Article

Homepage Article Kain 7 Bahaya Menjemur Baju Basah…

7 Bahaya Menjemur Baju Basah di Dalam Rumah

Biasa menjemur baju yang basah di dalam rumah saat cuaca hujan atau mendung?. Meski kelihatannya terkesan sepele, kebiasaan menjemur baju yang basah di dalam rumah ternyata juga memiliki efek yang kurang baik terhadap ke kesehatan dan juga bisa membuat baju cepat rusak lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Kegiatan Menjemur Baju Basah

Dalam situasi tertentu seperti cuaca buruk atau ketiadaan area untuk mengeringkan baju di luar rumah, menjemur baju basah di dalam rumah mungkin menjadi salah satu pilihan yang terpaksa diambil oleh sebagian orang. Namun tahukah kamu kalau kebiasaan tersebut ternyata juga punya dampak buruk lho.

Menjemur Baju Basah

Sumber : https://www.lowes.com/

Bahaya Menjemur di Dalam Rumah

Berikut beberapa dampak atau bahaya yang ditimbulkan jika kamu terbiasa menjemur baju basah di dalam rumah.

1. Membuat Polutan di Rumah

Menjemur baju di dalam rumah juga berisiko menempelkan polutan atau polusi yang bisa saja masuk ke dalam tubuh dan menjadi pembunuh yang tak terlihat.

  • Menjemur baju basah di dalam rumah dapat mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan lantaran baju yang basah dapat melepaskan partikel debu, serbuk atau zat kimia yang terkandung dalam deterjen ke udara.
  • Sirkulasi udara yang buruk akan membuat partikel tersebut terperangkap dalam ruangan dan berdampak negatif pada kualitas udara yang kamu hirup.

Menjemur Baju Basah

Sumber : https://www.dailypost.co.uk/

2. Membuat Rumah Jadi Lembab

Menjemur baju basah di dalam rumah bisa mengakibatkan ruangan menjadi bertambah lembab karena udara dalam ruangan rumah akan menyerap sisa air yang terdapat pada baju tersebut. Uuntuk memantau kelembapan di dalam rumah kamu bisa menggunakan pengukur kelembaban atau higrometer.

3. Memicu Tumbuhnya Jamur

Selain membuat udara di dalam ruangan rumah jadi lembab, membiarkan baju basah berlama-lama menggantung di dalam rumah juga dapat menjadi pemicu munculnya jamur, salah satunya yakni jamur Stachybotryschartarum.

  • Kehadiran jemuran baju di dalam rumah membuat timbulnya jamur-jamur beracun karena lingkungan yang lembab menjadi tempat yang disukai fungus untuk berkembang biak.
  • Selain muncul di lantai, jamur ini biasanya juga bisa kamu temukan di dinding dan bingkai jendela yang lembab.

Menjemur Baju Basah

Sumber : https://www.insider.com/

4. Kerusakan Dinding Rumah

Pada beberapa kasus, menjemur baju basah di dalam ruangan tanpa sirkulasi udara yang baik dapat menyebabkan kondensasi air di dinding bahkan kerusakan struktural pada jangka panjang.

  • Kelembaban yang tinggi di dalam ruangan dapat mempengaruhi daya rekat cat pada dinding dan menyebabkan cat lebih mudah lepas.
  • Kelembaban yang tinggi di dalam ruangan dapat merusak lapisan cat dan memicu pertumbuhan jamur atau kerusakan pada dinding.

Menjemur Baju Basah

Sumber : https://www.kompas.com/

5. Menyebabkan Masalah Kesehatan

Menjemur baju basah di dalam rumah akan memberikan dampak buruk buat kesehatan. Beberapa penyakit berbahaya yang mengintai kesehatan apabila kamu menjemur baju basah dalam ruangan rumah diantaranya:

  • Penyakit Paru-Paru Basah

Menjemur baju basah dalam rumah bisa menjadi penyebab penyakit paru-paru basah akibat udara ruangan menjadi lembab.

