Article

Makrame

Makrame merupakan teknik kuno yang digunakan untuk membuat hiasan dari bahan tali-temali dengan teknik anyaman atau simpul (ikatan). Pembuatan kerajinan makrame sepenuhnya dibuat dengan mengandalkan keterampilan tangan tanpa menggunakan alat bantu mesin sama sekali. Kerajinan makrame atau teknik mengikat tali itu sendiri dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis produk fashion seperti sarung tangan, topi, kaos kaki, keranjang atau tas makrame, dompet, ikat pinggang, bahkan sepatu hingga sandal. 

 

Makrame

Sumber : http://www.fler.cz/

Makrame

Sumber : http://eleanoramoroso.com/

Istilah makrame yang dalam bahasa Turki ditulis dengan ejaan Ma-kra’ma atau Miqramah ini pertama kali diciptakan oleh penenun Arab pada abad ke-13. Dari kebiasaan membuat simpul yang fungsional dan artistik tersebut kemudian lahirlah seni kerajinan yang dibuat khusus menggunakan teknik ikat-mengikat dari banyak benang hingga terbentuk anyaman yang dekoratif. 

Makrame

Sumber : http://smittenbyaknot.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Selanjutnya seni pembuatan makrame ini dibawa ke Spanyol, dan menyebar ke seluruh Eropa khususnya wilayah Inggris pada masa Maria II of England akhir abad ke-17. Oleh para pelaut proses pengerjaan makrame ini dilakukan diatas kapal selama berlayar kemudian dijual ketika mereka mendarat, sehingga seni ini tersebar sampai ke negeri Cina dan belahan dunia lainnya. 

Makrame

Sumber : http://thefripperyvintageboutique.blogspot.com/

Makrame

Sumber : http://theendcollective.com/

Pada abad ke-19 para pelaut Ingris dan Amerika mencoba membuat eksperimen menggunakan simpul berbentuk kotak-kotak untuk membuat tempat tidur gantung dan ikat pinggang. Makrame menjadi sangat populer dikalangan neo-hippie Amerika pada awal tahun 70-an menggunakan simpul berbentuk persegi untuk membuat kalung, gelang kaki dan gelang tangan yang divariasikan dengan manik-manik, kaca serta unsur-unsur alami seperti tulang dan kulit. 

Makrame

Sumber : http://messymama.wordpress.com/

Makrame

Sumber : https://www.etsy.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Secara garis besar jenis simpul yang biasa digunakan untuk membuat makrame terdiri dari simpul kepala, simpul rantai, simpul mati yang dalam bahasa sunda simpul mati disebut dengan nama cangreud mulang, simpul tunggal, simpul ganda serta simpul gordin untuk membuat variasi ikatan dalam bentuk deretan simpul menyerupai garis putus-putus yang bergandengan. 

Makrame

Sumber : http://www.handmade.tobucil.net/

Makrame

Sumber : http://www.livemaster.ru/

Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline juga bisa menjadikan kerajinan makrame dalam bentuk aksesoris, tas, dompet, serta alas kaki sebagai alternatif pelengkap penampilan anda. Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 1

Leave a Comment
1

Mustika rahmi

5 years ago
Wah keren bgt,, min kasih tau cara ngebuatny donk,, sy jd pengen buat,, thank's

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.