Article

Homepage Article Fashion Design 7 Model Kancing Yang Umum…

7 Model Kancing Yang Umum Digunakan Pada Jaket

Jadi salah satu elemen penting yang menentukan seberapa praktis dan stylish sebuah jaket, berikut adalah beberapa jenis kancing yang dapat kamu temukan pada jaket lengkap dengan masing-masing karakteristik yang dimilikinya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kancing Jaket

Kancing jaket adalah komponen yang digunakan untuk membuka dan menutup jaket. Dilihat dari bahan / material utamanya, kancing jaket sendiri dapat terbuat dari berbagai bahan seperti plastik, logam maupun kayu dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

  • Kancing jaket berfungsi sebagai mekanisme utama untuk membuka dan menutup jaket, membantu menjaga suhu tubuh dengan mencegah angin atau udara dingin masuk.
  • Kancing jaket sering digunakan pada bagian pergelangan tangan atau pinggang jaket untuk menyesuaikan kekencangan, memberikan kenyamanan dan fit yang lebih baik.
  • Kancing jaket berfungsi sebagai elemen dekoratif, menambah estetika dan gaya pada jaket. Jenis dan desain kancing dapat memberikan karakter tertentu pada jaket.
  • Pada beberapa jaket, kancing juga digunakan untuk mengamankan saku atau bagian lainnya, menjaga barang-barang di dalamnya tetap aman.
  • Kancing pada jaket biasanya lebih besar dan lebih kuat dibandingkan dengan kancing pada pakaian lain karena harus menahan beban dan tekanan yang lebih besar.

Jenis-Jenis Kancing Jaket

Untuk pilihan modelnya berikut beberapa jenis kancing yang umum digunakan pada jaket.

1. Kancing Standar (Standard Button)

Pertama ada kancing standar (standard button) yang paling umum dan sering digunakan pada jaket formal, blazer dan jaket kasual.

  • Kancing standar (standard button) biasanya banyak terbuat dari plastik, logam atau kayu.
  • Kancing standar (standard button) ada yang memiliki lubang dua dan ada yang empat.
  • Ukuran kancing standar (standard button) bervariasi mulai yang kecil hingga besar.

Kancing Jaket

Sumber : https://www.workingclassheroes.co.uk/

2. Kancing Snap (Snap Button)

Kedua ada kancing snap yang terdiri dari dua bagian yang “snap” atau saling mengunci ketika ditekan bersama. Kancing ini biasanya banyak digunakan pada jaket denim atau jaket outdoor.

  • Kancing snap (snap button) umumnya terdiri dari dua bagian yaitu bagian cembung dan bagian cekung.
  • Kancing snap (snap button) ada yang terbuat dari bahan besi atau stainlesteel namun ada juga yang terbuat dari plastik.

Kancing Jaket

Sumber : https://www.dunnesstores.com/

3. Kancing Gesper (Toggle Button)

Ketiga ada kancing gesper yang biasanya berbentuk silinder atau tongkat dan digunakan bersama dengan lingkaran tali atau loop. Kancing ini banyak ditemukan pada jaket duffle.

  • Toggle button biasanya berbentuk lonjong atau silinder dan sering kali menyerupai batang kecil atau tanduk.
  • Toggle button banyak dibuat dari berbagai bahan seperti kayu, plastik, tanduk atau bahan sintetis lainnya.
  • Toggle button mudah digunakan dan sering kali memberikan tampilan yang lebih kasual dan rustik.
  • Toggle button dapat digunakan dengan cara mengaitkannya ke dalam loop atau tali yang dijahit di sisi lain jaket.

Kancing Jaket

Sumber : https://www.etsy.com/

4. Kancing Kait (Hook-and-Eye)

Keempat ada kancing kait yang terdiri dari dua bagian, yaitu kait (hook) dan mata (eye) yang berbentuk lingkaran atau loop. Kancing ini sering digunakan pada jaket formal atau vintage.

  • Kancing kait (hook-and-eye) biasanya terbuat dari logam, tetapi juga bisa ditemukan dalam bahan plastik atau nilon untuk aplikasi tertentu.
  • Kancing kait (hook-and-eye) tersedia dalam berbagai ukuran, tergantung pada kebutuhan kekuatan dan jenis jaket.

Kancing Jaket

Sumber : https://www.bellettini.com/

5. Kancing Tekan (Press Stud)

Kelima ada kancing tekan alias press stud yang erupa dengan kancing snap, tetapi biasanya lebih kuat. Kancing ini biasa digunakan pada jaket kulit atau jaket yang memerlukan kancing yang lebih kokoh.

Kancing Jaket

Sumber : https://www.ebay.com/

6. Kancing Magnetik (Magnetic Button)

Keenam ada kancing magnetik (magnetic button) yang menggunakan magnet untuk menutup jaket. Kancing ini biasanya digunakan pada jaket yang lebih modern atau futuristik.

  • Kancing magnetik (magnetic button) terbuat dari magnet yang dilapisi dengan  logam atau plastik untuk melindungi magnet dan pakaian.
  • Kancing magnetik (magnetic button) biasanya berbentuk bulat atau persegi kecil.
  • Magnet yang digunakan pada magnetic button punya kekuatan yang bervariasi untuk memastikan jaket tetap aman saat dipakai tetapi tetap mudah dibuka ketika diperlukan.

Kancing Jaket

Sumber : https://www.silverts.com/

7. Kancing Velcro

Ketujuh ada kancing velcro yang kedua sisinya akan menempel ketika ditekan bersama. Kancing ini umumnya banyak digunakan pada jaket anak-anak atau jaket olahraga untuk kemudahan penggunaan.

  • Kancing velcro terbuat dari dua jenis kain sintetis, satu dengan loop dan satu dengan kait yang akan saling menempel ketika ditekan bersama.
  • Kancing velcro tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk sesuai kebutuhan, dari strip panjang hingga potongan kecil berbentuk lingkaran atau persegi.
  • Kancing velcro dapat ditemukan dalam berbagai warna, namun yang paling umum adalah warna hitam dan warna putih.

Kancing Jaket

Sumber : https://www.theablelabel.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai fungsi umum kancing jaket dan beberapa model kancing yang biasa digunakan pada jaket. Dengan banyaknya jenis kancing yang tersedia, kamu bisa memilih jenis kancing yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket terbaik yang kami miliki.

Download juga pola jaket siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.