Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Unik dan Menarik…

7 Fakta Unik dan Menarik Tentang Kalung Choker

Merasa cukup familiar dengan kalung choker yang belakangan kembali mewarnai trend fashion Y2K?. Dibalik tampilannya yang sedemikian unik ternyata choker juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kalung Choker

Choker merupakan sejenis aksesoris berbentuk kalung yang melekat di leher atau  melingkari sekitar leher dengan erat. Selain membuat penampilan jadi lebih modis, kalung ini bisa juga dipakai untuk memberikan efek leher yang lebih jenjang dan ramping.

Kalung Choker

Sumber : https://www.snapdeal.com/

Fakta Menarik Tentang Choker

Layaknya aksesoris fashion yang lain, kalung choker sendiri sebenarnya juga memiliki sejarah dan fakta unik yang menarik untuk ditelusuri. Untuk menjawab rasa penasaran anda langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Sudah Ada Sejak Zaman Mesir Kuno

Dilihat dari sejarahnya, kalung choker sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Namun keberadaan choker pada masa itu fungsinya lebih dari sekadar gaya.

  • Masyarakat Mesopotamia dan Mesir kuno meyakini bahwa kalung ini memiliki kekuatan untuk melindungi mereka dari bahaya.
  • Kalung choker digunakan untuk melindungi dari bahaya dan kejahatan, jadi mereka biasanya terbuat dari emas, mewakili Ra, dewa matahari.

2. Digunakan Sebagai Jimat Pelindung

Dalam budaya Mesopotamia dan Mesir kuno kalung choker kerap digunakan sebagai alat penyembuhan sekaligus jimat yang memiliki kekuatan pelindung.

  • Jimat tersebut bisa terdiri dari berbaris-baris kalung yang membentuk gambar dewa jika disatukan.
  • Wanita hamil di Mesir biasa mengenakan kalung dengan jimat kuda nil kecil yang melambangkan Taweret, dewi kelahiran dan kesuburan.
  • Kalung tersebut biasanya dipakai oleh perempuan hamil untuk meminta perlindungan saat melahirkan.

Selain dipakai untuk jimat pelindung, beberapa suku asli Amerika juga mengenakan kalung choker yang terbuat dari tulang binatang untuk melindungi leher selama pertempuran.

3. Choker Pasca-Revolusi Perancis

Setelah munculnya Revolusi Perancis pada tahun 1789, choker yang semula digunakan sebagai jimat perlahan mulai mengalami perubahan fungsi. Warga Perancis pasca-Revolusi mengenakan pita merah tebal di leher mereka untuk melambangkan mereka yang kehilangan nyawa karena guillotine.

Choker pita merah juga menjadi mode di Inggris untuk mengejek Perancis atas kesengsaraan mereka. Kala itu choker dipakai untuk menunjukkan simpati anti-Perancis atas Revolusi Amerika setelah Perancis membantu penjajah untuk mengusir Inggris dan memperoleh kemerdekaan.

Kalung Choker

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Menjadi Favorit Ratu Inggris

Trend choker berlanjut hingga masa pemerintahan Ratu Victoria. Salah satu ratu yang mengenakan kalung choker di era Victoria yaitu Ratu Alexandra, istri Raja Edward VII dari Kerajaan Inggris.

  • Ratu Alexandra menyukai kalung model choker dari pita tebal yang dimodifikasi dengan tambahkan berlian pada choker yang dikenakan.
  • Selain untuk penampilan, ratu Alexandra ternyat juga suka memakai choker tebal tersebut karena bisa menutupi luka akibat operasi tiroid di area leher.

5. Bahan Pembuatan Choker

Kalung choker dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang sangat beragam. Beberapa contoh bahan yang dimaksud antara lain berupa:

  • Bahan renda yang memberikan kesan menawan dan memesona sehingga dapat digunakan dalam berbagai situasi yang berbeda. Bahan ini biasanya banyak disukai oleh penggemar fashion dengan gaya Victorian gothic.
  • Bahan kulit asli maupun bahan kulit sintetis yang memberikan kesan gothic dan misterius.
    • Choker kulit biasanya dapat digunakan baik untuk pria maupun wanita.
    • Choker kulit cocok digunakan untuk pelengkap gaya penampilan yang bertema tradisional, gothic atau cosplay.
  • Bahan beludru yang memberikan kesan feminin dan elegan untuk digunakan sebagai pelegkap gaya sehari-hari terlepas dari pakaian yang anda kenakan.
  • Bahan logam dari kawat dan rantai yang memberikan kesan fashionable, rapi dan elegan untuk pelengkap gaya penampilan dalam acara yang sifatnya lebih formal.  
  • Bahan plastik elastis yang populer karena terlihat sangat fashionable untuk acara casual.
  • Bahan manik-manik yang memberi kesan lebih mewah pada penampilan.

Kalung Choker

Sumber : https://shopee.ph/

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat choker?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

6. Menjadi Ikon Punk di Era 90-an

Setelah mengalami berbagai modifikasi desain, di tahun 1990-an kalung choker  mulai diadaptasi sebagai ikon anak punk dan penyuka musik grunge. Grunge sendiri hingga sekarang menjadi salah satu sub genre rock alternatif yang masih digandrungi oleh banyak pecinta musik.

Untuk pilihan bahannya, choker yang banyak dipakai yaitu berupa choker yang terbuat dari bahan kain atau bludru dengan aksen belt metal di bagian tengah atau pernak-pernik menarik lainnya. Selain itu ada juga choker dari bahan plastik yang terkesan simple tapi tetap terlihat keren.

Kalung Choker

Sumber : https://www.icing.com/

7. Kembali Mewarnai Trend Y2K

Choker cocok digunakan sebagai pelengkap trend fashion Y2K yang banyak terinspirasi dari gaya busana pada pertengahan 90-an dan awal 2000-an.

Kalung Choker

Sumber : https://www.daraz.com.bd/

Tips Memilih Kalung Choker

Tertarik untuk mengenakan kalung choker sebagai aksesoris andalan anda saat hangout atau menghadiri acara pesta?. Biar tidak salah pilih ada baiknya terapkan beberapa tips berikut.

  • Jika anda ingin menggunakan kalung dengan model choker untuk memperindah penampilan ada baiknya hindari choker yang terlalu ketat di leher supaya tidak terasa sakit dan sesak saat dipakai.
  • Perhatikan lebar dan panjang leher sebelum anda memilih kalung.
    • Bila anda memiliki leher yang ramping dan jenjang sebaiknya pilihlah ckoker yang lebar.
    • Sebaliknya bila leher anda tidak terlalu panjang maka memilih choker yang lebih kecil bisa membuat area leher terlihat jenjang.
  • Pilih desain chocker yang sesuai dengan kebutuhan karena model kalung yang satu ini juga memiliki desain yang beragam.
    • Jika anda ingin mendapatkan kesan futuristik dan modern maka anda bisa menambahkan kalung chocker yang minimalis.
    • Tapi kalau anda ingin mendapatkan kesan yang lebih feminim anda bisa mengenakan choker yang memiliki ornamen kristal dan mutiara.
  • Sesuaikan warna choker dengan busana yang anda kenakan, jangan sampai warna keduanya saling bertabrakan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta unik dan menarik seputar kalung choker yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain digunakan sebagai pernyataan mode kalung choker juga mengambil berbagai arti lain yang tidak kalah penting.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.