  • Penyakit Kanker

Menjemur baju basah dalam rumah juga bisa menyebabkan penyakit kanker karena pewangi atau pelembut pakaian yang ditambahan saat mencuci baju sama bahayanya dengan zat kimia yang ada dalam detergen.\

  • Penurunan Kekebalan Tubuh

Dampak lainnya yang bisa terjadi jika kamu sering menjemur baju di dalam rumah yaitu imunitas tubuh akan ikut terganggu, bahkan cenderung terus mengalami penurunan.

  • Penyakit Asma 

Menjemur baju basah di dalam rumah bisa memicu penyakit asma kambuh. Bahkan jika sebelumnya kamu tidak memiliki riwayat asma, kamu bisa mengalaminya jika sering menghirup udara dalam ruangan yang berjamur.

  • Aspergilosis Paru-Paru

Pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah seperti kanker atau penyakit autoimun, kebiasaan menjemur baju basah di dalam rumah akan menyebabkan aspergilosis paru akibat terpapar jamur.

  • Alergi Sistem Pernafasan

Menjemur baju basah dalam rumah juga bisa menyebabkan alergi pada sistem pernafasan seperti bronkitis dan sinusitis lantaran zat dalam deterjen yang menempel pada baju akan terus terhidup hingga baju kering.

6. Membuat Baju Susah Kering

Kelembapan yang tinggi di dalam ruangan juga dapat membuat proses pengeringan menjadi lebih lambat. Baju yang tidak kering sepenuhnya ini dapat menjadi sarang bagi pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat merusak serat kain.

7. Memicu Bau Tidak Sedap

Selain merusak serat kain, baju yang di jemur di dalam ruangan terutama dalam keadaan lembap dapat menghasilkan bau yang tidak sedap, karena baju tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk kering secara menyeluruh di dalam ruangan.

  • Baju yang tidak kering dengan baik dan terperangkap dalam kelembapan dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.
  • Jika sirkulasi udara di dalam ruangan tidak cukup baik, yang ada bau tersebut akan bertahan lama dan sulit dihilangkan.

Menjemur Baju Basah

Sumber : https://nori.co/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai bahaya atau dampak yang ditimbulkan jika kamu punya kebiasaan menjemur baju basah di dalam rumah. Selain berdampak buruk pada kesehatan, kebiasaan menjemur baju basah di dalam rumah faktanya juga bisa mempengaruhi kualitas baju itu sendiri.

  • Menjemur baju dalam rumah dapat meningkatkan kelembaban di dalam ruangan.
  • Menjemur baju dalam rumah dapat memancing jamur dan tungau untuk berkembang biak kemudian masuk ke dalam saluran pernapasan dan menyebabkan masalah kesehatan.
  • Menjemur baju dalam rumah bisa membuat serat kain jadi mudah rusak dan memicu bau tidak sedap karena baju butuh waktu lebih lama untuk kering.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, biasakan untuk lebih sering menjemur baju di luar ruangan rumah dan baru memasukannya setelah dirasa cukup kering ya.

Kalaupun kamu terpaksa harus mengeringkan baju di dalam rumah lantaran tidak ada tempat kosong lagi untuk menjemurnya, maka kamu bisa melakukan beberapa tips berikut untuk menjemur baju.

  • Manfaatkan fungsi mesin pengering agar baju yang baru kamu cuci jadi lebih cepat kering.
  • Jemur baju di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau setidaknya jarang ditempati manusia seperti garasi atau ruang cuci jemur yang memiliki banyak ventilasi.
  • Jemur baju dengan hanger agar tidak bersinggungan satu sama lain dan lebih cepat kering.
  • Gunakan dehumidifier atau pengering udara untuk mengendalikan kelembaban ruangan rumah.
  • Cara lain buka jendela yang ada di dinding rumah atau gunakan kipas angin untuk membantu mengurangi uap di udara.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kain yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.