Article

Homepage Article Fashion Design 5 Model Celana Jeans Yang…

5 Model Celana Jeans Yang Menjadi Trend di Tahun 2021

Celana jeans termasuk ke dalam jenis celana sepanjang masa yang tidak pernah absen dari dunia fashion. Meski kerap diidentikkan sebagai item fashion yang bersifat basic namun pada kenyataannya hingga saat ini selalu saja ada trend dan variasi celana jeans yang mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Terkait dengan hal tersebut lantas seperti apa ya gambaran model celana jeans masa kini yang banyak digemari para pecinta fashion?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan beberapa model celana jeans yang bisa anda pilih untuk memaksimalkan gaya penampilan.

1. Loose Jeans

Model celana jeans yang pertama yakni berupa loose jeans. Sebagai salah satu jenis celana yang banyak diminati selama beberapa musim terakhir, loose jeans sendiri umumnya memiliki begitu banyak ruang di bagian pinggang, pinggul, paha hingga leg opening.

  • Celana loose jeans biasanya dibuat dalam potongan yang longgar jadi ketika dikenakan tidak akan menonjolkan bagian tubuh pemakainya.
  • Desain dan potongan kakinya yang lebih lebar juga membuat celana loose jeans layak dijadikan sebagai trend yang unik untuk pelengkap gaya penampilan.
  • Lipatan yang halus, potongan yang tinggi di bagian pinggang (high waists) dan warna yang tidak terduga seperti warna washed-out gray membuat trend loose jeans menjadi makin unik.

Celana Jeans

Sumber : https://yaoota.com/

Beberapa karakteristik paling khas dari high waist loose jeans yang juga menjadi alasan mengapa anda harus mencobanya untuk pelengkap gaya penampilan yaitu:

  • High waist jeans dinilai cocok untuk setiap bentuk dan ukuran tubuh.
  • High waist jeans tidak hanya nyaman dipakai seharian tetapi juga bisa membuat siluet tubuh jadi lebih sempurna.
  • Celana jeans model high waist bisa dipakai untuk menyamarkan area perut dan menyembunyikan lemak di area pinggang.
  • Celana loose jeans yang berpotongan high waist bisa diandalkan untuk anda yang ingin memamerkan lekuk pinggang.
  • High waist jeans mampu menonjolkan bagian pinggang yang lebih tinggi sehingga tubuh akan terlihat lebih jenjang.

Untuk anda yang ingin menggunakan celana jeans bertipe loose sebaiknya padupadankan celana tersebut dengan busana penutup tubuh bagian atas seperti halnya kaos, blus dan crop top yang juga sedikit besar untuk mendukung styling loose yang anda inginkan.

Jika celana jeans yang anda miliki kebetulan terlalu panjang maka anda bisa menggulung atau melipat sedikit bagian ujung celana sebanyak satu atau dua kali untuk mendapatkan jarak antara celana dan ankle. Besar lipatan yang dibuat idealnya idelanya berkisar 5 cm.

Pilihan sepatu yang direkomendasikan untuk loose jeans adalah berukuran besar seperti bulky shoes atau boots. Kalau sepatu yang dipakai ukurannya terlalu kecil yang ada sepatu tersebut akan termakan celana jeans.

2. Straight Leg Jeans

Berikutnya ada straight leg jeans atau celana jeans yang berpotongan lurus alias memiliki lebar yang sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit), sehingga akan membentuk paha dan juga kaki menjadi lebih ramping dan paling aman dikenakan untuk semua bentuk tubuh.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan straight cut jeans dengan model celana jeans wanita yang lainnya yaitu:

  • Celana jeans bersiluet straight ini memiliki garis lurus yang tidak terlalu ketat di bagian kaki.
  • Modelnya yang lurus akan membuat kaki anda tampak lebih panjang dan langsing ketika memakai straight cut jeans.
  • Straight cut jeans telah terbukti cocok dikenakan untuk semua bentuk tubuh.

