Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Tips Memilih Kemeja Slim…

7 Tips Memilih Kemeja Slim Fit Agar Pas dan Cocok Dengan Bentuk Tubuh

Mencari kemeja yang cocok dipakai untuk berbagai kesempatan baik itu acara formal maupun casual?. Bila anda ingin memiliki dan menggunakan kemeja pria berkualitas dengan model terbaru, maka anda bisa memilih kemeja slim fit sebagai pelengkap gaya penampilan agar semakin modis dan trendy.

Pengertian Kemeja Slim Fit

Kemeja slim fit dapat dikategorikan ke dalam jenis kemeja pria yang memiliki bentuk, desain dan potongan cukup unik. Berkebalikan dengan kemeja regular pria yang ukurannya relatif longgar, kemeja slim fit secara keseluruhan memiliki space yang lebih kecil dan lebih pas dengan bentuk badan. 

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.macys.com/

Tidak hanya terbatas pada kemeja polos yang berpotongan pas badan, kemeja slimfit juga mencakup semua jenis model kemeja seperti kemeja resmi, kemeja flanel, kemeja denim dan jenis kemeja-kemeja lainnya yang ukurannya pas di badan tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sekalipun dari segi bentuk dan potongannya cenderung mengikuti lekuk badan, namun model kemeja pria yang satu ini tetap nyaman dikenakan lho. Dengan desainnya yang tidak terlalu ketat namun juga tidak terlalu longgar justru kemeja slim fit menawarkan banyak keunggulan ketika dikenakan.

  1. Memilih model kemeja yang memiliki potongan slim fit akan memberikan efek ramping, rapi dan menarik pada orang yang memakainya.
  2. Kemeja slim fit dapat digunakan untuk mempertegas sisi maskulin pria, membuat tubuh terlihat lebih tegap dan berwibawa.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.burton.co.uk/

Jika dahulu kemeja slim fit lebih banyak diperuntukkan sebagai pakaian resmi saja, sekarang kemeja slim fit ini juga mulai banyak digunakan sebagai pelengkap gaya busana pria pada berbagai acara atau kegiatan lain yang bersifat non formal, seperti kencan atau sekedar nongkrong di kafe bersama teman.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.dhgate.com/

Keuntungan lain dari kemeja slim fit yaitu bersifat fleksible dan bisa dipadupadankan dengan celana apa saja.

  1. Untuk menghadiri acara yang bersifat semi formal misalnya kemeja pria dengan potongan slim fit bisa dipadukan dengan celana jeans.
  2. Kalau mau tampil lebih formal saat menghadiri acara penting anda tinggal mengganti celana jeans dengan celana panjang dari bahan kain.
  3. Dengan pemilihan bahan tepat bagus atau nyaman saat digunakan dan warnanya juga bagus kemeja slim fit dapat mendukung penampilan anda jadi lebih elegan.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.macys.com/

Memilih Kemeja Slim Fit

Tertarik untuk mengenakan kemeja slim fit saat menghadiri suatu acara, baik yang bersifat formal maupun non formal?. Sebelum anda benar-benar yakin akan memakai kemeja slim fit, lebih baik pertimbangkan dulu bentuk tubuh anda karena hal ini akan mempengaruhi tampilan secara keseluruhan.

  1. Bentuk tubuh yang bagus untuk mengenakan model kemeja slim fit adalah bentuk tubuh yang ideal, tidak terlalu kurus atau juga terlalu gemuk.
  2. Kemeja pria slim fit juga sangat cocok dipakai untuk pria yang memiliki perut rata.
  3. Bila anda kebetulan memiliki tubuh yang terlalu kurus sebaiknya hindari mengenakan kemeja slim fit agar tubuh kurus anda tidak semakin terekspos.
  4. Bila anda cenderung gemuk tapi tetap memaksakan diri untuk menggunakan kemeja slim fit bisa jadi tumpukan lemak anda akan kemana-mana.

Setelah anda sudah merasa yakin untuk memakai kemeja slim fit sekarang saatnya bagi anda untuk memilih kemeja slim fit sesuai dengan kebutuhan. Dalam memilih kemeja slim fit sendiri terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari kesesuaian bahan, warna, motif hingga ukuran.

