Article

Homepage Article Jahit Menjahit 5 Macam Model Saku Pada…

5 Macam Model Saku Pada Pakaian dan Cara Mudah Untuk Membuatnya

Dikenal sebagai salah satu bagian penting dari pakaian, saku umumnya dapat difungsikan untuk menyimpan atau membawa benda berukuran kecil. Selain berguna untuk menyimpan atau membawa sesuatu, saku yang ada pada sebuah pakaian sebenarnya juga dapat menambah nilai keindahan pada pakaian itu sendiri.

Jenis-Jenis Saku Berdasarkan Letak dan Cara Pembuatannya

Meski model saku yang berkembang saat ini sangat beragam, namun berdasarkan letak dan cara pembuatannya saku pakaian dapat dibedakan menjadi dua macam varian yakni berupa saku tempel (saku luar) dan saku dalam.

1. Saku Tempel atau Saku Luar

Saku tempel merupakan jenis saku yang dijahit pada sisi luar pakaian, sehingga tampilannya seolah-olah menempel pada baju. Tergantung pada desain pakaian yang ingin dibuat saku tempel ini dapat dikreasikan dalam berbagai model dan ukuran. Misalnya model bulat, persegi dan segi lima.

Selain modelnya sangat beragam, bagian bawah saku tempel bisa juga dikreasikan dalam bentuk datar, runcing dan serong pada bagian sudutnya. Untuk keindahan biasanya saku tempel menggunakan top stitching baik pada bagian kelim atas maupun pada bagian sisi atau sekeliling saku.

  • Saku tempel pada blus dan kemeja biasa diletakkan pada bagian atas muka.
  • Untuk pakaian yang dibuat dalam bentuk berbentuk blazer saku tempel biasa ditempatkan di bawah.
  • Pada rok dan celana saku tempel dapat diletakkan pada bagian muka, sisi dan belakang.

Meski mudah dibuat, saku tempel sebenarnya bukanlah tempat yang aman untuk menyimpan barang-barang. Karena alasan itulah oleh sebagian besar orang saku tempel ini dianggap tidak terlalu fungsional dan lebih sering digunakan sebagai penghias pakaian.

Saku

Sumber : https://store.dodocasevr.com/

2. Saku Dalam

Saku dalam merupakan jenis saku yang dijahit dari sisi dalam pakaian sehingga tidak tampak dari luar. Biasanya yang terlihat adalah lajur atau garis yang merupakan tempat untuk memasukkan tangan. Saku dalam sendiri tersedia dalam 3 macam model, yakni berupa saku dalam tanpa lajur, saku passepoille dan saku vest.

a. Saku Dalam Tanpa Lajur

Saku dalam tanpa lajur termasuk ke dalam jenis saku yang biasanya tidak terlihat. Saku pakaian ini lazim dipasangkan pada bagian jahitan samping rok wanita dan celana (baik celana pria maupun wanita) atau bisa juga pada bagian-bagian lain.
Dilihat dari letaknya saku dalam tanpa lajur ini ada yang berada tepat pada garis sisi dan ada pula yang berada agak masuk kebagian dalam. Khusus untuk saku sisi celana, terdapat dua macam pilihan yang dapat digunakan yakni dalam bentuk slanted dan straight.

  • Slanted pocket merupakan jenis saku samping celana yang memiliki mulut atau bukaan saku yang berbentuk miring.
  • Straight pocket merupakan jenis saku samping celana yang memiliki mulut atau bukaan saku yang berbentuk lurus.

Saku

Sumber : https://www.instagram.com/pakaiapablog/

Model saku celana yang didesain dalam bentuk straight umumnya terkesan lebih simple dan formal bila dibandingkan dengan saku model slanted. Meski demikian kedua jenis saku tersebut tetap terlihat sangat keren jika diaplikasikan pada jenis celana apapun.

b. Saku Passepoille

Saku passepoille merupakan jenis saku dalam yang memiliki belahan dua lajur (atas dan bawah) sementara bagian tengahnya adalah tempat memasukkan tangan. Saku model ini bisa dibuat menggunakan tutup bisa juga tidak. Biasanya banyak  diterapkan pada blus, kemeja atau celana.

Saku

Sumber : https://www.mounasew.com/

c. Saku Vest

Saku vest merupakan jenis saaku yang memiliki belahan satu lajur pada bagian mulut dan dapat ditambahkan tutup. Model ini biasanya diterapkan pada jas, kemeja, jaket, ataupun celana.

