Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fakta Menarik Tentang…

5 Fakta Menarik Tentang Warna Cobalt Blue dan Aplikasinya di Dunia Fashion

Tahukah kamu bahwa selain Indigo, Ultramarine, Cyan, Navy dan Azure, terdapat pula variasi warna biru yang dikenal dengan nama cobalt blue / warna biru kobalt lho. Untuk mengetahui seperti apa awal mula penemuan cobalt blue / warna biru kobalt dan aplikasinya dalam dunia fashion simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Cobalt Blue

Warna cobalt blue / warna biru kobalt sendiri merupakan turunan dari pigmen biru yang memiliki tampilan cerah dan cukup keren untuk dipakai sehari-hari. Layaknya unsur warna yang lain, warna cobalt blue / warna biru kobalt ini sebenarnya juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://za.pinterest.com/

Fakta Menarik Cobalt Blue

Mau tau apa saja fakta menarik yang dimiliki warna cobalt blue / warna biru kobalt ini?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu simak pembahasan berikut yuk.

1. Ditemukan Pada Tahun 1802

Secara historis pigmen biru dengan istilah cobalt pertama kali ditemukan oleh Louis Jacques Thenard pada tahun 1802 dan diproduksi komersial sebagai bahan pewarna pada 1807 di Perancis.

2. Dibuat Dari Garam Kobalt Alumina

Warna cobalt blue / warna biru kobalt sendiri dibuat menggunakan garam kobalt alumina, kobalt (II) oksida-aluminium oksida atau kobalt (II) aluminate CoAl2O4. Cobalt blue / warna biru kobalt ini lebih muda dan kurang intens ketimbang pigmen biru Prusia (berbasis besi-sianida).

3. Termasuk Kedalam Warna Tua

Cobalt blue / warna biru kobalt termasuk ke dalam jenis warna biru tua yang cerah. Tapi tentu saja warna ini secara umum memiliki perbedaan dengan warna ultramarine yang bercampur dengan pigmen ungu meski hanya sedikit.

4. Memiliki Tampilan Yang Sejuk

Sekalipun termasuk ke dalam jenis warna tua, warna cobalt blue / warna biru kobalt sebenarnya memiliki tampilan yang menyejukkan, sedikit desaturated warna biru. Dengan karakteristiknya yang sejuk warna inipun cocok dipakai untuk semua warna kulit.

5. Warna Cobalt Blue Dalam Fashion

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia fashion, warna cobalt blue / warna biru kobalt sendiri  dapat dipadupadankan dengan beberapa warna lainnya seperti coklat, merah, hitam dan putih.

  • Kombinasi warna cobalt blue / warna biru kobalt dengan warna coklat akan memberikan kesan elegan dan classy.
  • Kombinasi warna cobalt blue / warna biru kobalt dengan warna merah akan memberikan kesan berani, bersemangat, memiliki tekad, bijaksana dan penuh kepercayaan diri.
  • Kombinasi warna cobalt blue / warna biru kobalt dengan warna hitam akan memberikan kesan kesan antik dan klasik.
  • Kombinasi warna cobalt blue / warna biru kobalt dengan warna putih akan menciptakan kesan yang segar dan natural.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain dipadupadankan dengan warna di atas, warna cobalt blue / warna biru kobalt ini juga akan terlihat cantik jika dikombinasikan dengan warna pink, kuning, hijau neon, tosca, hijau lumut, abu-abu dan warna lainnya.

  • Warna pink yang dikaitkan dengan sifat-sifat dan hal-hal feminin merupakan warna yang diperoleh dari perpaduan antara warna merah dan putih.
  • Warna kuning merupakan warna cerah yang melambangkan keceriaan dan kebahagiaan.
  • Hijau neon merupakan warna hijau yang sangat terang. Karena memiliki tone yang menantang warna ini banyak mencuri perhatian mata.
  • Tosca (bahasa Inggris: Turquoise) merupakan suatu corak warna yng didapat dari perpaduan antara biru yang sedikit kehijau-hijauan.
  • Hijau lumut merupakan suatu corak warna hijau kecokelatan yang menyerupai warna lumut kerak.
  • Abu-abu merupakan warna yang dibuat dari campuran warna putih dan hitam. Spektrum keduanya bisa dibilang tidak gelap tapi juga tidak terang.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://id.pinterest.com/

Padupadan Outfit Cobalt Blue

Tertarik untuk memasukan unsur cobalt blue / warna biru kobalt ke dalam gaya penampilan kamu?. Buat kamu yang mau mencobanya berikut beberapa inspirasi fashion dengan warna cobalt blue / warna biru kobalt yang bisa kamu tiru.

Pertama kamu bisa menggunakan celana berwarna cobalt blue / warna biru kobalt dengan sleveless top yang dibuat dalam warna merah, lalu tambahkan aksesoris berupa kalung yang juga mengandung unsur cobalt blue / warna biru kobalt agar tampilan yang dihasilkan tidak terkesan polos.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kedua kamu bisa menggunakan rok berbahan sheer atau menerawang yang dibuat dalam warna cobalt blue / warna biru kobalt dengan blus simple yang dibuat dari bahan bermotif misalnya saja motif floral untuk menambah kesan anggun pada penampilan.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://za.pinterest.com/

Untuk menciptakan look yang anggun dan elegan saat menghadiri acara resmi atau pesta, anda bisa mencoba dress dengan warna cobalt blue / warna biru kobalt yang didesain dalam model simple dengan high heels warna putih.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://www.amazon.com/

Berikutnya untuk kamu yang mau tampil lebih feminim saat hangout atau kencan, coba juga padupadankan sweater cobalt blue / warna biru kobalt dengan rok plisket atau rok A-line sepanjang lutut yang dibuat dari bahan berwarna putih.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tapi kalau kamu ingin tampil lebih stand out dan cerah kamu bisa mencoba kombinasi rok yang berwarna cobalt blue / warna biru kobalt dengan sweater kuning.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://id.pinterest.com/

Buat penyuka gaya layering, kamu bisa memadupadankan blazer cobalt blue / warna biru kobalt dengan kaos bermotif stripe dan juga celana hitam yang berpotogan slim fit. Setelahnya tinggal tambahkan aksesoris seperti kacamata dan clutch agar penampilanmu makin modis.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara lain padupadankan blus cobalt blue / warna biru kobalt dengan celana polos yang berwarna putih dan jaket kulit. Setelahnya tambahkan pula boots dan tas yang sesuai dengan personal style kamu.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://za.pinterest.com/

Untuk outfit yang keren saat ke kantor coba juga padupadankan blazer yang dibuat dalam warna cobalt blue / warna biru kobalt dengan blus putih dan celana yang berwarna sama yakni cobalt blue / warna biru kobalt atau celana yang cenderung gelap seperti hitam.

Warna Cobalt Blue

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain menerapkan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengenakan cobalt blue / warna biru kobalt ini agar semakin elegan. Untuk mengasah kreatifitas kamu bisa bereksperimen sendiri dengan koleksi baju yang kamu miliki. 

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta unik dan menarik seputar warna cobalt blue / warna biru kobalt yang dapat kami bagikan untuk kamu. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan kamu tentang unsur warna jadi semakin bertambah.

Butuh bahan pewarna batik berkualitas dengan harga murah untuk mewarnai kain?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Pewarna Kain Sintetis yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.