1. Bahan Kemeja

Pastikan kemeja slim fit yang anda pilih terbuat dari bahan kain yang tidak mudah kusut, bisa menyerap keringat dengan baik dan memiliki karakteristik nyaman saat dikenakan sehingga tidak akan mengganggu aktivitas.

Beberapa contoh bahan kain yang cocok dipakai untuk kemeja slim fit diantaranyakain katun, kain oxford, kain chambray, kain denim, kain flanel, kain linen, poplin, cotton twill, baby canvas hingga kain batik.

a. Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis bahan kain yang paling sering dipakai untuk kemeja slim fit. Dua contoh bahan kain katun yang bagus untuk membuat kemeja yakni berupa Kain Katun Toyobo dan Kain Katun Kenzo.

  • Katun toyobo merupakan kain katun jepang yang mempunyai permukaan halus, lembut dan agak mengkilap.
  • Kain kenzo merupakan kain polikatun yang memadukan kenyamanan pemakaian dan kemudahan dalam perawatannya.

b. Kain Oxford

Kain katun oxford merupakan jenis kain katun yang menggunakan jalinan/tekstur oxford (tekstur rata) dan memiliki tampilan seperti titik-titik pixel dalam resolusi gambar. Jenis kain yang satu ini sangat cocok dipakai untuk kemeja.

c. Kain Chambray

Kain chambray dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang diciptakan dari serat alami berupa kapas. Jenis kain chambray yang biasa digunakan untuk kemeja yakni berupa Kain Katun Oxford Chambray dan Kain Katun Fantasi Denim Chambray.

d. Kain Denim

Kain denim adalah kain dengan bahan yang terbuat dari kain katun twill. Untuk kemeja bahan kain denim yang dipakai biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dan tipis supaya lebih nyaman dipakai.

e. Kain Flanel

Kain flanel yang merupakan kain yang memiliki tekstur lembut dan halus karena dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Jenis kain yang satu ini sangat cocok untuk dibuat kemeja termasuk kemeja slim fit.

f. Kain Linen

Kain linen merupakan bahan kemeja yang dibuat dari serat alami tumbuhan rami. Khusus untuk membuat kain linen bagian yang diambil bukanlah bunganya melainkan kulit pohonnya.

g. Kain Poplin

Kain poplin merupakan sejenis bahan kain yang berasal dari keluarga kain katun. Kain katun poplin umumnya memiliki tingkat kelenturan yang tinggi dan bersifat stretch (melar).

h. Cotton Twill

Kain cotton twill merupakan kain yang memiliki karakteristik berupa motif diagonal pada permukaannya. Kain ini adem saat digunakan sebagai bahan kemeja karena terbuat dari serat kapas.

Dipasaran kain cotton twill sendiri bisa dijumpai dalam beberapa varian, diantaranya Cotton Twill 30S Warna Muda/Sedang, Cotton Twill 30S Warna Tua, Cotton Twill 40S Warna Muda/Sedang dan Cotton Twill 40S Warna Tua.

i. Baby Canvas

Kain baby kanvas merupan bahan kemeja yang cenderung lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku, serta memiliki pori-pori yang lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang.

j. Kain Batik

Kemeja batik menjadi salah satu jenis bahan kemeja slim fit yang sangat populer dikalangan pria. Bila anda ingin tampil keren saat kondangan kain batik ini sangat cocok diaplikasikan pada kemeja slim fit.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.lelong.com.my/

2. Warna Kemeja

Dalam memilih kemeja slim fit usahakan untuk selalu memperhatikan kesesuaian warnanya dengan warna kulit, hal ini penting untuk dilakukan agar tampilan anda tidak menjadi terlihat lusuh.