Celana Jeans

Sumber : https://www.jackwills.com/

Celana jeans model straigt leg sendiri sangat cocok dikenakan unuk anda yang suka berpenampilan vintage. Walau bentuknya hanya lurus celana ini sebenarnya sangat mudah dipadupadankan dengan busana penutup tubuh bagian atas model apapun, baik itu kaos, kemeja, blus, sweater da juga blazer.

Tergantung pada padanan yang dipilih, straight cut jeans juga dapat memberi kesan formal maupun kasual saat dipakai.

  • Kenakan straight cut jeans dengan kemeja, blus wanita atau blazer jika anda ingin mendapatkan tampilan yang terkesan lebih formal.
  • Kenakan straight cut jeans dengan kaos, sweater, jumper atau cardigan jika anda ingin mendapatkan tampilan yang terkesan lebih casual.

Untuk memaksimalkan penampilan, anda bisa memadukan straight cut jeans dengan berbagai model sepatu baik itu high heels, flat shoes atau sneakers. Saat ingin tampil santai cukup kenakan straight cut jeans dengan loafer atau sendal yang berdesain simple.

3. Distressed Jeans

Distressed jeans yang memiliki efek usang dan robek rupanya juga masih menjadi trend di tahun 2021. Sekalipun tampak terlihat belel dan tua namun model celana yang satu ini justru banyak diminati karena bisa membuat pemakainya tampil lebih modern dan trendy.

Celana Jeans

Sumber : https://www.jackwills.com/

Untuk menciptakan distressed jeans yang terkesan tua dan usang, tentu para produsen celana jeans memiliki teknik atau cara tersendiri untuk membuatnya dan tidak mungkin menunggu sampai celana jeans tersebut usang dan memudar dengan sendirinya.

Dalam hal ini beberapa teknik yang mungkin dilakukan bisa berupa stone wash, acid wash, sandblast, scrapping dan lain sebagainya.

  • Stone Wash

Stone wash merupakan jenis washing yang biasa dilakukan dengan alat bantu berupa batu apung.

  • Pada teknik stone wash produk jeans umumnya dicuci bersamaan dengan batu apung menggunakan mesin cuci khusus.
  • Dengan cara ini maka permukaan jeans dan batu apungnya saling bergesekan dan menghasilkan efek fading yang khas.

Celana Jeans

Sumber : https://www.stcyrvintage.co.uk/

  • Acid Wash

Acid wash yang dikenal juga dengan nama moon wash atau snow wash termasuk ke dalam jenis washing jeans yang mirip dengan stone wash. Hanya saja untuk menimbulkan efek kontras batu apung harus di celupkan ke dalam chlorine.

Celana Jeans

Sumber : https://www.lyst.com/

  • Sandblast

Sandblast merupakan jenis washing jeans yang biasa dilakukan dengan menyemprotkan pasir pada permukaan jeans menggunakan alat khusus. Bagian yang terkena sandblast nantinya akan mempunyai efek yang lebih putih.

Celana Jeans

Sumber : https://www.brother2brother.co.uk/

  • Scrapping

Scrapping merupakan teknik washing manual yang biasa dilakukan secara tradisional yakni menggunakan amplas untuk “mengeluarkan” motif kain (biasanya motif yang bagus untuk discrapping itu motif slub dan crossfire).

Kalau sahabat Fitinline ingin memiliki distressed jeans tapi sayang jika harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli celana jeans yang baru maka anda wajib mencoba fashion hacks berikut.

  • Gunakan Amplas

Siapkan celana jeans lama anda kemudian tandai bagian yang ingin anda beri efek robek. Setelah memberi tanda selanjutnya anda bisa mulai membuat robekan pada celana jeans dengan cara mengamplasnya secara perlahan.

Celana Jeans

Sumber : https://www.topofstyle.com/

  • Gunakan Pinset

Alternatif lain siapkan celana jeans yang sudah tidak lama terpakai kemudian sayat dan tarik benang panjangnya dengan menggunakan pinset.

