Article

Homepage Article Fashion Design 7 Jenis Jaket Olahraga dan…

7 Jenis Jaket Olahraga dan Kegunaannya Masing-Masing

Jaket olahraga termasuk pada kategori pakaian yang dapat mendukung gaya yang hidup aktif sekaligus menjaga penampilan biar tetap modis. Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya, jaket olahraga sendiri jenisnya juga ada banyak lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Olahraga

Jaket olahraga merupakan sejenis pakaian luar yang dirancang khusus untuk aktivitas fisik atau olahraga. Jaket inipun biasanya juga banyak dibuat dari bahan yang ringan, tahan angin dan memiliki daya serap keringat yang baik supaya lebih nyaman digunakan saat berolahraga.

  • Jaket olahraga dapat dipakai untuk melindungi tubuh dari angin, hujan dan suhu yang dingin saat berolahraga.
  • Jaket olahraga memungkinkan suhu tubuh untuk menyesuaikan diri secara bertahap atau secara perlahan ke suhu normal.
  • Jaket olahraga bisa membantu meningkatkan performa, tergantung pada fitur dan teknologi yang digunakan dalam desainnya.
  • Jaket olahraga sering dirancang dengan gaya yang menarik, sehingga membuat penampilan kamu tampak lebih modis bahkan saat berolahraga.

Tergantung dari cabang olahraga yang dipilih, jaket yang umum digunakan untuk aktivitas olahraga sendiri pada prinspnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam jenis dan tentu saja setiap jenisnya dapat digunakan untuk latihan yang berbeda.

Jenis-Jenis Jaket Olahraga

Berikut adalah beberapa jenis jaket yang bisa kamu pakai untuk berbagai jenis kegiatan, mulai dari lari, bersepeda, hiking, hingga latihan di gym. 

1. Running Jacket

Pertama ada running jacket atau jaket lari yang memiliki fungsi sangat penting yakni memberikan perlindungan dan kenyamanan yang dibutuhkan para pelari dalam berbagai kondisi cuaca.

  • Jaket running didesain dengan memperhitungkan gerakan saat berlari, sehingga tidak mengganggu performa.
  • Jaket running kebanyakan memiliki kantong-kantong kecil untuk menyimpan barang-barang penting tanpa mengganggu aktivitas berlari.
  • Jaket running umumnya dilengkapi pula dengan ventilasi untuk membantu menjaga kulit agar tidak lembab karena keringat.
  • Jaket running umumnya juga memiliki bobot yang cukup ringan sehingga bisa diikatkan di pinggang jika pelari merasa gerah saat berolahraga.

Jaket Olahraga 

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Jaket Training

Kedua ada jaket training yang awalnya dirancang untuk dipakai oleh atlet lari saat pemanasan atau pendinginan (sebelum dan sesudah berlari di lintasan) namun pada perkembangannya juga kerap dipakai untuk latihan dan juga pelengkap penampilan sehari-hari.

  • Jaket training merupakan jaket yang pas dikenakan bersama dengan celana training.
  • Jaket training didesain untuk lebih mengutamakan kenyamanan.
  • Jaket training  biasa dibuat dengan menggunakan bahan yang mudah bernafas atau breathable untuk mengatur suhu tubuh.
  • Jaket training memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga sangat nyaman digunakan untuk berbagai jenis latihan, seperti gym hingga outbound.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.adidas.com.sg/

3. Bicycle Jacket

Ketiga ada bicycle jacket atau jaket sepeda yang sangat mirip dengan jaket lari. Hal mendasar yang membedakan keduanya yaitu, bicycle jacket atau jaket sepeda ini seringkali dibuat lebih pas badan dari pada jaket lari sehingga mengurangi hambatan angin.

  • Desain aerodinamis merupakan salah satu hal yang penting pada bicycle jacket atau jaket sepeda.
  • Bicycle jacket atau jaket sepeda biasanya terbuat dari bahan yang elastis dan memiliki ukuran yang slimfit.
  • Bicycle jacket atau jaket sepeda sering kali dilengkapi dengan saku belakang untuk memudahkan penyimpanan.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.tradeinn.com/

4. Hiking Jacket

Keempat ada hiking jacket yang didesain untuk membuat pemakainya agar tetap hangat bahkan saat mendaki dalam cuaca dingin atau di daerah dataran tinggi yang dingin. Jaket hiking ini biasanya juga dilengkapi dengan banyak kantong yang berguna untuk menyimpan peta, snack, bahkan kamera kecil tanpa perlu tas ransel.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.inov8.com/

5. Workout Jacket

Kelima ada workout jaket yang bisa kamu pakai sebagai outfit andalan untuk melakukan olahraga di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Karakteristiknya yang lembut dan mampu menyerap keringat, membuat workout jaket terasa sangat nyaman digunakan untuk kegiatan olahraga yang memerlukan banyak gerak.

Jaket Olahraga

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Jaket Golf

Keenam ada jaket untuk olahraga golf dirancang untuk mementingkan fleksibilitas serta desainnya. Bahan yang ringan dan elastis sangat cocok digunakan untuk jaket golf, agar penggunanya merasa lebih nyaman dan menjadi lebih percaya diri ketika sedang berolahraga golf.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.galvingreen.com/

7. Jaket Yoga

Ketujuh ada jaket untuk berolahraga yoga lebih menekankan kepada kenyamanan, kelembutan bahan, serta fleksibilitas. Jaket yoga umumnya memiliki desain yang pas di tubuh namun tidak terlalu ketat, sehingga dapat mendukung berbagai gerakan yoga yang kamu lakukan secara maksimal.

  • Jaket yoga seringkali memiliki potongan yang pas di tubuh namun tidak terlalu ketat sehingga memungkinkan pergerakan yang lebih leluasa.
  • Jaket yoga biasanya dibuat dari bahan yang menyerap keringat dengan baik dan dapat menjaga tubuh agar tetap kering selama latihan.
  • Beberapa jaket yoga ada yang dilengkapi dengan lubang ibu jari untuk menjaga lengan jaket tetap di tempatnya selama bergerak.

Jaket Olahraga

Sumber : https://athleta.gapcanada.ca/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai tujuh jenis jaket olahraga yang bisa kamu andalkan untuk pelengkap gaya penampilan saat berolahraga. Dengan mengetahui banyaknya pilihan jaket yang ada, semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan jaket olahraga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket olahraga wanita dan jaket olahraga pria?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan kain terbaik yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.