  • Bila anda ingin tampil lebih maskulin coba kenakan kemeja slim fit yang dibuat dari bahan berwarna hitam, biru atau putih sekalian.
  • Hindari memilih kemeja slim fit yang dibuat dari bahan kain yang terlalu mencolok seperti warna stabilo.
  • Bila anda kebetulan memiliki kulit yang putih atau  terang tidak masalah bila anda memakai kemeja warna apa saja bisa.
  • Tapi kalau anda memiliki kulit dengan warna gelap maka sebaiknya pilihlah kemeja pria slimfit dengan warna terang agar kulit anda terlihat lebih cerah.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.fati.co.za/

3. Motif Kemeja

Hampir sama dengan prinsip pemilihan warna, dalam memilih motif kemeja anda juga harus menyesuaikannya dengan bentuk tubuh. Kemeja slim fit sendiri dipasaran bisa dijumpai dalam berbagai macam motif, mulai dari motif garis vertikal atau kotak-kotak, motif floral, animal print dan mozaik.

  • Model kemeja pria dengan motif garis vertikal cocok dipakai untuk orang yang memiliki tubuh lebih besar, sehingga tampak lebih tinggi.
  • Sementara kemeja dengan motif garis horizontal dan kotak-kotak lebih cocok untuk orang yang bertubuh kecil, sehingga tampak lebih berisi.
  • Untuk anda yang ingin tampil beda sekali-sekali anda bisa memakai kemeja slimfit dengan motif floral, animal print dan juga mozaik.
  • Jika anda ingin memakai kemeja slim fit untuk dua acara yang berbeda pilih kemeja slim fit dari bahan kain bermotif yang dikombinasikan kain polos.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.price-hunt.com/

4. Bentuk Kerah

Untuk mendapatkan kemeja slim fit yang nyaman usahakan untuk selalu memilih kerah kemeja yang tidak membuat anda tercekik terutama saat di kancingkan. Idealnya harus ada ruang antara leher dan kerah kemeja yaitu dua jari diantara kerah dan dasi agar pemakainya tetap leluasa untuk bernafas.

Tergantung pada jenis kerah yang digunakan, setiap kemeja biasanya mempunyai karakter masing-masing. Jadi selain ukurannya harus pas dengan lingkar leher, anda juga harus memilih bentuk kerah yang sesuai dengan bentuk wajah untuk meningkatkan penampilan.

Berdasarkan bentuk dasarnya terdapat dua jenis kerah yang banyak diaplikasikan pada kemeja, yakni berupa kerah lancip (point) yang standar dan kerah lebar (spread).

  • Kerah lancip (point) yang standar dirancang menimbulkan kesan panjang pada wajah yang cenderung bulat.
  • Kerah lebar (spread)cocok dipakai oleh pria yang memiliki bentuk wajah lebih panjang untuk menciptakan efek bulat.

Simak juga pembahasan mengenai 8 Jenis Kerah Pada Kemeja Pria kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis kerah yang biasa dipakai pada berbagai model kemeja pria.

5. Lengan Kemeja

Untuk menunjang gaya penampilan setiap pria paling tidak harus punya kemeja slim fit lengan pendek dan lengan panjang. Kemeja lengan panjang sifatnya lebih fleksibel karena saat santai lengannya dapat digulung. Sementara kemeja lengan pendek walaupun berwarna gelap tetap saja sifatnya kasual.

Khusus untuk anda yang lebih suka memakai kemeja slim fit lengan panjang ketahui juga beberapa style dalam menggulung kemeja.

a. The Casual Forearm Roll

Bila anda ingin menggulung kemeja dengan tetap rapi dan tak kusut maka anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Mula-mula lepaskan semua kancing yang berada di pergelangan tangan kemeja.
  • Balikkan cuff (bagian kaku diujung lengan kemeja) hingga bagian dalam berada di luar.
  • Mulai lipat cuff hingga tersembunyi di balik kain lengan kemeja. Pastikan lipatan yang anda buat sama rata tapi tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.
  • Lipat kembali lengan kemeja hingga tinggi yang diinginkan.
  • Batas maksimal lipatan kemeja yang ideal adalah ketika ujung siku menyembul dari balik kemeja.

Kemeja Slim Fit

Sumber : http://www.elevatedcitizen.com/

b. The Italian Roll

The italian rool menjadi salah satu tipe gulungan kemeja yang sangat cocok dipakai untuk kencan.

