Article

Homepage Article Jahit Menjahit 6 Macam Varian Benang Filamen

6 Macam Varian Benang Filamen

Benang filamen dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis benang yang dibuat dari satu atau beberapa helai serat yang panjang, di mana setiap filamen menjadi komponen utama dari seluruh panjang benang. Benang filamen yang terdiri dari satu filamen disebut benang monofilamen sedangkan benang filamen yang mengandung lebih banyak filamen dikenal sebagai benang multifilamen.

Benang Filamen

Sumber : https://textechdip.wordpress.com/

Benang Monofilamen

Benang monofilamen merupakan sejenis benang yang terdiri dari satu helai filamen saja. Benang ini dibuat untuk keperluan khusus seperti tali pancing, senar raket, sikat, jala dan sebagainya.

Benang Filamen

Sumber : http://www.jayerelastic.ga/

Benang Multifilamen

Benang multifilamen merupakan sejenis benang yang terdiri dari sekumpulan serat-serat filamen. Sebagian besar benang filamen dibuat dalam bentuk multifilamen.

Benang Filamen

Sumber : http://www.wovensacks.net/

Untuk aplikasi pada pakaian, benang multifilamen sebagian besar berisi sedikitnya dua atau tiga filamen atau sebanyak 50 filamen. Untuk pembuatan karpet, benang filamen yang digunakan bisa terdiri dari ratusan filamen. Sutera merupakan satu-satunya benang filamen yang berasal dari alam dalam jumlah besar.

Benang Filamen

Sumber : http://carpetrium.com/

Selain benang monofilamen dan multifilamen sebenarnya masih terdapat beberapa macam benang filamen lainnya, diantaranya berupa benang tow, benang stretch, benang bulk, serta benang logam.

Benang Tow

Benang tow merupakan jenis benang diciptakan dari beribu-ribu serat filamen yang berasal dari ratusan spinnerette menjadi satu.

Benang Stretch

Benang stretch merupakan sejenis benang filamen termoplastik yang mempunyai sifat mulur cukup besar dan mudah kembali ke panjang semula. Benang strecth ini lazim digunakan untuk kaos kaki atau bahan kain rajut.

Benang Filamen

Sumber : http://suryakaryasampoerna.indonetwork.co.id/

Benang Bulk

Benang bulk merupakan sejenis benang yang mempunyai sifat-sifat mengembang yang besar. Benang bulk ini sangat cocok jika diaplikasikan untuk membuat bahan kain rajut seperti jumper.

Benang Filamen

Sumber : http://belajarcaramerajut.com/

Benang Logam

Benang logam merupakan sejenis benang filamen yang banyak dibuat dari serat buatan meski ada juga yang dibuat dari logam. Benang tertua yang dibuat dari logam mulia dikenal dengan nama lame. Karakteristiknya sedikit berat, mudah rusak dan warnanya cenderung mudah kusam.

Benang Filamen

Sumber : http://www.zkmetallicyarn.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.