Article

Homepage Article Tenun/Lurik 4 Cara Melemaskan Kain Songket…

4 Cara Melemaskan Kain Songket Yang Kaku Agar Nyaman Dipakai

Punya kecintaan tersendiri dengan kain songket tapi masih merasa kurang percaya diri untuk mengenakannya lantaran kin songket yang dijual di pasaran kerap terasa kaku dan berat?. Untuk mensiasati hal tersebut simak yuk tips melemaskan kain songket yang kaku biar nyaman dipakai.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Songket

Kain songket merupakan wastra Indonesia yang telah lama menjadi bagian terpenting dalam tata busana Sumatera Barat atau Minangkabau. Prinsip pembuatannya sendiri biasa dilakukan dengan cara menyungkit untuk menambahkan benang emas atau perak agar tampilannya tampak lebih indah dan mewah.

  • Kain songket umumnya dibuat dengan cara ditenun menggunakan benang pakan dan lungsin.
  • Benang pakan merupakan benang yang posisinya bebas dan terletak mendatar pada bahan kain.
  • Benang lungsin terikat pada alat tenun dan posisinya tegak lurus atau vertikal pada selembar kain.
  • Pembentukan corak atau motif pada kain songket sendiri biasanya dilakukan menggunakan teknik anyaman dari benang pakan.

Kain Songket

Sumber : https://shopee.co.id/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain songket sendiri biasanya banyak dikenakan sebagai pakaian adat dari acara-acara resmi bahkan dipajang sebagai tapestry / hiasan dinding untuk menciptakan karya seni yang indah.

Kain Songket

Sumber : https://shopee.co.id/

Tapi karena kain songket sendiri termasuk ke dalam jenis kain yang kerap terasa kaku dan berat maka penggunaannya juga harus disiasati sedemikian rupa agar kain songket bisa tetap nyaman dan memberi kesan stylish saat dipakai.

Cara Melemaskan Kain Songket

Mau tahu bagaimana cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk melemaskan kain songket yang kerap terasa kaku dan berat saat dipakai?. Lebih jelasnya langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Mencuci Kain Songket

Cara pertama yang perlu kamu lakukan untuk melemaskan kain songket yang kaku yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu secara manual menggunakan tangan dan detergent berbahan lembut untuk membantu kain songket menjadi lemas dan lebih mudah digunakan.

Kalau setelah dicuci kain songket yang kamu miliki belum juga lemas kamu bisa mencuci ulang kain tersebut supaya teksturnya tidak begitu kaku kemudian menjemurnya dengan cara diangin-anginkan di ruangan terbuka yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

2. Setrika Kain Songket

Sesudah dicuci dan dikeringkan, setrika kain songket dengan menambahkan selembar kain lain yang lebih tipis untuk mencegah terjadinya kontak langsung antara permukaan kain songket dan permukaan setrika. Selain itu pastikan suhu yang kamu pakai untuk menyetrika juga tidak terlalu panas.

  • Saat menyetrika kain songket pastikan kamu menaruh kain tipis sebagai alas atau pembatas di antara kain songket dan seterika.
  • Penggunaan kain ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan serat kain dan perubahan warna benang akibat suhu setrikanya terlalu panas.

3. Simpan Dengan Cara Digulung

Setelah di seterika kamu bisa menyimpan kain songket dengan cara menggulungnya (bukan dilipat). Penyimpanan dengan cara digulung ini perlu kamu lakukan untuk mencegah kain songket menjadi lebih kaku dan lecek ketika diambil.

  • Hindari melipat kain songket yang sudah disetrika karena hal ini bisa meninggalkan bekas lipatan yang merusak keindahan kain hingga menyebabkan benang-benang pada kain terputus.
  • Selain mencegah terjadinya kerusakan, kain songket ini juga sebaiknya disimpan dengan cara dilipat untuk menghemat tempat penyimpanan di dalam lemari.

4. Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Untuk memastikan kain songket berada dalam keadaan aman, tidak lembab dan dimakan ngengat, lakukan pengecekan keadaan kain secara rutin 2 minggu sekali.

Sementara untuk cara stylingnya kamu bisa menerapkan beberapa trik sederhana sebagai berikut.

  • Hindari Terlalu Banyak Lipatan

Untuk mengkreasikan kain songket menjadi sebuah rok sebaiknya hindari penggunaan kain yang tertalu banyak lipatan. Cara ini efektif untuk ciptakan tampilan kain yang lebih ramping dan tidak menggembung.

  • Ikat Dengan Tali atau Pita

Untuk mengencangkan rok dan menahan posisinya agar tidak bergeser kamu bisa mengandalkan pita atau tali. Tapi ingat jangan lupa untuk menyisipkan tali ke bagian dalam sehingga tampilannya tidak terlihat dan kain songket bisa terlihat cantik saat digunakan.

Selain dikenakan dengan cara di lilitkan ke bagian tubuh seperti sarung, kain songket bisa juga dikenakan dengan cara disampirkan ke bahu, dikenakan sebagai destar, kain samping dan juga tanjak (hiasan ikat kepala) untuk para pria.

Kain Songket

Sumber : https://anabati.com/

Berikut adalah beberapa cara memakai kain songket sebagai selendang yang bisa kamu coba:

  • Selendang Panjang

Untuk mengenakan kain songket sebagai selendang panjang pertama lipat kain songket secara memanjang hingga ukurannya jadi lebih ramping. Setelahnya kamu bisa menyelempangkannnya melintasi bahu dan membiarkan ujungnya menggantung di depan atau di samping.

  • Selendang di Bahu

Untuk mengenakan kain songket sebagai selendang bahu lipat kain songket menjadi selendang yang lebih lebar. Setelahnya letakkan kain songket tersebut di atas bahu dan biarkan ujungnya menggantung di belakang bahu.

  • Selendang di Tangan

Untuk mengenakan kain songket sebagai selendang tangan kamu bisa melingkarkan kain songket di sekitar lengan atau menggulungnya di pergelangan tangan.

Kain Songket

Sumber : https://kumparan.com/

Sementara kalau kamu ingin memakai kain songket sebagai kain samping untuk pria kamu bisa melilitkan kain songket ini seperti layaknya sarung.

  • Bila kamu ingin memadupadankannya dengan baju cekak musang, kamu bisa memakai kain samping di bagian luar baju.
  • Bila kamu ingin memadupadankannya dengan baju teluk belanga, kamu bisa memakai kain samping di  bagian dalam baju.

Kain Songket

Sumber : https://id.pinterest.com/

Hal lain yang perlu kamu perhatikan jika ingin menggunakan kain songket sebagai kain samping yaitu:

  • Untuk yang belum menikah kenakan kain songket yang panjangnya di atas lutut.
  • Sedangkan kalau sudah menikah kenakan kain songket yang panjang sampai bawah lutut.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melemaskan kain songket yang kerap kali terasa kaku dan berat. Semoga informasi yang kami bagikan juga bisa memberi kemudahan buat kamu dalam mengkreasikan kain songket ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.