Article

Homepage Article Jahit Menjahit 6 Kebiasaan Buruk Yang Harus…

6 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Dalam Menjahit

Sering mengalami kegagalan saat anda ingin membuat sebuah pakaian atau project menjahit lainnya?. Sebenarnya hal ini wajar saja terjadi jika anda masih banyak membuat kesalahan selama proses belajar menjahit. Tapi kalau hal semacam ini terus-terusan terjadi bagaimana dampaknya ya?. 

Menjahit

Sumber : https://www.thespruce.com/

Selain rugi bahan baku tentu saja anda akan kehilangan lebih banyak waktu berharga hanya untuk mengerjakan sebuah project jahit tertentu. Untuk mengantisipasi hal tersebut simak dulu yuk pembahasan mengenai beberapa kebiasaan yang sering terlupakan oleh seorang penjahit dan cara mengatasinya.

Menjahit

Sumber : http://threadridinghood.com/

Terlalu Memaksakan Diri

Mempunyai target memang bagus tetapi anda juga harus sadar diri akan kapasitas dan kemampuan anda. Sebisa mungkin jangan terlalu memaksakan diri anda untuk bekerja saat tubuh sudah lelah dan bosan. Lebih baik istirahatlah sejenak untuk mengembalikan tenaga anda, kemudian mulai lagi saat mood anda sudah membaik. 

Menjahit

Sumber : https://formulalubvi.com/

Salah Memilih Jarum Jahit

Jika selama ini anda terbiasa untuk menangani semua kain dengan cara yang sama, maka mulai dari sekarang anda harus lebih teliti lagi untuk memilih jarum yang sesuai dengan jenis bahan kain tertentu. Sebab beda jenis kain beda pula cara penanganannya.

Menjahit

Sumber : https://www.craftsy.com/

Untuk menjahit kain berbahan stertch seperti spandek misalnya, anda paling tidak membutuhkan jarum khusus yang dikenal dengan nama “ballpoint needle”. Lebih jelasnya anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Menjahit Bahan Kaos Dengan Ballpoint Needle

Menjahit

Sumber : http://www.sewmamasew.com/

Salah Memilih Benang Jahit

Selain memilih jarum yang tepat, tidak sedikit pula orang yang masih sering melakukan kesalahan dalam memilih benang sehingga kegiatan menjahit yang dilakukan pun jadi tergangggu. Sebaiknya belilah benang yang berkualitas dan cocok dengan jenis kain yang ingin anda jahit. 

Menjahit

Sumber : https://www.etsystudio.com/

Salah Memilih Bahan Kain

Banyaknya jenis dan motif kain yang dijual di toko kain tidak jarang sering membuat para konsumen kebingungan untuk memilihnya. Namun anda juga harus ingat jika tidak semua jenis kain cocok untuk dijadikan pakaian atau produk jahit lainnya. Pilihlah kain yang memang benar-benar cocok dengan project yang telah anda rencanakan sebelumnya. 

Menjahit

Sumber : http://lizzy165.rssing.com/

Memotong Pola Pakaian Secara Asal

Sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan suatu project jahit, pola pakaian seharusnya dibuat dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan ukuran badan maupun model yang direncanakan. Hal yang sama berlaku pula saat anda mentransfer pola tersebut pada bahan kain. 

Menjahit

Sumber : http://clothhabit.com/

Mengubah Ukuran 

Melakukan kecurangan dengan mengubah-ubah ukuran badan hanya dapat merusak hasil akhir project jahit anda. Supaya hasil jahitan yang didapat lebih pas dan sesuai dengan badan anda cobalah untuk lebih realistis dan tidak mengubah ukuran pakaian secara ekstrim.

Menjahit

Sumber : http://so-sew-easy.com/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mempelajari cara membuat baju dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola baju beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Pola Baju Siap Pakai

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.