Article

Homepage Article Fashion Design 5 Tips Styling Tracksuit…

5 Tips Styling Tracksuit Yang Identik Dengan Kesan Sporty

Mencari outfit yang nyaman tapi tetap keren untuk dikenakan saat hangout, bersantai bahkan bekerja di rumah?. Khusus untuk anda yang punya kecintaan tersendiri dengan pakaian olahraga berbentuk setelan jangan lupakan tracksuit yang masih termasuk ke dalam kategori busana athleisure.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tracksuit

Tracksuit merupakan salah satu jenis setelan yang terdiri dari celana panjang dan jaket dengan bahan yang sama. Sejak 1970-an tracksuit ini sering dijadikan sebagai pakaian olahraga oleh para atlet untuk menjaga suhu tubuh mereka agar tetap hangat sebelum dan setelah pertandingan.

  • Pada tracksuit celana panjangnya ada yang diciptakan dengan potongan cukup longgar dan tidak ketat namun ada juga yang dilengkapi tali karet di bagian pergelangan kaki.
  • Sementara untuk jaketnya beberapa ada yang dibuat dengan bukaan resleting di bagian depan ada yang polos, ada yang memakai hoodie (tudung kepala) ada juga yang tidak.

Tracksuit

Sumber : https://sneakin.shop/

Dari yang awalnya lebih sering dipakai untuk pakaian olahraga oleh para atlet, pada perkembangannya tracksuit juga mulai banyak digunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari oleh pria dan wanita dari berbagai kategori usia karena potongannya memang sangat nyaman.

Di negara Rusia misalnya, khusus di luar kota-kota besar budaya tracksuit (setelan olahraga) hampir tidak ada hubungannya dengan aktivitas olahraga. Sebab kebanyakan orang di sana justru kerap memakai tracksuit sebagai pakaian sehari-hari.

Cara Styling Ttracksuit

Tertarik untuk mengenakan tracksuit sebagai pelengkap gaya sehari-hari tapi masing bingung memikirkan cara stylingnya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa mencoba tips berikut.

1. Sporty Style

Buat anda yang mau tampil sporty dengan tracksuit, anda bisa memilih warna dan desain tracksuit bergaya Olympian. Dengan menggunakan setelan ini dijamin penampilan anda pasti akan terlihat lebih modern dan kekinian.

Tracksuit

Sumber : https://www.adidas.com.au/

2. Retro Style

Jika anda ingin tampil keren dalam balutan outfit 70-an anda bisa memakai model tracksuit standar yang tak lekang oleh waktu. Dalam hal ini anda bisa memilih tracksuit yang dilengkapi dengan zip lurus sampai bawah atau zip hanya sampai dada. 

Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna anda bisa juga mencoba trik berikut.

  • Utamakan untuk memilih tracksuit yang sesuai dengan potongan badan.
  • Model slim-fit menjdi salah satu inovasi modern dari tracksuit.
  • Hindari mengisi saku pada tracksuit dengan brang apapun agar tidak terlihat puffy.
  • Untuk menyempurnakan penampilan padupadankan tracksuit dengan sneakers yang simple.

Tracksuit

Sumber : https://www.indiamart.com/

3. Street Style

Makin hype dengan tracksuit anda bisa memilih tracksuit yang model dan desainnya lebih kekinian. Misal tracksuit dengan tambahan logo dan warna yang lebih bervariasi untuk bergaya ala street style.

Tracksuit

Sumber : https://www.alibaba.com/

Saat memakai tracksuit anda bisa memasangkannya dengan sepatu bergaya sama seperti chunky sneakers yang mulai pada tahun 90-an lalu.

Tapi kalau mau tampil sedikit beda anda bisa memadukan tracksuit dengan sepatu lain seperti loafers.

  • Loafers sendiri merupakan sejenis sepatu slip on dengan desain rendah untuk mata kaki.
  • Sepatu loafers sdapat dikenakan dengan cara memasukkan kaki langsung.
  • Sepati loafers sangat cocok untuk pemakaian casual atau santai.

4. Logomania Style

Buat anda yang suka memakai pakaian berlogo wajib bagi anda untuk mencoba tracksuti yang dilengkapi dengan sejumlah logo besar pada desain pakaian tersebut.

  • Trend pakaian dengan menggunakan logo merek dapat ditemukan di tracksuit.
  • Penempatan logo yang besar dan banyak bisa bikin desainnya makin keren.

Tracksuit

Sumber : https://www.alibaba.com/

5. Futuristic Style

Berikutnya anda juga bisa memakai tracksuit yang tidak kalah futuristic yakni tracksuit yang didesain bold dari segi warna, penggunaan motif, sampai bahannya.

Agar penampilan anda tidak terkesan berlebihan dan terlalu berusaha untuk tampil beda lengkapi tracksuit ini dengan aksesoris dan sepatu yang bedesain minimalis. 

Tracksuit

Sumber : https://www.nike.com/

Bahan Untuk Tracksuit

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, tracksuit inipun secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Adidas

Kain adidas termasuk ke dalam jenis bahan kain yang cukup elastis dan cenderung hangat saat digunakan. Sifat bahannya tidak jauh berbeda dengan kain wafle hanya beda motif saja.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain adidas diantaranya:

  • Kain adidas memiliki karakteristik sedikit tebal, permukaan bagian depannya halus dan bagian dalamnya tidak berbulu.
  • Kain adidas juga memiliki daya serap keringat yang baik meski hanya sedikit.

2. Kain Diadora

Kain diadora  termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat mengkilap ketika terkena sinar matahari sehingga menimbulkan kesan mewah meskipun harganya tidak terlalu mahal.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan bahan diadora dengan bahan tracksuit yang lain diantaranya:

  • Tekstur bahan diadora denderung halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit.
  • Bahan diadora mampu memberikan perlindungan yang cukup baik pada tubuh saat udara dingin.
  • Bahan diadora mampu menyerap keringat dengan baik jadi sangat cocok sebagai bahan tracksuit, jaket olahraga dan pakaian olahraga lainnya.  
  • Bahan diadora terlihat agak mengkilap dan akan memantulkan cahaya ketika terkena sinar matahari.
  • Bahan diadora memberikan efek hangat ketika dipakai.
  • Bahan diadora warnanya cukup tahan lama dan tidak mudah pudar.

3. Kain Fleece

Kain fleece merupakan salah satu jenis bahan kain yang memiliki karakteristik lembut, hangat dan sedikit berbulu pada bagian permukaannya. Sebagai bahan dasar pakaian yang berkualitas,  kain fleece sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda.

Beberapa variasi kain fleece yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kain fleece katun yang bahannya lebih sejuk, lebih lembut, lebih halus di kulit serta lebih ringan dibanding fleece lainnya.
  • Kain fleece CVC yang sering disebut juga dengan bahan fleece cotton viscosa. Kain ini kualitasnya mendekati kain fleece katun.
  • Kain fleece PE yang lebih mengkilap dibanding fleece katun karena kandungan poliesternya lebih banyak.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara syuling tracksuit yang bisa anda terapkan ke dalam gaya sehari-hari. Tak hanya cocok digunakan untuk olahraga, anda juga bisa memakai model pakaian yang satu ini untuk kegiatan lainnya seperti hangout bahkan bekerja di rumah. 

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tracksuit dan pakaian olahraga lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.