Article

Homepage Article Fashion Muslim 5 Model Penutup Kepala Pria…

5 Model Penutup Kepala Pria Muslim Dari Berbagai Negara

Butuh rekomendasi penutup kepala yang cocok dikenakan sebagai pelengkap gaya penampilan saat ramadhan atau lebaran?. Selain memakai peci yang punya ciri khas berbentuk lonjong, kamu bisa juga memakai penutup kepala lainnya yang populer di berbagai negara di dunia lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Penutup Kepala

Penutup kepala dapat didefinisikan sebagai salah satu item pelengkap fashion yang umum dikenakan untuk menutupi bagian atas kepala. Tidak hanya melindungi pemakainya dari debu, sinar matahari dan cuaca estrim, dalam beberapa budaya dan agama penutup kepala juga memiliki makna simbolis yang mendalam.

  • Dalam agama Islam misalnya penutup kepala menjadi bagian dari tata cara berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama dan sering kali dipakai sebagai penanda identitas agama.
  • Sementara dalam beberapa budaya lainnya, penutup kepala dapat juga dijadikan sebagai simbol yang menunjukkan status sosial atau keanggotaan dalam suatu kelompok atau komunitas.

Penutup Kepala Pria Muslim

Berbicara mengenai penutup kepala, lantas apa saja jenis-jenis penutup kepala yang umum digunakan oleh pria muslim saat beribadah?. Buat kamu yang penasaran, berikut kami bagikan beberapa model penutup kepala pria muslim yang populer di berbagai negara di dunia.

1. Peci

Pertama ada peci yang umum dipakai untuk pelengkap keperluan ibadah oleh para pria muslim di Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina Selatan dan Thailand Selatan.

  • Peci umumnya memiliki bentuk lonjong atau agak memanjang dengan bagian atas yang datar.
  • Peci memiliki variasi desain dan ukuran yang beragam tergantung pada budaya dan tradisi lokal.
  • Peci sering kali dianggap sebagai lambang identitas keagamaan atau kebangsaan yang memberikan kesan sopan, bermartabat atau ketaatan terhadap tradisi agama dan budaya.

Penutup Kepala

Sumber : https://www.sarungbhs.co.id/

Khusus di Indonesia sendiri, peci diketahui telah mengalami perkembangan baik dari segi material, corak, motif dan warna. Kalau dulunya peci lebih sering dibuat dari kain bludru warna hitam, kini banyak juga peci yang terbuat dari kain tradisional khas masing-masing daerah.

Penutup Kepala

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Kofia atau Kufi

Kedua ada kofia atau kufi yang umum dikenakan sebagai penutup kepala oleh para pria Swahili di negara Afrika Timur seperti Somalia, Kenya, Uganda maupun Tanzania, sekaligus menjadi bagian penting dari pakaian tradisional dan pakaian nasional di negara-negara tersebut.

  • Kofia atau kufi memiliki tampilan yang sangat unik yakni berbentuk bulat dengan lubang-lubang kecil sebagai sirkulasi udara.
  • Kofia atau kufi biasanya banyak dibuat dari berbagai jenis bahan seperti wol, kain atau rajutan.
  • Kofia atau kufi seringkali memiliki desain yang beragam dan hadir dalam berbagai warna yang menarik.
  • Kofia atau kufi umumnya dilengkapi pula dengan hiasan bordir geometris khas negara Afrika.

Penutup Kepala

Sumber : https://nuriakenya.com/

3. Taqiyah

Ketiga ada taqiyah yang biasa dikenakan laki-laki muslim di negara-negara Arab dan beberapa negara di kawasan Asia Selatan. Sementara di Indonesia sendiri taqiyah lebih dikenal sebagai peci haji di Indonesia.

  • Taqiyah termasuk ke dalam salah satu penutup kepala yang lebih dikhususkan untuk beribadah.
  • Taqiyah umumnya banyak dibuat dari bahan rajut yang elastis dan nyaman dikenakan di negara beriklim panas.
  • Taqiyah hadir dalam berbagai variasi warna, namun yang paling populer adalah taqiyah yang berwarna putih.

Penutup Kepala

Sumber : https://id.aliexpress.com/

4. Keffiyeh

Keempat ada ada keffiyeh alias penutup kepala khas negara Arab yang sangat populer di dunia fashion dan biasa dipasangkan dengan agal untuk menjaganya supaya tidak lepas dari kepala.

  • Keffiyeh termasuk ke dalam jenis penutup kepala yang umumnya dikenakan oleh orang-orang yang tinggal di kawasan bergurun pasir.
  • Keffiyeh umumnya banyak dibuat dari bahan katun yang lembut dan nyaman di kulit.
  • Keffiyeh memiliki motif yang sangat khas yaknni berupa kotak-kotak berwarna merah atau hitam, meskipun ada juga keffiyeh yang dibuat berwarna putih polos.

Penutup Kepala

Sumber : https://www.amazon.com/

Selain dijadikan sebagai penutup kepala dan dipadupadankan dengan agal, keffiyeh bisa juga dikenakan dengan cara yang berbeda misal dengan cara diikat di kepala untuk melindungi pemakai dari panas matahari, debu dan pasir.

5. Tubeteika

Kelima ada tubeteika alias topi tradisional khas negara Asia Tengah seperti Kirgistan, Tajikistan dan Uzbekistan yang umum dikenakan oleh para orang tua di negara tersebut.

  • Tubeteika mempunyai bentuk yang sangat khas yakni berbentuk persegi, dengan detail 4 garis lengkung mirip kubah masjid.
  • Tubeteika dilengkapi pula dengan bordiran tertentu yang mempunyai makna tersendiri, misal gambar biji almond, lada dan juga ular.
  • Gambar biji almond dan lada pada tubeteika merupakan gambar yang menjadi pertanda kesuburan.
  • Gambar ular pada tubeteika merupakan gambar yang menjadi simbol pelindung dari kejahatan.

Penutup Kepala

Sumber : https://www.centralasia-travel.com/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, pada zaman dulu tubeteika sendiri biasa digunakan oleh pria Asia tengah untuk beraktivitas di luar ruangan karena mereka dilarang keluar rumah tanpa menutup kepala.

Lain halnya dengan zaman sekarang, di Asia Tengah tubeteika biasanya hanya dikenakan oleh orang tua sebagai pelengkap keperluan beribadah dan perayaan hari besar keagamaan seperti bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai rekomendasi lima macam penutup kepala pria muslim yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap gaya penampilan saat beribadah ata menghadiri acara keagamaan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memudahkan kamu untuk memilih penutup kepala yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Download Pola Baju Koko dan Pola Baju Gamis Pria dari kami kalau kamu ingin membuat baju koko dan gamis pria sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.