Saku

Sumber : http://trilliumtailor.com/

Cara Menjahit Saku Tempel

Saku tempel termasuk ke dalam jenis saku yang tidak memerlukan bahan pembantu sepertu vliselin untuk mendukung jatuhnya saku pada pakaian. Sebab dengan menggunakan bahan kain yang sama dengan bahan pakaian saja jatuhnya sudah cukup baik.

Teknik pembuatan saku tempel sendiri bisa dikatakan cukup mudah jika dibandingkan dengan metode pembuatan saku lainnya. Selain mudah dibuat saku pakaian jenis ini juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pemakainya.

1. Untuk membuat saku tempel pertama-tama buat potongan saku dari bahan yang sama dengan kain utama sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan.

  • Caranya letakkan pola diatas bahan dengan memperhatikan lebar kampuh sebesar 1 cm kecuali lebar pada bagian kelim atas saku.
  • Jika sudah gunting bahan kain tersebut sesuai bentuk pola saku.

Saku

Sumber : http://sewway.com/

2. Lipat kelim saku sesuai batas garis kelim atas saku lalu press dengan setrika. 

Saku

Sumber : http://sewway.com/

3. Bentuk saku sesuai model dengan melipat kampuh saku ke arah buruk kain. Lalu pres dengan seterika.

Saku

Sumber : http://sewway.com/

4. Jahit rapi bagian kelim saku kemudian letakkan pada bagian baik kain yang akan diberi tambahan saku. Jika diperlukan sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisi saku agar tidak bergeser atau berubah. 

Saku

Sumber : http://sewway.com/

Saku

Sumber : http://sewway.com/

Saku

Sumber : http://sewway.com/

5. Jahit tepi sekeliling bentuk saku hingga selesai kecuali bagian atas saku.

Saku

Sumber : http://sewway.com/

6. Untuk mendapatkan hasil yang kuat buatlah jahitan berbentuk segitiga pada sisi kiri dan kanan atas saku (pada bagian awal dan akhir saku).

7. Sampai disini proses pembuatan saku tempel sudah selesai dikerjakan. Jika anda ingin mendapatkan saku yang lebih rapi anda tinggal menyetrika saku tersebut agar permukaannya pipih.

Saku

Sumber : http://sewway.com/

Penting untuk diingat, bila sahabat Fitinline ingin membuat sepasang saku tempel pada kemeja sebaiknya selalu perhatikan dengan seksama bentuk dan ukuran sakunya. Supaya hasilnya lebih maksimal bentuk dan ukuran sepasang saku tersebut hendaknya dibuat sama.

Cara Menjahit Saku Samping Model Slanted

Dikenal sebagai salah satu jenis saku yang memiliki mulut atau bukaan berbentuk miring, cara pembuatan saku samping model stanted ini sebenarnya juga sangat mudah. Untuk percobaan kali ini anda bisa membuat saku model slanted dari hasil modifikasi pola celana yang sudah jadi.

1. Siapkan potongan pola celana bagian depan kemudian tempatkan pola tersebut di atas meja yang datar dengan posisi bagian samping celananya berada di sebelah kanan.

  • Buat titik penanda pada bagian atas pola dengan jarak 6 cm dari sudut kanan atas.
  • Dengan cara yang sama buat titik penanda pada bagian samping kanan pola dengan jarak 10 cm.
  • Hubungkan kedua titik tersebut dengan garis lurus. Garis ini sekaligus berfungsi sebagai batas penanda mulut saku.

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

2. Setelah bagian mulut saku selesai di buat, selanjutnya sahabat Fitinline tinggal menggambar pola utama untuk saku.

  • Buat titik penanda pada bagian atas pola dengan jarak 12 cm dari sudut kanan atas pola.
  • Dengan cara yang sama buat titik penanda pada bagian samping kanan pola dengan jarak 20 cm.
  • Hubungkan kedua titik tersebut dengan satu buah garis lengkung seperti gambar berikut.

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

3. Jiplak pola pada kertas yang masih kosong kemudian gunting pola tersebut sesuai garis penanda yang telah dibuat sebelumnya. Dari gambar yang telah dibuat, nantinya sahabat Fitinline akan mendapatkan 3 macam potongan pola baru. Pola yang dimaksud diantaranya berupa:

  • Pola bagian depan celana yang sudah dimodifikasi.
  • Pola bagian dalam saku celana yang di potong miring sesuai bentuk mulut saku.
  • Pola bagian dalam saku yang nantinya difungsikan sebagai pelapis saku celana. 

