Article

Homepage Article Kain 8 Fakta Menarik Tentang…

8 Fakta Menarik Tentang Serat Rayon di Baju Yang Kamu Pakai

Dikenal sebagai salah satu jenis serat semisintetis yang umum digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain, serat rayon ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Berikut beberapa fakta tentang serat rayon yang perlu anda ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Serat Rayon

Serat rayon merupakan salah satu jenis polimer turunan yang dibuat dari reaksi antara selulosa dengan NaOH dan CS2. Dalam industri tekstil, kain yang dibuat dari serat rayon ini dikenal juga sebagai sutra buatan  karena tampilannya terlihat berkilau serta tidak akan mudah kusut.

Serat Rayon

Sumber : https://www.textileinfomedia.com/

Fakta Menarik Serat Rayon

Sama halnya dengan serat sintetis / serat buatan lainnya yang diciptakan untuk pelengkap kebutuhan manusia, serat rayon sendiri sebenarnya juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri. Beberapa diantaranya:

1. Dikembangkan Ilmuwan Perancis

Serat rayon merupakan serat buatan yang berhasil diciptakan dan dikembangkan oleh seorang ilmuwan Perancis, bernama Louis Pasteur dan Cout Hilaire de Chardonnet (1839-1924). Serat rayon tersebut dibuat untuk menghadapi ancaman penyakit ulat sutra yang dapat menghancurkan industri kain sutra di Perancis.

Ide awal pembuatan serat rayon muncul ketika terjadi serangan penyakit pada ulat sutera 1860. Berkat kerja keras keduanya, pada tahun 1885 Louis Pasteur dan Cout Hilaire de Chardonnet akhirnya berhasil menemukan serat dari pulp kayu yang saat ini kita kenal dengan nama rayon.

Serat Rayon Serat Rayon

Sumber : https://www.britannica.com/, https://alchetron.com/

2. Asal Muasal Nama Rayon

Istilah “rayon” sendiri diambil dari kata “ray” yang merujuk pada bentuk kain berkilauan. Untuk menunjukkan kain rayon sebelumnya para produsen lebih dulu menggunakan kata “sutra artifisial”, karena memang rayon ini didesain sedemikian rupa agar mirip dengan sutra.

3. Termasuk Serat Semisintetis

Serat rayon sendiri termasuk ke dalam jenis serat semi sintetis yang dihasilkan dari regenerasi selulosa, jadi tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya. Sumbernya yaitu berasal dari pulp kayu yang di larutkan.

  • Ketika pertama kali diciptakan, rayon secara langsung dibuat menggunakan bahan dasar nitroselulose dari bubur kayu yang dihasilkan tiga spesies pohon, yakni pinus, hemlock dan cemara.
  • Karena alasan itulah meskipun bahan dasarnya bagian dari tumbuhan rayon bukanlah berasal dari serat alami atau murni serat sintetis.

Serat Rayon

Sumber : https://www.fibre2fashion.com/

4. Memiliki Daya Serap Yang Tinggi

Serat rayon diketahui memiliki daya serap yang tinggi terhadap berbagai jenis bahan pewarna bahkan keringat.

  • Serat rayon mudah menyerap pewarna dengan lebih efisien dari pada kapas, jadi pewarna apa pun yang ditambahkan ke kain dapat muncul dengan mudah.
  • Selain itu keringat pun akan mudah diserap ke dalam rayon sehingga kain yang dibuat dari serat ini terasa lebih sejuk dari pada jenis pakaian lainnya.

5. Dapat Dicampur Serat Lain

Untuk menghasilkan bahan kain yang kuat, serat rayon seringkali dicampur dengan bahan kimia dan dikombinasikan dengan serat lain seperti serat katun, spandek dan juga PE (polyester).

  • Kombinasi antara serat rayon dan serat katun menghasilkan kain katun rayon yang cukup nyaman ketika digunakan dengan harga yang terjangkau.

Serat Rayon

Sumber : https://www.inouiprint.com/

  • Kombinasi antara serat rayon dan serat spandek menghasilkan kain spandek rayon yang banyak digunakan sebagai pakaian olahraga, kaos dan juga jilbab.

Serat Rayon

Sumber :  https://shopee.co.id/

  • Kombinasi antara serat rayon dan serat PE (polyester) menghasilkan kain rayon PE. Tetapi biasanya semakin tinggi kandungan polyester maka kualitasnya akan semakin rendah.

Serat Rayon

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Selain dikombinasikan dengan beberapa jenis serat seperti yang sudah disebutkan di atas, terdapat pula variasi kain rayon lainnya yang memiliki tekstur berkerut sehingga cukup unik yakni rayon crinkle.

Serat Rayon

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Punya Banyak Keunggulan

Sebagai salah satu jenis serat buatan yang cukup populer di berbagai industri, serat rayon umumnya memiliki karakteristik yang sangat khas dan berbeda dengan jenis-jenis serat yang sudah ada sebelumnya.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan rayon diantaranya:

  • Serat rayon  mempunyai unsur kimia karbon, oksigen dan hidrogen.
  • Dalam keadaan kering, serat rayon merupakan isolator listrik yang baik.
  • Memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun.
  • Tekstur dan permukaan bahannya halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit.
  • Sangat nyaman dipakai dan mudah untuk diwarnai.
  • Warna yang dihasilkan tampak cerah karena proses penawarannya lebih mudah.
  • Kilau alaminya tinggi, tidak mudah kusut dan cenderung licin menyerupai sutra.

Serat rayon juga diketahui memiliki kemampuan untuk membuat pakaian lebih “breathable” atau bernafas dengan baik sehingga saat digunakan akan terasa sejuk, adem dan tidak panas di tubuh.

7. Kekurangan Serat Rayon

Dibalik sejumlah keunggulan yang dimilikinya serat rayon sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan, beberapa diantaranya:

  • Pemulihan elastis (retensi bentuk) serat rayon terbilang sangat rendah karena serat ini tidak dapat kembali kedalam bentuk dan penampilan aslinya secara cepat.
  • Kain yang dibuat dari serat rayon tidak sekuat rami atau katun alami sehingga mudah rusak jika terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama atau basah.

8. Pemanfaatan Rayon Saat Ini

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, di industri tekstil rayon kerap digunakan secara luas untuk bahan pakaian dan perlengkapan busana. Selain itu bahan rayon juga biasa dipakai sebagai bahan untuk membuat alat rumah tangga seperti sprei, selimut dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik mengenai serat rayon yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mengenal jenis-jenis serat yang biasa digunakan untuk membuat pakaian maupun keperluan lain.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tidaklah mengherankan jika sampai saat ini bahan kain yang dibuat dari serat rayon (baik itu murni rayon atau rayon yang dikombinasikan dengan serat lain) masih menjadi salah satu bahan pilihan untuk membuat hampir segala jenis pakaian terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Butuh bahan kain rayon berkualitas untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain rayon yang kami miliki.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak referensi tentang serat alam maupun jenis serat lainnya yang lebih beragam dalam dunia tekstil simak juga pembahasan mengenai 8 Jenis Serat Kain Alami dan Buatan Di Baju Yang Anda Pakai.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.