Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fungsi Bordir Pada Jaket…

5 Fungsi Bordir Pada Jaket Varsity Yang Perlu Kamu Ketahui

Menambahkan bordir pada bagian dada kiri jaket varsity menjadi salah satu cara kreatif yang dapat dilakukan untuk mempercantik tampilan jaket varsity. Tapi tahukah kamu bahwa selain memiliki nilai dekoratif, bordir pada jaket varsity ternyata juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan sejenis jaket yang memiliki ciri khas berupa lengan yang berwarna kontras dengan warna badan dan seringkali terdapat huruf, angka atau logo tertentu yang dibordir di bagian dada kiri. Baik itu berupa huruf, angka, logo klub olahraga, logo kampus maupun organisasi sekolah.

  • Bordir pada jaket varsity umumnya mencakup elemen-elemen seperti nama sekolah atau universitas, inisial tim olahraga, tahun pendirian atau bahkan simbol atau logo khusus.
  • Bordir pada jaket varsity memberikan sentuhan personalisasi dan identitas yang unik pada jaket tersebut.

Jaket Varsity Jaket Varsity

Sumber : https://www.uniqlo.com/, https://www.lazada.co.id/

Fungsi Bordir Pada Jaket Varsity

Berbicara tentang jaket varsity, jadi bordir yang ditambahkan pada jaket inipun secara keseluruhan tidak hanya berfungsi sebagai ornamen dekoratif, tetapi juga memiliki beberapa fungsi lain. Berikut adalah beberapa fungsi utama bordir pada jaket varsity yang penting kamu ketahui.

1. Sebagai Elemen Dekoratif

Sebagai elemen dekoratif nilai-nilai keindahan dari bordir secara visual bisa dilihat dari bentuk ragam hias yang ditampilkan untuk menambah unsur estetika pada jaket varsity.

  • Bordir yang kreatif dapat memberikan karakter khusus pada jaket dan menciptakan penampilan yang lebih menarik.
  • Penggunaan benang dengan berbagai tekstur dan teknik bordir pada jaket varsity dapat menghasilkan karya seni yang menarik dan detail.

Jaket Varsity

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Identifikasi Sekolah/Universitas

Bordir sering digunakan untuk menampilkan nama sekolah atau universitas, memberikan identitas jelas terkait asal jaket varsity. Beberapa bordir mungkin mencakup tahun pendirian sekolah atau universitas, menambahkan elemen sejarah pada jaket tersebut.

  • Logo institusi pendidikan merupakan simbol utama yang sering dijadikan bordir pada jaket varsity.
  • Logo tersebut dapat digunakan sekaligus untuk mengidentifikasi jaket dengan sekolah atau universitas tertentu.

Jaket Varsity

Sumber : https://jpressonline.com/

3. Identifikasi Tim Olahraga

Jika jaket varsity dibuat untuk tim olahraga, bordir dapat mencakup inisial tim, logo tim, atau simbol khusus yang terkait dengan prestasi olahraga. Seseorang bahkan juga dapat menambahkan nama mereka, inisial, atau bahkan nomor yang memiliki makna khusus bagi mereka.

4. Penghargaan atau Prestasi

Jaket varsity sudah menjadi sebuah lambang olahraga di Amerika. Bahkan di masa lalu bordir pada jaket tersebut dapat mencakup simbol atau tulisan yang menandakan prestasi tertentu, seperti “Atlet Terbaik” atau “Juara Pertandingan”.

  • Varsity letter dianggap sebagai sebuah tanda patriotik seorang mahasiswa bagi kampusnya dan hanya atlet terbaik yang dapat memakainya karena begitu sakralnya arti dibaliknya.
  • Varsity letter biasa disematkan di bagian dada kiri jaket. Untuk warnanya sendiri kebanyakan dibuat kontras dengan warna utama jaket.
    • Bordir huruf pada jaket varsity biasanya merupakan singkatan dari universitas atau sekolah.
    • Untuk universitas Harvard misalnya bordiri inisial yang dipakai umumnya berupa huruf H.
  • Varsity letter menjadi simbol kehormatan atau prestasi tertentu yang dicapai oleh atlet. Untuk mendapatkan varsity letter, para atlet harus menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.prefacewearhouse.com/

Sementara para fans atau pendukung tim oahraga dapat mengunakan jaket varsity yang dibuat tanpa tambahan varsity letter sebagai lambang kebanggaan untuk mendukung tim kesayangannya.

5. Memperkuat Kesatuan Tim atau Komunitas

Jika jaket varsity digunakan oleh anggota tim atau kelompok tertentu, bordir yang ditambahkan pada jaket diharapkan dapat memperkuat rasa persatuan, semangat dan identitas bersama.

  • Elemen-elemen seperti logo, inisial atau simbol tertentu pada jaket varsity dapat memberikan kesan solidaritas dan rasa persatuan di antara mereka yang mengenakan jaket tersebut.
  • Bordir dapat membuat anggota tim atau organisasi lebih mudah dikenali oleh orang lain.
  • Dengan mengenakan jaket yang memliki bordir serupa mereka bisa merasa saling terhubung satu sama lain.

Beberapa institusi atau tim yang memiliki maskot atau karakter khusus bisa juga menambahkan maskot tersebut sebagai simbol bordir pada jaket untuk menambahkan elemen keunikan dan keceriaan.

Terkait dengan aplikasinya pada jaket varsity bordir logo, inisial atau simbol tertentu pada jaket varsity umumnya dapt ditambahkan dengan berbagai macam cara. Mulai dari bordir dengan menggunakan mesin maupun bordir manual.

  • Bordir menggunakan mesin merupakan bordir yang biasa dibuat dengan bantuan mesin (baik itu mesin jahit biasa, mesin bordir listrik dan juga mesin bordir komputer).
  • Selain menggunakan mesin, kamu pun juga bisa membuat bordir manual pada jaket varsity yang pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan tangan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fungsi penting dari bordir yang biasa ditambahkan pada jaket varsity. Selain menjadi cara kreatif untuk menonjolkan kepribadian atau afiliasi dengan komunitas tertentu, bordir pada jaket varsity bisa juga digunakan sebagai simbol penghargaan atau prestasi.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket varsity?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan bahan Kain Baby Terry, Kain Taslan, Kain Parasut, Kain Micro, Kain Mayer dan Kain Despo  yang kami miliki.

Download juga Pola Jaket Varsity siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket varsity sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Tapi kalau kamu ingin mengetahui lebih detail lagi tentang cara pembuatan jaket varsity maka kamu bisa menyimak kembali pembahasan mengenai cara Membuat Pola Jaket Varsity pada artikel Fitinline terdahulu.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.