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

4. Siapkan bahan kain sesuai kebutuhan lalu potong kain tersebut mengikuti bentuk pola saku dan pola bagian utama celana. Sebelum dipotong tambahkan dulu kampuh sebesar 1.5 cm sebagai tempat untuk menjahitnya.

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

5. Tumpuk potongan bahan saku yang berbentuk miring di atas potongan bahan utama celana dengan posisi bangian baik keduanya saling berhadapan lalu tindas dengan dengan mesin jahit. 

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

6. Balikkan potongan saku yang telah dijahit menyatu dengan bagian utama celana kemudian sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser. 

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

7. Tindas bagian mulut saku dengan pola jahitan berbentuk lurus supaya hasilnya terlihat lebih rapi. 

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

8. Satukan kedua potongan bahan pelapis bagian dalam saku lalu jahit sepanjang tepi bagian samping dan bawah saku dengan pola jahitan berbentuk lurus. 

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

9. Selesai dijahit selanjutnya rapikan tepi potongan kain yang bertiras dengan mesin obras. 

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

10. Untuk mengamankan posisi saku agar tidak bergeser, sahabat Fitinline bisa menjahit sepanjang tepi bagian atas dan bagian samping celana dengan pola jahitan berbentuk lurus.

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

11. Sampai disini slanted pocket sudah selesai dibuat. Selanjutnya anda tinggal menggabungkan bagian tersebut dengan bagian celana yang lainnya.

Saku

Sumber : http://verypurpleperson.com/

Cara Menjahit Saku Samping Model Straight

1. Untuk membuat saku samping model straigt mula-mula potong bahan kain yang telah disiapkan untuk pelapis bagian dalam saku sesuai desain dan ukuran yang anda inginkan, masing-masing dua lembar untuk setiap saku.

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

2. Lapisan saku ini bisa dibuat dalam bentuk kotak atau bentuk lengkung seperti contoh berikut. 

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

3. Siapkan potongan bahan pakaian yang ingin anda beri tambahan saku, kemudian tandai dengan kapur kain pada bagian mana saku tersebut kan dipasangkan. Tentukan pula seberapa besar mulut saku yang ingin anda buat.

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

4. Bongkar jahitan yang menghubungkan potongan bahan bagian depan dan bagian belakang pakaian sesuai lebar mulut saku yang ingin anda buat dengan menggunakan pendedel. 

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

5. Tempatkan masing-masing satu potong bahan pelapis saku pada setiap bagian mulut saku pakaian, dengan posisi bagian baik kain pelapis dan bagian baik bahan utama pakaian saling berhadapan. Cara menjahit saku samping selanjutnya, tindas sepanjang sambungan bahan tersebut dengan menggunakan mesin jahit. 

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

6. Sebagai penyelesaian akhir, tumpuk kedua bahan kain pelapis saku yang sudah dijahit dengan bahan utama pakaian kemudian jahit sepanjang bagian tepinya dengan pola jahitan berbentuk lurus.

7. Untuk mencegah terurainya benang yang terdapat pada sepanjang tepi kain sahabat Fitinline bisa mengobras bagian tersebut atau menjahitnya dengan pola jahitan berbentuk zig-zag. 

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

8. Sampai disini saku samping model straight sudah selesai dibuat. Supaya bentuknya makin rapi anda bisa mengepres bagian mulut sakunya dengan setrika.

Saku

Sumber : https://makeit-loveit.com/

Cara Menjahit Saku Passepoille

Teknik menjahit saku passepoille termasuk ke dalam salah satu teknik dasar menjahit yang lumayan rumit karena menuntut ketelitian yang sangat tinggi pada pembuatnya.

1. Untuk membuat saku passepoille mula-mula siapkan dua lembar bahan kain yang telah dipotong sesuai dengan kebutuhan. Satu untuk bagian dalam saku sementara potongan kain yang lain merupakan bagian utama pakaian.

2. Tumpuk kedua bahan kain tersebut dengan posisi bagian baiknya saling berhadapan lalu buat persegi panjang dengan ukuran 12 cm x 2 cm pada salah satu kain yang diperuntukkan sebagai pelapis dalam saku.

