Article

Homepage Article Kain 7 Rekomendasi Bahan Jaket…

7 Rekomendasi Bahan Jaket Terbaik Untuk Membuat Field Jacket

Jadi salah satu fashion item klasik yang tidak pernah lekang oleh waktu, field jacket dapat dikategorikan ke dalam jenis jaket yang begitu istimewa lho. Faktor utamanya yaitu terletak pada bahan yang digunakan untuk membuat field jaket itu sendiri.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Field Jacket

Field jacket termasuk ke dalam model jaket semi formal yang awalnya dirancang untuk keperluan militer, tetapi kemudian menjadi bagian dari dunia mode. Karena dibuat untuk keperluan militer, makanya field jaket ini menawarkan kenyamanan serta perlindungan yang sangat baik pada penggunanya dari cuaca buruk.

Field Jacket

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Berkat desainer Yves Saint Laurent, field jacket atau jaket field yang dulu dibuat untuk keperluan militer pun juga sukses menjadi trend besar di dunia mode. Gaya ini kemudian dipopulerkan oleh para aktor Hollywood, termasuk karakter James Bond yang diciptakan oleh jurnalis dan novelis Inggris Ian Fleming pada tahun 1953.

Field Jacket

Sumber : https://www.jamesbondlifestyle.com/

Karakteristik Field Jacket

Mau tahu lebih banyak lagi tentang field jacket atau jaket field? . Berikut adalah beberapa karakteristik paling khas yang membedakan field jacket dengan model jaket yang lain.

  • Field jacket biasanya memiliki empat saku besar di bagian depan (dua di dada dan dua di bagian bawah) yang semuanya dilengkapi dengan penutup flap.
  • Field jacket umumnya memiliki panjang yang sedikit melebihi pinggang, sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih baik baik pada tubuh dan menambah kehangatan ekstra.
  • Field jacket sering dibuat dari material kuat dan tahan lama seperti kanvas atau katun twill, bahkan beberapa juga ada yang menggunakan bahan tahan air.
  • Field jacket beberapa ada yang memiliki tali serut atau ikat pinggang untuk penyesuaian ukuran dan memberikan tampilan yang lebih ramping pada pemakai jaket.
  • Field jacket memiliki kerah tinggi yang bisa diangkat untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap angin.
  • Warna-warna seperti hijau zaitun, cokelat, khaki atau hitam sering digunakan pada field jacket, sejalan dengan asal-usulnya sebagai pakaian militer.

Bahan Untuk Field Jacket

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, field jacket atau jaket field umumnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang kuat, tahan lama dan nyaman untuk digunakan di berbagai kondisi. Beberapa jenis bahan jaket yang memenuhi syarat tersebut diantaranya:

1. Kain Kanvas

Pertama ada kain kancas yang sering digunakan untuk membuat field jacket karena ketahanannya yang tinggi serta mampu menahan goresan dan robekan. Kanvas juga memberikan perlindungan yang baik dari angin dan cuaca dingin.

Field Jacket

Sumber : https://www.endource.com/

Khusus untuk pembuatan field jacket atau jaket field, kain kanvas yang bisa dipakai cukup beragam. Beberapa diantaranya:

  • Kain kanvas marsoto yang bertekstur bintik-bintik menyerupai tekstur kain cordura.
  • Kain kanvas ripstop yang kuat dan mempunyai serat cukup unik yakni berbentuk “kotak-kotak”.
  • Kain kanvas sueding yang memiliki lapisan tipis yang agak berbulu.
  • Kain baby kanvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga terlihat lebih indah untuk dipandang.

2. Kain Drill

Kedua ada kain drill yang memiliki serat diagonal dengan pintalan dan jalinan benang yang kokoh. Berdasarkan ukuran serat kainnya, kain drill yang banyak dipakai sebagai bahan jaket yaitu berupa kain American drill dan Japan Drill.

Field Jacket

Sumber : https://www.careofcarl.com/

3. Kain Twill

Ketiga ada kain twill yang populer untuk field jacket atau jaket field karena kuat, tahan lama dan memiliki tekstur yang sedikit kasar namun tetap nyaman.

  • Kain twill memiliki pola tenunan diagonal yang memberikan daya tahan ekstra seperti halnya kain drill tetapi sedikit lebih tebal.
  • Selain lebih tebal kain twill juga cenderung sedikit kasar dibanding drill tetapi akan terasa sangat lembut ketika dipakai sebagai bahan pakaian.

Field Jacket

Sumber : https://www.ralphlauren.ch/

4. Bahan Suede

Keempat ada bahan suede yang tidak hanya unggul dari segi kualitas bahannya, tapi tampilannya juga tampak berkelas. Asal dirawat dengan cara yang tepat, field jacket yang dibuat dari bahan suede ini pun bisanya bisa bertahan lebih lama bahkan hingga lima tahun.

Field Jacket

Sumber : https://www.zegna.com/

5. Kain Ripstop

Kelima ada kain ripstop yang memiliki pola tenunan sangat khas yakni berbentuk kotak-kotak yang membuatnya tahan robek dan aman digunakan untuk medan yang berat atau kondisi ekstrem.

Field Jacket

Sumber : https://www.brooksbrothers.com/

6. Kain Gabardin

Keenam ada kain gabardin yang memiliki tenunan rapat sehingga sangat cocok digunakan untuk memberikan tampilan yang lebih rapi pada field jacket. Kain ini sekilas tampak mirip sekali dengan kain twill ataupun kain drill, namun kerapatan bahan gabardin sebenarnya sedikit lebih renggang.

Field Jacket

Sumber : https://aspesi.com/

7. Bahan Wol

Ketujuh ada bahan wool yang biasa didapat dari bulu binatang, tetapi ada juga jenis wol lain yang didapat dari campuran bahan sintetis. Pada model situasi tertentu misal cuaca dingin, field jacket yang dibuat dari bahan wol dapat dibunakan untuk memberikan kehangatan ekstra pada tubuh kamu.

Field Jacket

Sumber : https://www.americanapipedream.com/

Selain itu field jacket bisa juga dibuat dari bahan jaket yang memiliki kandungan serat sintetis poliester untuk memberikan sifat tahan air dan lebih ringan pada field jacket. Beberapa contoh bahan yang dimaksud antara lain berupa Kain Parasut, Kain Taslan, Kain Despo, Kain Mayer dan Kain Puma Scott.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai karakteristik field jacket dan bahan yang umum digunakan untuk membuatnya. Dari banyaknya jenis bahan jaket yang disebutkan di atas, setiap bahan pastinya memiliki kelebihan masing-masing tergantung pada kebutuhan, cuaca dan aktivitas yang akan dilakukan saat mengenakan field jacket.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat field jacket dan berbagai model jaket lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Jaket terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.