gunakan inner atau ciput sebelum kamu memakai hijab. Selain bisa mengatasi masalah keringat, inner atau ciput ini juga berguna untuk menahan keringat agar tidak menempel langsung ke hijab kamu.

  • Pilih inner hijab yang menyerap keringat seperti katun atau spandex.
  • Inner yang baik akan membantu mengurangi keringat yang menempel pada hijab.

Mencegah Bau Pada Hijab

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Ganti Inner Hijab Secara Teratur

Ganti dan cuci inner hijab setiap kali habis dipakai untuk menghindari penumpukan keringat dan minyak yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Simak juga:

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk mencegah timbulnya bau tidak keringat pada hijab saat digunakan seharian. Dengan mengikuti tips di atas semoga kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk menjaga hijab agar tetap segar dan bebas bau keringat saat dipakai sepanjang hari ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat hijab?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.