Article

Homepage Article Fashion Design 7 Ide Gaya dan Tips Tabrak…

7 Ide Gaya dan Tips Tabrak Motif Baju Untuk Outfit Sehari-hari

Biasa main aman dengan menggunakan baju-baju yang cenderung polos?. Buat kamu yang ingin tampil beda dengan busana bermotif, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk memadupadankan dua atau tiga motif baju sekaligus dalam satu outfit.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Motif Baju

Motif baju dapat didefinisikan sebagai sebuah pola, desain atau gambar yang tercetak atau ditenun pada baju. Tergantung pada tren fashion, budaya dan preferensi individu, motif baju inipun dapat dijumpai dalam  beragam desain yang bevariasi. 

Beberapa contoh motif baju yang terkenal diantaranya berupa motif floral, motif polkadot, motif stripe, motif kotak-kotak dan masih banyak lagi.

  • Motif baju sering digunakan untuk menambah keunikan, gaya atau tema tertentu pada sebubah baju.
  • Pemilihan motif baju juga dapat mencerminkan kepribadian seseorang atau mengungkapkan preferensi fashion mereka.

Motif Baju

Sumber : https://outfitideashq.com/

Selain dipadupadankan dengan outfit yang cenderung polos, baju-baju bermotif yang mendominasi dunia  fashion pada prinsipnya bisa juga dipadupadankan dengan outfit lain yang sama-sama bermotif lho. Trik padupadan baju semacam ini dapat disebut pula dengan istilah tabrak motif baju atau “cross pattern”.

Tips Tabrak Motif Baju

Ingin mencoba trend tabrak motif sebagai outfit andalan saat hangout tapi khawatir terkesan aneh bahkan terlalu ramai?. Untuk mengantisipasi hal tersebut pahami dulu yuk aturan tabrak warna baju yang dapat kamu terapkan ke dalam gaya sehari-hari.

1. Pilih Motif Baju Yang Warnanya Sama

Pertama coba kenakan baju-baju yang memiliki motif berbeda tapi masih dalam satu skema warna yang sama (satu turunan warna yang sama).

  • Kombinasi dua motif yang berbeda tapi memiliki warna yang sama inipun bisa meminimalisir kesan lebay yang timbul karena efek tabrak motif.
  • Dengan memakai warna baju yang sama kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan tampilan yang tampak lebih senada.
  • Selain itu pemilihan warna yang sama akan membuat penampilanmu tetap terihat kalem.

Untuk ide padupadannya kenakan blus motif garis-garis warna biru donker dengan rok motif polkadot yang sama-sama berwarna biru donker, kalau kamu ingin tampil beda dengan baju yang berlainan motif tapi memiliki skema warnanya sama.

Motif Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Coba juga kenakan blus motif polkadot warna hitam putih dan celana garis-garis hitam putih yang berpotongan simple. Meski dari segi motif memang cenderung kontras, tapi kombinasi keduanya justru akan membuat penampilan kamu makin terlihat stylish.

Motif Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Gunakan Berbagai Variasi Skala motif

Saat menentukan motif yang ingin kamu pakai, pastikan jangan memakai dua motif yang sama-sama dominan. Dengan kata lain antara motif satu dengan motif yang lain, keduanya harus saling melengkapi biar nggak terlihat lebay.

Motif Baju

Sumber : https://seasonoutfit.com/

3. Pilih Satu Motif Tapi Beda Ukuran

Tips berikutnya pilih dua jenis outfit yang bermotif sama tapi dari segi ukuran berbeda. Sebagai contoh kamu bisa menggabungkan blus yang memiliki motif polkadot berukuran kecil dengan rok yang sama-sama bermotif polkadot tapi ukurannya cenderung besar.

Motif Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Alternatif lain kamu juga bisa mengenakan outfit yang sama-sama bermotif kotak, namun memiliki dua ukuran yang berbeda yakni kotak-kotak kecil dan kotak-kotak besar.

Motif Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Pakai Satu Motif Dengan Warna Berbeda

Kalau kamu merasa belum cukup percaya diri untuk memakai baju dengan berbagai campuran motif, cobalah menggunakan dua fashion item yang motifnya sama namun memiliki warna yang berbeda.

Untuk ide padupadannya, dalam hal ini kamu bisa mengkombinasikan kemeja warna putih yang memiliki motif polkadot warna hitam dengan rok warna hitam yang memiliki motif polkadot warna putih.

Motif Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Gabungkan Warna Netral dan Warna Cerah

Tapi kalau kamu termasuk orang yang punya rasa percaya diri cukup tinggi, jangan tanggung-tanggung dalam mengombinasikan satu motif baju yang berwarna netral dengan fashion item lain yang warnanya cenderung kontras.

Sebagai contoh kamu bisa fokus pada satu baju yang cenderung berwarna cerah dan memadupadankannya dengan celana yang berwarna netral atau cenderung kalem.

  • Pastikan untuk memilih satu baju yang warna kelem dan satu baju yang warna terang.
  • Jangan memakai dua motif baju yang warnanya sama-sama terlalu mencolok.

Motif Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jangan gabungkan dua motif baju yang sama-sama kaya akan warna alias memiliki warna-warna yang colorfull karena bisa membuat penampilan kamu terlihat terlalu ramai.

6. Maksimal Gunakan 3 Motif Sekaligus

Untuk menghindari kesan lebay, kamu bisa memilih dua atau maksimal 3 motif saja dalam sekali pakai. Beberapa contoh kombinasi motif yang bisa kamu pilih untuk pelengkap gaya sehari-hari diantaranya:

  • All Floral

Pertama kamu bisa memilih motif all floral yang memiliki warna senada antara satu dengan yang lainnya.

  • Leopard dan Stripes

Kedua kamu bisa memadupadankan motif yang dikenal cukup netral yakni motif leopard dan motif stripes dengan motif lainnya.

  • Motif leopard cocok dipadupadankan dengan motif ular, motif zebra, motif plaid dan motif batik.
  • Motif stripes cocok cocok dipadupadankan dengan motif plaid, motif batik dan motif floral.
  • Abstrak dan Grafik

Selain itu, perpaduan antara baju dengan motif abstrak dan baju dengan motif grafik juga bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu ingin menggunakan 3 motif sekaligus.

  • Camouflage dan Floral

Kombinasi dua motif yang beda karakter yakni motif bunga yang feminin dan motif camouflage yang maskulin akan melebur menjadi satu gaya yang epik.

  • Stripe dan Abstrak

Berikutnya coba juga kenakan busana bermotif stripe dan motif abstrak yang memiliki skema warna sama.

Motif Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Netralkan Dengan Item Solid

Untuk menyeimbangkan penampilan atau gaya tabrak motif yang sudah disebutkan di atas, cukup kenakan aksesoris yang minimalis dan berwarna netral. Dalam hal ini kamu bisa mengenakan tas atau sepatu yang berwarna solid dan tegas untuk memberi kesan netral pada penampilan.

Motif Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah tips tabrak warna baju yang bisa kamu adaptasi ke dalam gaya sehari-hari. Meski sepintas terlihat tak biasa dan terkesan ramai, tapi pemilihan warna dan motif yang tepat justru akan memberikan kesan yang stylish pada penampilan kamu lho apalagi didukung aksesori yang senada.

Yang pasti untuk mendapatkan perpaduan yang serasi dan seimbang, jangan pernah takut untuk berkesperimen dalam memainkan warna dan motif secara bergantian sesuai dengan kreatifitas dan look yang kamu inginkan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju sehari-hari?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kain yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.