  • Tandai bagian celana jeans yang ingin anda beri efek robekkemudian buat dua buah sayatan horisontal sesuai lebar yang anda inginkan.
  • Jika sudah selanjutnya tarik benang-benang panjang pada celana jeans dengan menggunakan pinset hingga menyisakan efek robekan.

Celana Jeans

Sumber : https://www.topofstyle.com/

  • Gunakan Alat Pencukur

Selain membuat efek robekan yang alami pada celana jeans dengan memakai gunting dan pinset, anda bisa juga memanfaatkan alat pencukur.

  • Mula-mula buat guratan tipis (bukan robekan) di bagian celana.
  • Selanjutnya gosokkan alat pencukur di bagian celana tersebut sampai terbentuk efek ripped sesuai yang anda kehendaki.
  • Dengan alat pencukur hasil robekan pada celana jeans biasanya cenderung amat sangat kecil dan tidak tembus kedalam kain.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Gunakan Parutan Keju

Untuk membuat efek robekan yang lain dari biasanya anda juga bisa memanfaatkan parutan keju berbahan stainless. Caranya gesekkan parutan keju secara beraturan dan berulang pada bagian tertentu jeans hingga benang-benangnya menjadi terlihat.

  • Pembuatan distressed jeans dengan parutan keju ini akan menghasilkan efek usang yang cantik karena robekan yang dihasilkan tidak terlalu besar.
  • Bila hasilnya dirasa masih kurang maksimal, anda dapat mencabut benang di area sekitarnya dengan pinset.

Celana Jeans

Sumber : http://julesocablog.blogspot.com/

  • Gunakan Pemutih Pakaian

Untuk menciptakan efek usang pada celana jeans yang warnanya masih bagus anda bisa memanfaatkan pemutih pakaian.

  • Rendam jeans selama minimal satu jam dalam ember yang sudah diisi dengan air dan larutan pemutih untuk membuat efek usang yang merata pada celana jeans.
  • Tapi kalau anda ingin mendapatkan distressed jeans yang warnanya tidak beraturan, sebaiknya buat jeans menjadi kusut terlebih dahulu baru di rendam ke dalam larutan pemutih.

Celana Jeans

Sumber : https://or-not.com/

4. Bootcut Jeans

Sempat populer di era 90-an dan kembali happening di tahun 2019 lalu, bootcut jeans juga akan menjadi trend di tahun 2021. Desainnya yang ketat di bagian paha dan melebar di bagian bawah, menjadikan celana ini sangat cocok dikenakan oleh orang yang bertubuh kurus hingga atletis.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan bootcut jeans dengan model celana jeans yang lainnya yaitu:

  • Siluet bootcut memiliki garis yang ketat pada bagian paha hingga area lutut kemudian melebar hingga ke bagian tumit atau mata kaki.
  • Bagian bawah celana yang melebar bisa dengan mudah dikenakan oleh berbagai pemilik tubuh termasuk tipe yang curvy.
  • Bootcut jeans menjadi model celana jeans yang perlu dimiliki untuk anda yang hobi mengenakan cropped top.
  • Khusus untuk tahun 2021, bootcut jeans dengan potongan yang lebih panjang hingga menyentuh lantai akan semakin populer.

Celana Jeans

Sumber : https://www.sheplers.com/

Celana bootcut jeans yang dibuat dalam warna gelap sangat serasi jika dipadukan dengan kemeja atau blus yang modis untuk kesempatan casual. Jika anda boleh mengenakan celana jeans saat bekerja, anda bisa juga memadukannya dengan kemeja, blus dan blazer.

Untuk menciptakan tampilan yang lebih elegan dan seksi, bootcut jeans memang akan terlihat sempurna jika dipadukan dengan sepatu boots. Tapi kalau anda ingin mengenakan bootcut jeans untuk acara yang lebih santai tidak ada salahnya jika anda memadukannya dengan flat shoes

5. Jeans Berpola

Terakhir ada celana jeans berpola yang memiliki tampilan sangat unik. Sedikit berbeda dengan model celana jeans lainnya, celana jeans yang satu ini pada prinsipnya tidak hanya mengandalkan potongan melainkan juga pola yang ada pada celana jeans.

