Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Menarik Duffle Bag…

7 Fakta Menarik Duffle Bag Yang Belum Banyak Orang Tahu

Dikenal sebagai salah satu model tas paling populer yang biasa digunakan untuk membawa banyak barang saat travelling maupun melakukan aktivitas olahraga setelah pulang kantor, ternyata duffle bag juga memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Duffle Bag

Duffle bag merupakan sejenis tas berbentuk tabung dalam ukuran besar yang biasa digunakan untuk menampung banyak barang saat bepergian dalam sekali waktu jadi bahan yang dipakai untuk membuatnya pun juga harus memiliki karakteristik yang kuat dan tahan terhadap kondisi apapun.

Duffle Bag

Sumber : https://johnny-urban.com/

Fakta Menarik Duffle Bag

Layaknya model tas lain yang diciptakan untuk membawa barang-barang penting, duffle bag sendiri pada prinsipnya juga menyiman banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang duffle bag.

1. Mulai Diproduksi Abad ke-17

Duffle bag pertama kali diproduksi di kota Duffel, Belgia pada abad ke-17 dan menjadi sangat populer di kota asalnya. Dari situ akhirnya digunakanlah nama duffle untuk menyebutkan model tas yang satu ini.

Duffle Bag

Sumber : https://johnny-urban.com/

2. Awalnya Digunakan Tentara

Duffle bag awalnya digunakan oleh para tentara dan angkatan laut sebagai sarana untuk mengangkut peralatan perang dan pakaian karena tas ini memang terkenal akan daya tahan dan kemampuannya dalam menampung banyak barang.

3. Terkenal Akan Fleksibilitasnya

Duffle bag terkenal akan fleksibilitasnya karena model tas yang satu ini sering kali memiliki ruang penyimpanan yang luas dan tidak terstruktur, sehingga memungkinkan kamu untuk mengemas barang-barang dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Meski demikian, terdapat pula beberapa model duffle bag kekinian yang dilengkapi dengan fitur saku tambahan atau kompartemen khusus, baik di  bagian dalam ataupun luar yang memudahkan pengguna untuk menyimpan barang penting.

Duffle Bag

Sumber : https://www.amazon.com/

4. Kapasitasnya Cukup Besar

Duffle bag memiliki kapasitas yang sangat bervariasi, mulai dari 20 L hingga 100 L. Jadi kamu bisa dengan bebas menyesuaikan pilihan duffle bag dengan seberapa banyak barang yang biasanya kamu bawa.

  • Duffle bag yang dibuat dalam ukuran kecil cocok untuk penggunaan sehari-hari.
  • Duffle bag yang dibuat dalam ukuran lebih besar cocok untuk perjalanan atau petualangan outdoor.

Selain kapasitasnya bervariasi ada juga duffle bag yang dilengkapi dengan roda untuk memudahkan penggunanya ketika memindahkan tas selama melakukan perjalanan jauh.

Duffle Bag

Sumber : https://www.bagsonly.com.au/

5. Punya Banyak Kegunaan

Duffle bag terasuk ke dalam salah satu model tas yang bersifat multifungsi alias punya banyak kegunaan. Mau dipakai untuk travelling atau olahraga duffle bag ini mampu menampung banyak barang bawaan.

  • Dalam dunia olahraga terutama sepak bola, hoki dan tinju, duffle bag menjadi tas yang populer untuk membawa perlengkapan seperti pakaian, sepatu dan perlengkapan olahraga lainnya.
  • Sementara saat travelling duffle bag bisa dipakai untuk menampung banyak pakaian, aksesoris dan juga keperluan lain yang diperlukan selama travelling.

Duffle Bag

Sumber : https://www.walmart.com/

Selain dipakai untuk travelling dan membawa banyak perlengkapan olahraga, duffle bag juga bisa dijadikan sebagai fashion statement. Buktinya kini banyak brand tas ternama yang merancang duffle bag dengan gaya modis sebagai aksesoris fashion.

  • Duffle bag telah menjadi ikon dalam dunia mode karena memiliki desain yang sederhana namun fungsional.
  • Duffle bag terus menjadi favorit bagi banyak orang karena daya tahan, fleksibilitas dan gayanya yang timeless.

Duffle Bag

Sumber : https://www.amazon.in/

6. Pilihan Bahannya Bervariasi

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, duffle bag yang digunakan sebagai tas tentara konon pertama kali dibuat dengan menggunakan kanvas yang kuat serta tahan lama. Namun seiring dengan berjalannya waktu, duffle bag juga dibuat dari bahan lain seperti kulit sintetis, nylon atau polyester.

  • Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis bahan kain yang berserat tebal, kuat dan susunan benangnya terlihat jelas. Bergantung ada fungsi dan tujuan pemakaiannya, bahan kain kanvas inipun juga memiliki beberapa tingkatan ketebalan yang berbeda-beda.

  • Duffle bag berbahan kanvas cocok dijadikan pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki duffle bag dengan harga lebih murah namun kualitasnya tidak kalah dengan bahan yang lain.
  • Duffle bag berbahan kanvas bisa dipakai untuk membawa peralatan yang lebih banyak, karena bahan kanvas sendiri diklaim sebagai bahan yang kuat untuk menahan segala jenis barang bawaan.
  • Kulit Sintetis

Berikutnya ada bahan kulit sintetis (synthetic leather) yang dalam pembuatannya tidak melibatkan kulit hewan sama sekali melainkan menggunakan bahan sintetis yang diproses sedemikian rupa hingga hasilnya tampak mirip dengan kulit hewan.

  • Polyester

Polyester juga menjadi salah satu jenis bahan yang cukup sering digunakan sebagai bahan duffle bag. Selain mudah dalam hal perawatannya, duffle bag yang dibuat dari bahan polyester ini juga terkenal lebih cepat kering saat terkena air.

  • Nylon

Selain kanvas dan polyester, bahan lain yang sering digunakan dalam pembuatan duffle bag yaitu berupa bahan nilon. Dari segi kekuatan, bahan nilon dan poliester ini sebenarnya tidak jauh beda, hanya saja bahan nilon memiliki permukaan yang lebih halus.

  • Bahan nilon cocok digunakan untuk membuat duffle bag yang memiliki fitur anti air dan ringan.
  • Selain ringan, duffle bag berbahan nilon juga akan lebih mudah untuk dilipat dan tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya.

Dari keempat bahan yang sudah disebutkan di atas bahan kanvas dan nilon biasanya punya harga yang lebih murah ketimbang polyester atau synthetic leather. Selain itu Setiap bahan pun juga memiliki kelebihannya masing-masing.

7. Bisa Dijinjing atau Diselempangkan

Duffle bag umumnya memiliki satu tali panjang dan tali pendek jadi bisa dibawa dengan cara dijinjing atau diselempangkan ke salah satu bahu seperti layaknya sling bag.

Duffle Bag

Sumber : https://limitlessfitwear.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang duffle bag yang penting kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya fakta unik tentang duffle bag semoga pengetahuan kamu tentang duffle bag jadi makin bertambah ya.

Butuh bahan berkualitas dengan harga murah untuk membuat duffle bag?. Sebagai referensi kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Kanvas dan Bahan Tas lainnya yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.