Article

Homepage Article Kain 6 Rekomendasi Bahan Kaos…

6 Rekomendasi Bahan Kaos Terbaik Untuk Membuat Kaos Partai

Mau bikin kaos partai tapi masih bingung harus memilih bahan kain seperti apa yang cocok digunakan sebagai material utamanya?. Biar ga salah pilih mungkin kamu bisa menggunakan satu di antara beberapa jenis kain yang kami rekomendasikan berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kaos Partai

Kaos partai merupakan kaos yang biasa digunakan digunakan sebagai atribut kampanye oleh anggota atau pendukung suatu partai politik saat kampanye berlangsung dan biasanya dibagikan kepada masyarakat pendukung partai yang bersangkutan.

Bahan Kaos Partai

Sumber : https://shopee.co.id/

Bahan Untuk Kaos Partai

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, kaos partai hendaknya harus dibuat menggunakan bahan kaos yang nyaman dan sesuai dengan model kaos yang dikehedaki. Salah satu alasannya yaitu bahan kaos dengan klasifikasi yang bagus umumnya akan menghasilkan kaos partai yang baik pula.

  • Bahan kaos partai yang bagus hendaknya memiliki karakteristik yang ringan dan menyerap keringat seperti katun atau bahan poliester yang breathable.
  • Bahan kaos partai yang bagus hendaknya memiliki ketahanan yang baik dan ketika bersentuhan dikulit pun akan terasa nyaman.
  • Bahan kaos partai yang bagus hendaknya memiliki tekstur yang lembut dan tidak mengiritasi kulit.

Untuk membuat kaos partai yang didesain tanpa kerah alias kaos partai model O-neck misalnya, bahan yang dipakai bisa berupa bahan kaos cotton combed, bahan kaos cotton carded, bahan kaos PE dan bahan kaos hyget / kain hyget.

1. Bahan Kaos Cotton Combed

Bahan kaos cotton combed merupakan sejenis bahan kaos yang memiliki karakteristik halus (soft), hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed).

Berdasarkan ukuran beratnya kain cotton combed ini tersedia dalam berbagai macam ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s.

  • Cotton combed 20s terbuat dari benang berukuran 20. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 180 sampai dengan 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Cotton combed 24s terbuat dari benang berukuran 24. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Cotton combed 30s terbuat dari benang berukuran 30. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 140 sampai dengan 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Bahan Kaos Partai

Sumber : https://fitinline.com/

2. Bahan Kaos Cotton Carded

Bahan kaos cotton carded merupakan sejenis bahan kaos yang dirajut dari benang-benang berbulu karena masih banyak mengandung serat kapas yang pendek, kualitasnya pun berada sekelas dibawah katun combed.

Berdasarkan ukuran beratnya kain cotton carded ini tersedia dalam berbagai ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s.

  • Cotton carded 20s memiliki gramasi antara 180 sampai 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Cotton carded 24s memiliki gramasi antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Cotton carded 30s memiliki gramasi antara 140 sampai 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Bahan Kaos Partai

Sumber : https://fitinline.com/

3. Bahan Kaos PE

Bahan kaos PE merupakan sejenis bahan kaos yang dibuat dari material ester. Dibandingkan dengan bahan katun, kain PE ini kebanyakan memang cenderung lebih tipis, agak kasar dan memiliki daya serap keringat yang kurang baik tapi masih layak dipakai untuk membuat kaos kaos partai ataupun kaos promosi.

Bergantung pada desain dan kegunaannya bahan PE sendiri dapat dibagi menjadi dua macam, yakni berupa PE single dan PE double.

  • PE single berarti rajutan benangnya adalah single dan penggunaannya hanya satu  permukaan saja tidak bisa dibolak-balik.
  • PE double berarti rajutan benangnya adalah double dan penggunaannya bisa dua permukaan artinya bisa dibolak-balik.

Bahan Kaos Partai

Sumber : https://fitinline.com/

4. Bahan Hyget / Kain Hyget

Bahan hyget / kain hyget merupakan sejenis bahan kaos yang memiliki permukaan mengkilap, tidak mudah kusut mengkilap, tidak terlalu tebal, cepat kering bila basah dan harganya tergolong murah. Meski murah tapi bukan berarti kain hyget ini memiliki kualitas yang murahan lho.

Bahan Kaos Partai

Sumber : https://fitinline.com/

Sementara untuk membuat kaos partai model polo yang dilengkapi dengan tambahan kerah di bagian leher, beberapa contoh bahan kaos yang bagus dan nyaman dipakai yakni berupa kain lotto dan kain lacoste yang memiliki ciri sangat khas.

1. Bahan Kaos Lotto

Bahan kaos lotto merupakan sejenis bahan kaos yang memiliki kemiripan sama halnya dengan diadora dan adidas yang umum digunakan untuk pakaian olahraga. Nama lotto sendiri sebenarnya juga diadaptasi dari nama brand sport yang sangat terkenal di Italia yakni lotto.

Bahan Kaos Partai

Sumber : https://fitinline.com/

2. Bahan Kaos Lacoste

Bahan kaos lacoste merupakan sejenis bahan kaos yang memiliki permukaan berpori yang cukup besar jika dibandingkan dengan bahan kain katun. Kaos polo dengan bahan lacoste sendiri pertama dipopulerkan oleh seorang atlet tenis sekaligus pendiri brand Lacoste, Rene Lacoste.

Bahan Kaos Partai

Sumber : https://fitinline.com/

Khusus untuk pembuatan kaos partai, bahan lacoste juga dapat dibedakan lagi dalam beberapa varian jenis dengan kualitas yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain lacoste cotton pique, kain lacoste cotton CVC dan kain lacoste PE.

  • Kain Lacoste Cotton Pique

Kain lacoste cotton pique mempunyai tekstur berpori-pori pada ke dua sisi bahannya (bagian luar dan dalam) sehingga akan terasa sangat nyaman dan adem saat dipakai di antara jenis lacoste lainnya.

  • Kain Lacoste Cotton CVC

Kain lacoste cotton CVC dibuat dari campuran cotton yang memiliki daya serap tinggi dan polyester yang kuat. Untuk kenyamanan bahan lacoste cotton CVC sedikit di bawah lacoste cotton pique.

  • Kain Lacoste PE

Kain lacoste PE memiliki tesktur dan pori-pori lebih besar dari pada kain lacoste cotton pique dan kain lacoste cotton CVC.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa jenis bahan kaos terbaik yang bisa kamu pilih untuk membuat kaos partai. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan kain yang dapat digunakan untuk kaos partai semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan bahan kaos yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos partai?. Sebagai bahan pertimbangan intip yuk koleksi Bahan Kaos yang kami miliki.

Download juga pola kaos siap pakai dari kami kalau kamu ingin mencoba membuat kaos sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.