Article

Homepage Article Fashion Design 7 Kriteria Baju Layak Pakai…

7 Kriteria Baju Layak Pakai dan Baju Tidak Layak Pakai

Ingin mendonasikan baju bekas / pakaian bekas yang kamu miliki tapi ragu apakah baju tersebut masih layak pakai atau tidak?. Untuk memudahkan kamu dalam menyeleksi baju tersebut, berikut kami bagikan beberapa kriteria yang menentukan layak tidaknya sebuah baju ketika dipakai.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Baju Layak Pakai

Baju layak pakai sendiri merupakan baju yang masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan dengan nyaman. Beberapa kriteria yang menjadi penentu bahwa sebuah baju bekas / pakaian bekas bisa dikatakan masih layak untuk pakai yaitu:

  • Baju tidak memiliki robekan yang besar atau kerusakan yang mencolok, sehingga dapat digunakan sesuai dengan norma sosial dan sesuai dengan fungsinya.
  • Baju layak pakai memiliki jahitan yang masih terlihat utuh dan kuat.
  • Warna pada baju masih terang dan tidak memudar secara signifikan. Meskipun warna dapat sedikit pudar karena pemakaian dan pencucian, namun baju tersebut tetap terlihat layak untuk dipakai.
  • Baju layak pakai tidak memiliki noda besar atau noda yang sulit untuk dihilangkan. Kalaupun ada, nodanya kecil atau ringan.
  • Baju masih dalam kondisi baik dan tidak terlalu aus atau tipis sehingga masih nyaman dipakai dan tidak mudah robek.
  • Untuk baju yang memiliki karet elastis, elastisnya masih dalam kondisi yang baik, tidak putus atau kendor.
  • Baju layak pakai, tidak memiliki bau yang tidak sedap. Kalaupun ada baunya masih bisa dihilangkan dengan mudah dengan cara dicuci.

Baju Layak Pakai dan Tidak Layak Pakai

Sumber : https://id.pinterest.com/

Baju Tidak Layak Pakai

Sementara itu sebuah baju bisa dikatakan tidak layak pakai jika mengalami kerusakan atau keausan yang signifikan sehingga tidak lagi nyaman atau aman untuk dipakai. Beberapa ciri-ciri umum yang menandakan bahwa sebuah baju dikatakan tidak layak pakai yaitu:

  • Baju memiliki lubang besar atau sobekan yang mencolok sehingga tidak dapat diperbaiki dengan mudah.
  • Jahitan pada baju sudah longgar, rusak,atau bahkan terputus sehingga mengganggu bentuk atau fungsi pakaian.
  • Warna pada baju sudah memudar secara signifikan atau terlihat kusam, sehingga membuat pakaian terlihat tidak segar.
  • Terdapat noda besar atau noda yang sulit atau tidak mungkin untuk dihilangkan dengan mencuci biasa.
  • Untuk baju yang memiliki karet elastis, karet elastisnya sudah putus atau sudah kendor sehingga tidak lagi memberikan dukungan atau pas yang baik.
  • Kain pada baju sudah terlalu tipis atau aus sehingga tidak nyaman dipakai atau rentan terhadap kerusakan lebih lanjut.
  • Baju memiliki bau yang tidak sedap atau sulit dihilangkan meskipun sudah dicuci.

Baju Layak Pakai dan Tidak Layak Pakai

Sumber : https://id.pinterest.com/

Pemanfaatan Baju Bekas

Yang pasti saat memutuskan apakah sebuah baju bekas / pakaian bekas masih layak pakai atau tidak, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan tidak hanya kondisi fisiknya, tetapi juga kenyamanan dan keamanan saat baju tersebut dipakai.

Kalau kamu punya banyak baju bekas, namun menganggap menyumbangkannya bukan opsi terbaik maka kamu bisa menerapkan beberapa cara sederhana sebagai berikut untuk mengelola baju bekas layak pakai yang kamu miliki.

  • Pertama kamu bisa menjual baju bekas layak pakai melalui aplikasi jual beli barang bekas.
  • Kedua kamu bisa memodifikasi baju bekas layak pakai dengan metode upcycling fashion agar bisa dipakai kembali.

Baju Layak Pakai dan Tidak Layak Pakai

Sumber : https://www.intheblouse.com/

Simak juga :

Sementara kalau kamu mencari cara membuang baju bekas tidak layak pakai atau ingin membuang baju tidak layak pakai maka kamu bisa melakukan bebarapa cara berikut.

  • Pertama kamu bisa mengubah pakaian bekas / baju bekas tidak layak pakai menjadi lap kompor, lap meja dan juga pel lantai.
  • Kedua kamu bisa menggunakan baju bekas tidak layak pakai sebagai bahan kerajinan baru, misalnya saja keset hingga media tanam untuk tanaman hias.
  • Ketiga kamu bisa mengirim baju bekas tidak layak pakai ke pusat daur ulang agar bahan tersebut bisa digunakan untuk membuat produk lainnya yang lebih berguna.

Baju Layak Pakai dan Tidak Layak Pakai

Sumber : https://mypoppet.com.au/

Simak juga 5 Cara Pemanfaatan Pakaian Bekas Untuk Media Tanam.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan ciri khas yang dimiliki baju layak pakai dan baju tidak layak pakai seperti yang sudah disebutkan di atas semoga kamu bisa lebih mudah untuk menentukan apakah baju bekas / pakaian bekas yang kamu miliki masih layak dipakai atau tidak ya.

Jadi kalaupun baju bekas / pakaian bekas yang kamu miliki memang sudah tidak layak untuk pakai, sebaiknya jangan menggunakan baju itu lagi dan dipertimbangkan untuk mendaur ulang baju atau membuangnya dengan cara yang baik dan benar.

Butuh bahan kain berkualtias dengan harga murah untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita dan pakaian anak-anak?. Sebagai bahan petimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.