Article

Homepage Article Batik 3 Jenis Malam (Lilin) Batik…

3 Jenis Malam (Lilin) Batik dan Fungsinya

Menutup bidang kain mori dengan lilin batik merupakan salah satu proses paling penting yang wajib dilakukan dalam pembuatan batik. Tujuan utama dilakukannya proses ini yaitu agar motif batik dapat terbentuk ketika pewarnaan berlangsung.

Malam yang dipergunakan untuk membatik pun berbeda dengan malam atau lilin biasa. Sebab malam batik ini pada prinsipnya tidak akan habis (hilang) ketika digunakan untuk membuat batik dan dapat diambil kembali usai proses pembuatan batik berakhir. 

Jenis-Jenis Malam Batik

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Komposisi malam yang dihasilkan dari daerah satu dengan daerah lain bisa saja berbeda karena sedikit banyak dipengaruhi oleh sifat bahan sebagai unsur pencampuran lilin seperti parafin, gondorukem, lemak bintang, atau minyak nabati. Dalam pembuatannya pun lilin malam juga memiliki kriteria khusus yang berbeda.

Jenis-Jenis Malam Batik

Sumber : http://www.apca-az.org/

Kalau berdasarkan jenis dan kegunaannya lilin atau malam batik sendiri dapat di bagi menjadi beberapa varian, diantaranya malam klowong, malam tembokan, dan juga malam biron.

  • Malam klowong berfungsi untuk untuk nglowongi atau pelekatan pertama pada motif yang sudah dibuat (mempertegas pola). Lilin dengan jenis klowong ini memiliki sifat mudah sekali encer dan membeku.

Jenis-Jenis Malam Batik

Sumber : https://fitinline.com/

  • Malam tembokan atau popokan berfungsi untuk mengisi bidang yang luas pada sebuah pola agar kain yang bergambar motif dapat dirintangi. Lilin jenis tembokan ini memiliki daya lekat yang kuat dan tidak mudah remuk.

Jenis-Jenis Malam Batik

Sumber : https://fitinline.com/

  • Malam biron atau malam tutupan berfungsi untuk menutupi warna motif tertentu yang dipertahankan pada kain setelah dicelup atau dicolet. Lilin ini memiliki sifat seperti lilin klowong, mudah cair dan membeku.

Dengan memanfaatkan dua sifat bahan yang saling bertolak belakang dan tidak dapat menyatu seperti halnya malam yang mengandung minyak dan pewarna yang mengandung air, bahan kain yang diberi lilin pun secara otomatis tidak bisa ditembus oleh pewarna.

Jenis-Jenis Malam Batik

Sumber : http://nasional.republika.co.id/

Bagus tidaknya komposisi dan kualitas bahan lilin yang digunakan dalam proses pembatikan sangat berpengaruh pada kualitas kain batik yang dihasilkan. Oleh karena itulah penting bagi anda untuk memilih malam dengan kualitas terbaik jika ingin mendapatkan kain batik yang bagus kualitasnya. 

Jenis-Jenis Malam Batik

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari lilin batik berkualitas dengan harga murah untuk membuat batik?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Malam Batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.