Article

Homepage Article Kain 5 Cara Pemanfaatan Pakaian…

5 Cara Pemanfaatan Pakaian Bekas Untuk Media Tanam

Punya banyak pakaian bekas yang sudah lama tidak terpakai dan dibiarkan menumpuk di dalam almari?. Dengan menggunakan metode recycle, pakaian yang tidak layak pakai tersebut faktanya masih bisa dimanfaatkan menjadi barang yang lebih berguna lho, salah satunya yakni sebagia media tanam.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pakaian Bekas

Pakaian bekas merupakan sejenis pakaian yang sudah pernah dipakai sebelumnya.

  • Pakaian bekas biasanya tidak dapat didaur ulang secara efektif dan banyak yang berakhir di tempat pembuangan sampah.
  • Pakaian bekas umumnya memiliki berbagai tingkat kualitas yang berbeda-beda tergantung pada kondisi dari pakaian itu sendiri.

Meski kerap dipandang sebelah mata dan terdengar aneh tapi nyatanya pakaian bekas yang biasa diaggap sebagai limbah kini bisa diubah menjadi media tanam yang unik dan menarik lho. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan pakaian bekas tersebut untuk media tanam bunga, bonsai, buah-buahan, sayur-sayuran dan sebagainya.

Pemanfaatan Pakaian Bekas

Mau tahu bagaimana cara pemanfaatan pakaian bekas untuk media tanam?. Berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat media tanam dari pakaian bekas.

1. Kreasikan Menjadi Taman Vertikal

Pertama buatlah kantung-kantung tanaman dari pakaian bekas terutama jaket denim atau pakaian lain yang bahannya sama kuat untuk membuat taman vertikal. Kantung-kantung ini nantinya bisa kamu pakai untuk menanam tanaman hias dan sayuran hijau.

Cara membuatnya yaitu potong pakaian bekas yang bahannya paling lebar misal di bagian punggung untuk alas kantung tanaman. Jika sudah sekarang potong lagi beberapa bahan kain untuk membuat kantung tanaman.

Tempelkan potongan-potongan kain yang lebih kecil pada bagian baik kain yang lebih lebar kemudian jahit serapi mungkin biar lebih menarik. Jika sudah sekarang tambahkan tali untuk menggantungkan kantung tanaman tersebut di dinding.

Media Tanam

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Bentuk Menjadi Pot Tanaman

Kamu juga bisa menggunakan pakaian bekas untuk membuat berbagai macam pot atau wadah tanaman yang unik. Caranya yaitu siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari, pakaian bekas, semen, kuas, cat, lem, air, ember sebagai media cetakan, wadah, plastik pembungkus cetakan dan gunting.

Sementara untuk membuat pot tanaman dari pakaian bekas kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Potong pakaian bekas sesuai pola yang kamu inginkan lalu beri lubang kecil pada tengah kain sebagai saluran air pada pot.
  • Campuran bahan baku utama untuk pembuatan adonan pot yang terdiri dari semen, lem dan air secukupnya.
  • Celupkan pakaian bekas yang sudah dipotong ke adonan semen sampai terlumuri adonan semen secara merata.
  • Lapisi ember yang akan digunakan sebagai media cetak pot tanaman dengan plastik kemudian letakkan pakaian bekas yang telah tercampur pada adonan semen di atasnya.
  • Bentuk pot sesuai pola yang kamu inginkan kemudian jemur pakaian bekas tersebut di bawah sinar matahari hingga mengering dengan sendirinya. Lapisi pot dengan adonan semen sebagai layer kedua untuk memperkuat
  • dan memperkokoh struktur pot lalu jemur kembali di bawah sinar matahari.
  • Warnai pot yang sudah kering dengan menggunakan cat berwarna cerah lalu tunggu hingga cat benar-benar kering.
  • Sampai di sini pot dari pakaian bekas sudah selesai di buat dan bisa kamu pakai untuk menanam bunga dan juga berbagai jenis tanaman lain.

Media Tanam

Sumber : https://artsyprettyplants.com/

3. Ubah Pakaian Bekas Menjadi Kompos

Berikutnya kamu bisa mengubah atau menggunakan kembali pakaian bekas menjadi kompos dari pada membuangnya ke tempat sampah. Tapi ingat jika kamu ingin membuat kompos dari pakaian, pastikan pakaian tersebut terbuat dari bahan alami dan ramah lingkungan.

  • Kamu hanya dapat membuat kompos dari pakaian yang bahan dasarnya berupa serat alami seperti katun, sutra, rami, linen dan wol.
  • Selama seminggu hingga satu tahun bahan tersebut nantimnya akan terurai secara hayati dan menyatu dengan tanah.

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat kompos dari pakaian bekas yaitu:

  • Siapkan pakaian bekas yang terbuat dari serat alami seperti halnya katun, sutra, rami, linen dan wol.
  • Singkirkan elemen pakaian yang tidak dapat terurai seperti retsleting, kancing dan detail lain yang ada pada pakaian.
  • Robek pakaian bekas menjadi potongan-potongan kecil kemudian masukkan ke dalam tumpukan kompos.
  • Jika sudah kamu bisa menggunakan bahan tersebut sebagai media tanam.

Hal terpenting yang perlu diingat yaitu pastikan potongan pakaian yang kamu tambahkan tidak lebih banyak dari bahan kompos (maksimal hanya sebanyak 25 persen dari bahan kompos).

Media Tanam

Sumber : https://gippslandunwrapped.com/

4. Gunakan Sebagai Dekorasi Taman

Untuk kamu yang menyukai hal-hal unik, kamu bisa memanfaatkan pakaian bekas sebagai dekorasi taman. Caranya yaitu siapkan celana jeans, jaket atau kaos bekas. Jika sudah sekarang gunakan pakaian beas tersebut untuk membungkus pot biar tampilannya jadi lucu.

Media Tanam

Sumber : https://www.theapollobox.com/

5. Gunakan Untuk Media Tanam Hidroponik

Alternatif lain gunakan pakaian bekas sebagai media tanam dengan sistem hidroponik. Dalam hal ini pakaian tersebut bisa kamu fungsi untuk menyalurkan nutrisi yang dilarutkan dalam air agar bisa naik dan mencapai akar-akar tumbuhan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memodifikasi pakaian bekas yang tidak terpakai menjadi lebih fungsional. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi kamu buat lebih kreatif dalam memanfaatkan pakaian bekas yang biasanya hanya dianggap sebagai limbah tak berguna ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.