  • Sebelum melipat lengan kemeja lepaskan kedua kancing yang ada diujung lengan.
  • Balikkan cuff lalu tarik lengan kemeja sampai beberapa centimeter di atas siku.
  • Lipat kain lengan kemeja yang tersisa, tapi jangan sampai menutupi cuff-nya. Sisakan setidaknya 1/3 cuff sebagai pemanis.

Kemeja Slim Fit

Sumber : http://fashiontap.com/

c. The Marine Roll

Gulungan lengan kemeja dengan tipe merine bisa anda pilih untuk mendapatkan tampilan yang cool layaknya seorang marinir.

  • Ratakan lengan kemeja yang sudah diseterika di atas permukaan datar.
  • Tekuk lengan pada bagian cuff, lalu lipat hingga bagian dalam berada di luar.
  • Dengan menggunakan ukuran cuff sebagai acuan, rapikan tiap lipatan yang anda buat.
  • Buat lipatan lagi dengan besar yang sama sesuai ukuran cuff.
  • Rapikan dan lipat lagi lengan kemeja anda hingga tinggi sesuai selera, lebih bagus juka hasil jadinya jauh di atas siku.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://www.fashionbeans.com/

6. Ukuran Kemeja

Ketika ingin membeli kemeja slimfit pria, pastikan ukurannya sudah sesuai dengan bentuk tubuh dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan saat dikenakan. Cara paling mudah yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan kemeja yang tepat diantaranya:

  • Lihat garis sambungan yang ada di bahu, bila letak jahitan bahu kemeja sudah berada tepat di ujung bahu anda maka berarti kemeja tersebut sesuai dengan bentuk tubuh anda.
  • Pastikan bagian dada kemeja slim fit melekat tepat di tubuh sehingga menghasilkan deretan kancing yang terlihat rapi dan placket yang rata.
  • Lengan kemeja yang tepat umumnya memiliki posisi jatuh tepat diantara pergelangan tangan dan bagian dasar ibu jari.
  • Sebuah kemeja dikatakan bagus bila memiliki ukuran lengan yang lebih kecil di bagian cuff dibanding bagian lengan atas.
  • Ukuran cuff kemeja yang tepat idealnya harus bisa dilewati oleh tangan tanpa harus membuka kancingnya terlebih dahulu bahkan saat anda mengenakan jam tangan.
  • Pastikan kemeja tidak menggelembung saat dimasukkan ke dalam celana.
  • Untuk kemeja yang tidak dimasukkan ke dalam celana ujungnya harus benar-benar menutupi ikat pinggang hingga ke bagian tengah retsleting.

Kemeja Slim Fit

Sumber : https://kylekeeton.com/

7. Fungsi Kemeja

Bagi anda yang memiliki budget minim anda bisa juga memilih satu buah kemeja slim fit yang dapat digunakan untuk berbagai jenis acara. Dengan cara ini maka anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengeluarkan banyak biaya yang besar untuk tampil prima di setiap acara yang hendak anda datangi.

Selain bisa digunakan di banyak acara, baju kemeja slimfit seperti ini umumnya juga bisa di kombinasi dengan banyak banyak celana misalnya celana bahan, celana chino dan celana jeans sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mengkonbinasikan dan memadupadankan kemeja slim fit anda.

Jika anda ingin tampil modis dan maskulin saat menghadiri acara non formal, anda bisa memadupadankan kemeja slim fit dengan celana jeans dan sepatu casual. Tapi kalau anda ingin menghadiri acara formal, maka anda bisa memadukannya dengan celana bahan dan sepatu formal.

Berencana untuk membuat kemeja slim fit sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola kemeja slim fit dari kami Di Sini. Pola kemeja slim fit ini dibuat untuk konsumsi rumahan dimana pola dalam bentuk file PDF. Berikut standar ukuran kemeja slim fit di Fitinline.

Kemeja Slim Fit

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih kemeja slim fit pria yang dapat kami bagikan untuk anda. Jangan sampai anda memilih kemeja hanya berdasarkan atas faktor baju yang terlihat bagus saat di pandang ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.