Article

Homepage Article Kain 5 Rekomendasi Bahan Terbaik…

5 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Membuat Baju Hewan

Mencari alternatif bahan yang bagus untuk membuat baju hewan / animal clothes?. Untuk kamu yang ingin membeli atau membuat baju hewan sendiri alangkah lebih baik jika kamu memilih baju hewan yang dibuat dari sejumlah bahan berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Hewan

Baju hewan / animal clothes merupakan sejenis baju yang dirancang khusus untuk dipakai oleh hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, kelinci atau hewan peliharaan lainnya. Meski kelihatannya sepele, bagi hewan yang tidak tahan terhadap perubahan cuaca keberadaan baju hewan ini sangatlah penting lho.

Baju Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Manfaat Baju Hewan

Sama halnya dengan baju yang dibuat khusus untuk manusia, baju hewan / animal clothes pada prinsipnya juga memiliki segudang manfaat tersendiri. Beberapa diantaranya:

  • Perlindungan

Baju hewan / animal clothes dapat memberikan perlindungan tambahan dari cuaca buruk seperti dingin atau hujan, serta melindungi kulit hewan dari luka atau goresan ringan.

  • Kesehatan

Beberapa jenis baju hewan dirancang untuk membantu hewan yang mengalami masalah kesehatan, seperti membantu menyembuhkan luka operasi atau mengurangi gigitan atau cakaran yang dijilat.

  • Gaya dan Fashion

Baju hewan / animal clothes seringkali digunakan sebagai aksesori atau pakaian mode untuk hewan peliharaan, memberikan tampilan yang lucu atau menarik.

  • Kebersihan

Baju hewan / animal clothes juga dapat membantu menjaga kebersihan dan mengurangi rambut hewan yang rontok di sekitar rumah.

Baju Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bahan Baju Hewan

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, baju hewan / animal clothes inipun secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang beragam. Berikut beberapa contoh bahan kain yang bisa kamu pakai untuk membuat hewan.

1. Kain Katun

Pertama ada kain katun yang ringan dan nyaman untuk hewan peliharaan. Selain melindungi hewan peliharaan kain katun juga cocok untuk tujuan fashion.

  • Baju hewan dari kain katun cenderung ringan dan memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.
  • Baju hewan dari kain katun memiliki kemampuan untuk membuat hewan peliharaan merasa nyaman terutama saat cuaca yang hangat.
  • Baju hewan dari kain katun bersifat hypoallergenic sehingga sangat cocok digunakan untuk hewan dengan kulit sensitif atau alergi.
  • Baju hewan dari kain katun umumnya mudah dicuci, sehingga memudahkan pemilik hewan untuk menjaga kebersihan baju tersebut.
  • Baju hewan dari kain katun dapat didaur ulang, sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan beberapa bahan sintetis.

Baju Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain memiliki tampilan yang polos ada juga kain katun yang dilengkapi dengan detail bordir serta lubang-lubang kecil pada sebagian atau hampir seluruh permukaannya. Kain katun bordir dengan detail eyelet ini bisa digunakan sebagai bahan utama baju hewan atau sekedar kombinasi pada bagian-bagian tertentu.

Baju Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Kain Wol

Kedua ada kain wol yang memiliki kemampuan sangat baik dalam menjaga panas dan memberikan perlindungan tambahan pada hewan peliharaaan saat  cuaca dingin.

  • Baju hewan dari kain wol dapat memberikan perlindungan ekstra pada hewan dan menjaga hewan peliharaan tetap hangat, khususnya di lingkungan yang dingin.
  • Baju hewan dari kain wol mampu menjaga keseimbangan kelembapan pada tubuh hewan, sehingga hewan tetap kering dan nyaman saat melakukan banyak aktifitas.
  • Baju hewan dari kain wol cenderung lebih tahan lama dibandingkan dengan beberapa bahan lain, sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.
  • Baju hewan dari kain wol memiliki tingkat elastisitas yang baik dan memberikan kebebasan bagi hewan untuk bergerak.

Baju Hewan

Sumber : https://www.amazon.co.jp/

3. Bahan Rajut

Ketiga ada bahan rajut yang yang dibuat dengan cara merajut sehelai benang atau lebih hingga membuat suatu bentuk jeratan. Seperti halnya kain wol, Bahan rajut ini juga memiliki kemampuan yang baik untuk menjaga hewan tetap hangat saat cuaca dingin.

Baju Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Kain Fleece

Keempat ada kain fleece yang hangat, lembut dan juga cocok digunakan untuk baju hewan saat musim dingin. Untuk membuat baju hewan, kain fleece sendiri tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda. Beberapa di antaranya:

  • Bahan fleece cotton merupakan sejenis kain yang terbuat dari campuran antara katun dan polyester namun komposisi katunnya lebih besar.
  • Bahan fleece PE (polyester) terbuat dari campuran serat polyester dan katun, namun komposisi polyesternya lebih banyak.
  • Bahan fleece CVC yang sering disebut juga dengan fleece cotton viscosa termasuk ke dalam jenis bahan kain yang terbuat dari campuran katun dan viscosa.

Baju Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Bahan Kaos

Kelima ada bahan kaos berkualitas yang lentur dan cocok digunakan untuk hewan yang banyak melakukan aktifitas seharian.

  • Baju hewan dari bahan kaos dapat menjaga tubuh hewan tetap sejuk dan kering.
  • Baju hewan dari bahan kaos memiliki ciri berpori yang berfungsi sebagai ruang fentilasi udara sehingga hewan kesayangan kamu tetap merasa nyaman.
  • Baju hewan dari bahan kaos memiliki tingkat fleksibilitas yang baik, sehingga saat dipakai tidak akan terlalu ketat atau membahayakan gerakan hewan.

Baju Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Baju hewan yang dibuat dari bahan kaos ini dapat dilengkapi pula dengan karet rib di bagian leher, kaki dan bokong sehingga hewan kesayangan kamu akan tetap merasa nyaman.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah bahan terbaik yang bisa kamu pakai untuk membuat baju hewan / animal clothes. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan kain yang dimanfaatkan untuk baju hewan semoga kamu ga lagi bingung ketika harus memilih bahan kain yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Khusus untuk kamu yang ingin membeli atau membuat baju hewan / animal clothes sendiri perhatikan pula tips berikut.

  • Pastikan baju hewan yang kamu pilih memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh hewan agar tidak menyebabkan ketidaknyamanan atau membatasi pergerakan hewan.
  • Pastikan pula bahwa hewan kesayangan kamu merasa nyaman dan tidak menunjukkan tanda-tanda masalah kesehatan atau stres pada saat memakai baju hewan.

Ingat juga bahwa antara hewan yang satu dengan hewan yang lain mungkin memiliki kecocokan yang berbeda satu sama lain, tergantung pada jenis bulu dan ukuran mereka. Jadi jika memungkinkan, lakukan tes terlebih dahulu dengan bahan yang berbeda untuk melihat reaksi hewan peliharaan terhadap baju hewan tersebut.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju hewan / animal clothes?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Kain Katun, Kain Fleece dan Bahan Kaos yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.