3. Jahit sesuai garis penanda yang telah anda buat kemudian lubangi bagian tengahnya dengan gunting sementara bagian ujungnya dipotong segitiga.

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

4. Balikkan mulut saku kearah dalam kemudian rapikan.

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

5. Tarik kain mulut saku bagian bawah sepanjang 1 cm kemudian bentuk seperti gambar berikut.

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

6. Lakukan cara yang sama untuk membentuk mulut saku yang satunya lagi. Jika diperlukan gunakan jarum pentul atau jahit jelujur untuk menahan bentuk mulut saku.

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

7. Tindas sepanjang tepi bagian mulut saku dengan mesin jahit kemudian lepaskan jarum pentulnya. 

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

8. Selesaikan bagian saku dengan cara menjahit pelapis dalamnya hingga membentuk sebuah kantung. Supaya lebih rapi dan tepi kainnya tidak bertiras sebaiknya obras bagoan tersebut dengan mengunakan mesin obras. 

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

9. Saku passepoille siap untuk digunakan. 

Saku

Sumber : http://splatgirlcreates.blogspot.com/

Cara Menjahit Saku Vest

Untuk membuat saku vest siapkan dulu bahan utama yang ingin diberi saku, bahan furing ukuran 20 cm x 20 cm dan 20 cm x 15 cm, bahan untuk mulut saku 15 cm x 5 cm, gunting kain, mesin jahit dan mesin obras, kapur jahit atau pensil, jarum pentul dan pendedel benang.

1. Pertama-tama ambil kain bahan utama yang telah disiapkan untuk membuat saku vest. Buat persegi panjang ukuran 12 cm x 2 cm pada bagian baik kain. Tandai titik A, B, C dan D pada ujung-ujung (hanya untuk proses belajar).

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

2. Siapkan kain untuk mulut saku dengan cara menempelkan viselin pada kain 15 cm x 5 cm di bagian buruknya.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

3. Buat persegi panjang ukuran 12 cm x 2 cm pada bagian yang sudah ditempeli viselin pada posisi seperti gambar. Tandai dengan titik 1, 2, 3, 4 di ujung-ujungnya.

Saku

Sumber : https://fitinline.com

4. Satukan kain bahan utama dengan kain mulut saku pada kedua bagian baik kainnya dengan menyatukan titik A dan 1, B dan 2, C dan 3, D dan 4. Lekatkan semua bagiannya dengan menggunakan jarum pentul.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

5. Jahit keliling persegi (dari titik 1, 2, 3, 4).

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

6. Gunting bagian tengah sesuai tanda garis lurus di bagian tengah dan segitiga di ujungnya. Bisa menggunakan pendedel atau cutter untuk memulai memotong bagian tengah, kemudian lanjutkan dengan gunting.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

7. Balik kain mulut saku kearah dalam kemudian rapikan.

8. Tarik kain mulut saku bagian bawah dan bentuk mulut saku sesuai dengan lebar mulut saku (dalam hal ini 2 cm). Gunakan jarum pentul atau jahit jelujur untuk menahan bentuk mulut saku.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

9. Jahit ujung-ujung segitiga dari arah bagian buruk kain sekaligus mengunci bentuk mulut saku.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

10. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal mulut saku dapat dijelujur terlebih dahulu dan dipress dengan setrika.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

11. Setelah selesai membentuk bagian mulut saku, sekarang tempelkan kain saku bagian dalam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Ambil kain 20 cm x15 cm jahit dengan bagian bawah kain mulut saku.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

12. Ambil kain ukuran 20 cm x 20 cm jahit dengan bagian atas mulut saku.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

13. Obras pada kedua bagian tersebut agar rapi dan tidak bertiras.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

14. Satukan kain saku bagian atas dan bawah kemudian buat garis untuk membuat wadah saku dengan ukuran panjang 15 cm dan lebar 12 cm. Pada bagian ujung dinbuat membulat agar tidak ada kotoran yang terjebak pada saat dicuci.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

15. Jahit pada bagian sisi-sisinya. Hasil jadi saku adalah 12 cm x 15 cm atau sesuai dengan panjang tangan.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

16. Rapikan sisinya dengan obras. Bersihkan seluruh untaian benang yang tidak terpakai atau mengganggu.

Saku

Sumber : https://fitinline.com/

Itu dia pembahasan singkat mengenai macam-macam saku pakaian dan cara menjahitnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat. 

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.