  • Celana jeans dengan pola abstrak, macan tutul, hingga bergambar diprediksi akan menjadi trend yang disukai oleh banyak orang.
  • Untuk penyuka gaya feminin anda dapat memilih celana jeans yang dihias dengan detail embrodiery berpola bunga.
  • Tapi kalau anda lebih suka gaya lain dari biasanya anda bisa bisa mengenakan celana jeans yang dihias dengan pola patchwork.

Bagi anda yang ingin menambahkan detail patchwork pada celana jeans maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Siapkan celana jeans lengkap dengan detail patch yang akan anda tempelkan pada celana jeans.
  • Pasangkan detail patch yang sudah anda siapkan lalu jahit celana jeans beserta patch hingga menjadi lebih kuat.
  • Selesai menjahit patch anda bisa menyetrika bagian tersebut agar tampak lebih rapi dan rapat.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain menggunakan patch anda juga bisa memodifikasi celana jeans dengan kain perca atau bahan denim lainnya.

  • Dalam mengaplikasikan kain perca pada celana jeans anda tidak perlu menempelkan banyak potongan bahan.
  • Cukup tambahkan beberapa aksen sederhana agar celana jeans jadi makin seru dan menarik untuk dilihat.
  • Semakin berantakan jahitan yang anda buat justru akan semakin bagus hasil yang anda dapatkan.

Celana Jeans

Sumber : https://www.gap.co.uk/

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai pelengkap gaya penampilan dan menjaganya supaya tetap awet sebaiknya jangan terlalu sering mencuci celana jeans. Kalaupun terpapar noda, anda hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi tanpa harus mencuci seluruh bagian jeans.

Dampak buruk yang bisa saja terjadi jika anda terlalu sering mencuci celana jeans usai digunakan diantaranya:

  • Terlalu sering mencuci jeans bisa mengubah bentuk jeans.
  • Mempercepat memudarnya warna pada jeans.
  • Membuat bahan jeans menjadi semakin tipis dan mudah sobek.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Denim dari kami Di Sini.

Sebagai bahan pembuatan celana jeans yang berkualitas, kain denim memang dikenal sebagai salah satu jenis kain yang sangat kuat dan kokoh. Kain ini biasanya dibuat dari serat kapas yang dibuat kasar dan ditenun secara diagonal menggunakan tambahan bahan tertentu seperti halnya rayon, spandex, polyester dan benang slub.

Ditinjau dari proses pewarnaannya kain denim sebenarnya dapat dibuat dengan dua macam cara, pertama dengan cara tradisional dan yang kedua dengan pewarnaan sulfur.

  • Teknik pewarnaan kain secara tradisional (indigo) biasa dilakukan untuk menciptakan warna biru pada denim, bahan pewarna yang digunakan yaitu berupa zat pewarna indigo.
  • Sedangkan untuk teknik pewarnaan sulfur lebih banyak digunakan untuk menciptakan warna denim selain biru (non biru).

Berdasarkan ukuran beratnya (weight) kain denim sendiri pada dasarnya dapat dikelompokkan kedalam tiga kategori, diantaranya:

  • Lightweight denim (denim ringan ) di bawah 12 Oz.
  • Midweight denim di antara 12 dan 16 Oz.
  • Heavyweight denim (denim berat) di atas 16 Oz.

Oz merupakan ukuran ketebalan denim sementara angka-angka yang tertera di depan Oz menunjukkan berat satu yar/yard kain yang digunakan. Semakin kecil Oz denim maka semakin lemas karakteristik kainnya, sebaliknya semakin besar Oz denim maka semakin kaku tekstur kainnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa jenis celana jeans yang diramalkan akan boming di tahun 2021 lengkap dengan deskripsi dari masing-masing model celana. Kalau harus memilih satu diantara sekian banyak celana jeans yang sudah disebutkan di atas kira-kira sahabat Fitinline lebih suka yang mana.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.