Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Unik dan Menarik…

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Cardigan

Dikenal sebagai salah satu fashion item kekinian yang disukai oleh banyak orang, siapa sangka jika cardigan dulunya sempat menjadi atribut militer lho. Buat kamu yang masih meragukannya langsung saja yuk simak pembahasan mengenai fakta unik dan menarik tentang cardigan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Cardigan

Cardigan termasuk ke dalam jenis outer yang memiliki desain terbuka di bagian depan dan beberapa ada juga yang diberi variasi kancing atau resleting untuk memberikan kenyamanan dan fleksibilitas dalam pemakaian.

Fakta Menarik Cardigan

Seperti layaknya fashion item lain yang populer di dunia mode, cardigan sendiri juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Berikut beberapa fakta menarik tentang cardigan yang penting untuk kamu ketahui.

1. Jadi Atribut Militer

Dilihat dari sejarahnya,  memang benar jika cardigan justru lebih dulu menjadi atribut militer. Tepatnya sebagai pakaian pelindung oleh para tentara selama perang Krimea yang pecah pada musim gugur 1853 dan berakhir pada Maret 1856.

  • Selama perang Krimea para tentara dulu sering menggunakan cardigan untuk menghangatkan tubuh mereka.
  • Wujudnya sendiri yaitu berupa rompi rajut yang dilengkapi dengan beberapa buah kancing aktif di bagian depan agar para tentara bisa memakainya dengan mudah dan cepat.

Simak juga 11 Fashion Item Yang Dulunya Dipakai Oleh Para Tentara.

2. Identik Sebagai Busana Pria

Jauh sebelum digunakan sebagai pelengkap kebutuhan fashion wanita, di masa lalu cardigan juga lebih identik sebagai busana kaum pria.

3. Asal Usul Nama Cardigan

Bahkan nama cardigan sendiri diketahui terkenal karena sosok bernama Letnan Jenderal Brudenell atau Seventh Earl of Cardigan yang menjadi pemimpin Charge of the Light Brigade di Pertempuran Balaclava selama Crimean War pada 5 Oktober 1853 sampai 30 Maret 1856.

  • Nama dari Lord Cardigan diambil untuk menamakan gaya rompi rajutan yang dipakai oleh Letnan Jenderal Brudenell bersama anak buahnya selama perang.
  • Setelah berhasil mencapai garis pertahanan Rusia, nama Seventh Earl of Cardigan kemudian menjadi populer dan busana yang dipakainya juga menjadi trend.

Cardigan

Sumber : https://www.nationalgalleries.org/

4. Perubahan Fungsi Cardigan

Dari yang awalnya digunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin, fungsi utama cardigan lambat laun mulai bergeser menjadi fashion statement yang populer dikalangan para fashionista.

  • Cardigan menjadi salah satu fashion item yang timeless dan popularitasnya tak tergoyahkan.
  • Hal ini bisa dilihat dari kehadiran cardigan pada berbagai kesempatan berbeda, baik itu acara-acara resmi maupun acara-acara lain yang lebih santai.

5. Puncak Popularitas Cardigan

Puncak popularitas cardigan dalam industri fashion wanita tidak lepas dari peran Coco Chanel, seorang perancang mode revolusioner dan pembuat parfum terkenal di dunia yang lahir pada 19 Agustus 1883 di Saumur, Perancis.

  • Coco Chanel dianggap sebagai sosok yang memperkenalkan cardigan di kalangan wanita pada tahun 1920-an.
  • Dibandingkan sweater pullovers Coco Chanel lebih suka model cardigan berkancing karena ketika dikenakan, sweater pullovers bisa merusak tatanan rambutnya.

Cardigan

Sumber : https://www.pinterest.com.au/

Bahkan sampai sekarang, model cardigan yang pertama dipopulerkan oleh Coco Chanel masih menyandang status sebagai busana andalan brand Chanel di setiap peluncuran koleksi terbarunya.

6. Cardigan di Dunia Musik

Popularitas cardigan di dunia musik juga tidak bisa lepas dari peran musisi legendaris, Kurt Cobain (penyanyi dan gitaris band Nirvana) yang menggunakan cardigan sebagai simbol kreativitas dan kebebasan berekspresi dalam dunia seni musik.

  • Kurt Cobain dikenal sebagai sosok ikonik yang mempopulerkan cardigan ketika tampil dalam sebuah acara MTV Unplugged pada 1993.
  • Selain itu dalam beberapa kesempatan Kurt Cobain juga kerap kali tampil keren dalam balutan cardigan rajut.

Cardigan

Sumber : https://musicfeeds.com.au/

7. Punya Banyak Pilihan Model

Sejak dipopulerkan oleh Coco Chanel dan jadi trend karena Kurt Cobain, model cardigan lambat laun mulai bertransformasi dalam berbagai macam model dan varian. Beberapa contoh model cardigan yang paling populer diantaranya:

  • Long cardigan alias cardigan panjang yang biasa diciptakan dalam ukuran cukup panjang hingga sampai lutut atau pertengahan betis.

Cardigan

Sumber : https://atala.co.id/

  • Crop cardigan yang panjangnya dibuat tanggung sehingga saat dipakai cenderung menggantung di bagian atas tubuh.

Cardigan

Sumber : https://www.thetinselrack.com/

  • Kimono cardigan yang memiliki potongan sangat khas seperti layaknya kimono  yang tangannya dibuat lebar.

Cardigan

Sumber : https://www.carousell.sg/

  • Batwing cardigan yang memiliki lengan panjang berbentuk batwing alias mirip dengan sayap kelelawar.

Cardigan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Oversized cardigan alias model cardigan yang sengaja dibuat cenderung kebesaran.

Cardigan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

8. Punya Banyak Warna dan Pola

Selain punya banyak pilihan model, cardigan juga tersedia dalam berbagai warna dan pola. Dengan banyaknya pilihan warna dan pola yang ada kamu bisa memilih cardigan sesuai dengan selera dan gaya pribadi kamu.

Cardigan

Sumber : https://intl.thisisneverthat.com/

9. Pilihan Bahannya Bervariasi

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, cardigan juga dapat dibuat dari berbagai jenis kain yang beragam.

  • Cardigan untuk tentara dulu banyak dibuat dari bahan rajut.
  • Cardigan versi Coco Chanel biasa dibuat dari bahan jersey yang lembut.
  • Sementara cardigan yang berkembang saat ini justru banyak dibuat dari bahan yang lebih ringan seperti kain katun, kain linen, kain crinkle, kain brokat dan berbagai bahan lain.

10. Cocok Untuk Segala Cuaca

Cardigan termasuk ke dalam jenis outer yang cocok dipakai di segala jenis cuaca dan mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai fashion item lain. Khusus untuk kamu yang ingin tampil keren dengan menggunakan cardigan coba trik berikut yuk.

  • Kenakan cardigan rajut yang dibuat dari kain berwarna netral atau cenderung gelap jika kamu ingin menggunakannya sebagai pelengkap gaya penampilan saat musim hujan.
  • Kenakan cardigan yang berbahan lebih tipis dan berwarna cerah jika kamu ingin menggunakannya sebagai pelengkap gaya penampilan saat musim kemarau.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang cardigan yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan kamu tantang cardigan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.