Article

Homepage Article Fashion Design 10 Kesalahan Dalam Berpakaian…

10 Kesalahan Dalam Berpakaian Yang Penting Untuk Kamu Hindari

Memilih pakaian yang sesuai dengan gaya pribadi tidak dapat dipungkiri memang menjadi suatu hal yang sifatnya sangat subjektif. Meski demikian tetap saja dalam berbusana ada beberapa hal umum yang sebaiknya kamu hindari jika ingin mendapatkan tampilan yang sesuai dengan kesan yang ingin dicapai.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Dampak Kesalahan Berpakaian

Salah memilih pakaian ternyata tidak hanya memiliki dampak buruk pada penampilan tapi juga bisa mempengaruhi kenyamanan yang kamu dapatkan dalam berbusana. Beberapa dampak negatif yang mungkin timbul akibat salah dalam memilih busana diantaranya:

  • Rasa tidak nyaman pada tubuh karena iritasi kulit atau gangguan kesehatan kulit lainnya.
  • Kurangnya kepercayaan diri yang dapat memengaruhi penampilan secara keseluruhan.
  • Kesan yang salah karena tidak memperhatikan norma dan etika berbusana.
  • Gangguan terhadap aktivitas karena pakaian yang tidak sesuai dengan aktivitas yang dijalani.
  • Kesan kurang up-to-date dan kurang mengikuti perkembangan mode karena mengenakan gaya yang sudah ketinggalan zaman.
  • Pengeluaran yang tidak efisien terutama jika kamu sering membeli pakaian yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Daftar Kesalahan Berpakaian

Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan makanya penting bagi kamu untuk menghindari sejumlah kesalahan berikut dalam berbusana.

1. Tidak Sesuai Dengan Acara dan Tempat

Salah satu kesalahan umum yang tanpa sadar masih dilakukan banyak orang yaitu kebiasaan memakai pakaian secara asal dan tidak sesuai dengan acara atau tempat tertentu. Misalnya, mengenakan pakaian kasual yang terlalu santai untuk acara formal atau sebaliknya.

Kesalahan Berpakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Tidak Memperhatikan Kondisi Cuaca

Tidak mempertimbangkan kondisi cuaca sehingga dapat membuat tubuh tidak nyaman juga menjadi masalah serius yang sering dilakukan oleh sebagian orang demi mengejar tampilan yang sesuai dengan trend yang berkembang.

  • Mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan cuaca atau kondisi lingkungan tentu saja dapat memengaruhi kesehatan.
  • Mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan suhu dapat menyebabkan overheating atau kedinginan.

Jadi kalau kamu ga mau dianggap salah kostum, pastikan pakaian yang kamu pilih sesuai dengan suhu dan kondisi cuaca.

3. Tidak Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Memilih pakaian yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh sehingga dapat mengurangi kepercayaan diri juga perlu kamu hindari. Karenanya kalau kamu ingin tampil lebih percaya diri pilihlah gaya pakaian yang menonjolkan kelebihan dan meredam kekurangan tubuh kamu.

Kesalahan Berpakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Tidak Mempertimbangkan Kenyamanan

Kesalahan lainnya dalam berbusana yang harus kamu hindari yaitu memaksakan diri untuk memakai pakaian yang sedang trend tapi tidak mempertimbangkan kenyamanan tubuh.

5. Memilih Warna Yang Tidak Seimbang

Terlalu banyak warna cerah atau mencampur warna yang tidak seimbang dapat membuat tampilan terlihat berantakan. Jadi sebaiknya pilih kombinasi warna yang cocok dan memberikan keseimbangan visual.

Kesalahan Berpakaian

Sumber : http://colorsofmei.com/

6. Ukuran Pakaian Yang Tidak Pas

Pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mengganggu penampilan. Solusinya pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai dengan tubuh kamu biar kesan yang ditampilkan tampak lebih rapi.

  • Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan tekanan pada tubuh, mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan efek gatal serta kemerahan pada kulit.
  • Pakaian yang terlalu besar mungkin akan menyulitkan pergerakan dan membuat kamu merasa  kurang leluasa saat beraktifitas.

7. Terlalu Banyak Memakai Aksesoris

Terlalu banyak aksesori dapat membuat tampilan terlihat berlebihan. Maka dari itu sebaiknya pilihlah aksesori dengan bijak dan sesuaikan dengan pakaian yang kamu kenakan.

Kesalahan Berpakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Tabrak Motif Secara Berlebihan

Mencampur beberapa motif busana yang tidak sesuai dapat membuat penampilan kamu terkesan kurang menarik untuk dilihat. Jadi untuk mengantisipasi masalah tersebut cukup pilih satu atau dua pola yang saling melengkapi.

9. Memadukan Bahan Yang Tidak Sesuai

Memadukan dua atau beberapa bahan yang tidak cocok dapat mengurangi estetika busana. Makanya sebisa mungkin pastikan bahan pakaian yang kamu pakai saling melengkapi dan menciptakan tampilan yang rapi.

10. Memilih Busana Yang Tidak Praktis

Memilih busana yang tidak praktis untuk kegiatan sehari-hari dapat menghambat mobilitas dan kenyamanan. Selain busana yang tidak praktis mungkin kurang tahan lama atau mudah rusak, kamu pun juga perlu mengeluarkan budget lebih untuk mengganti pakaian yang rusak.

Khusus untuk kamu yang berhijab hindari pula penggunaan busana yang terlalu ketat atau busana yang menerawang ya agar penampilan yang kamu dapatkan tampak lebih elegan.

  • Memakai Pakaian Yang Terlalu Ketat

Memilih pakaian yang terlalu ketat tidak hanya melanggar prinsip berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama Islam, tetapi juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengurangi fleksibilitas gerakan.

  • Memakai Pakaian Yang Menerawang

Memakai pakaian yang menerawang bisa menyebabkan bagian tubuh yang seharusnya ditutupi menjadi terlihat. Jadi kalau kamu ingin tetap menggunakan pakaian yang menerawang, pertimbangkan untuk menggunakan inner yang tepat di bawahnya.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa daftar kesalahaan yang sebaiknya kamu hindari dalam berbusana. Selain mempertimbangkan kenyamanan, gaya pribadi dan kesesuaian dengan acara, perhatikan juga kesesuaian bahan dan faktor-faktor lainnya untuk memastikan bahwa kamu bisa tetap tampil percaya diri dengan busana yang kamu pakai ya.

Butuh bahan kain berkulaitas dengan harga murah untukmembuat pakaian?. Sebaga bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.