Article

Homepage Article Fashion Muslim 3 Cara Merawat Inner Hijab…

3 Cara Merawat Inner Hijab Biar Nggak Mudah Melar dan Rusak

Dikenal sebagai salah satu pelengkap penting yang diperlukan oleh para hijabers untuk membuat tampilan hijab jadi lebih rapi, setiap inner hijab mungkin memerlukan cara perawatan yang berbeda bergantung pada bahan yang digunakan untuk membuatnya lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Inner Hijab

Inner hijab dapat didefinisikan sebagai penutup kepala yang biasa dikenakan di bawah hijab oleh para wanita muslimah. Selain membuat tampilan hijab jadi lebih rapi, inner hijab pada prinsipnya juga memiliki banyak manfaat lain seperti:

  • Menutup bagian rambut agar lebih rapi dan tidak berantakan saat berhijab.
  • Menjaga hijab agar tidak mudah bergeser karena bersentuhan dengan rambut yang licin.
  • Membentuk siluet yang bagus pada penggunaan hijab serta memberi bentuk yang indah pada Menyamarkan bentuk wajah sehingga diperoleh tampilan yang lebih seimbang.
  • Menyerap keringat dan menjaga kelembaban kulit kepala, sehingga mampu meminimalisir timbulnya ketombe dan membuat kulit kepala tetap nyaman.

Inner Hijab

Sumber : https://nobby.co.id/

Tapi ingat karena inner hijab sendiri menjadi pakaian pertama yang menyentuh kulit kepala dan sangat rentan terkena keringat maupun kotoran rambut, maka inner hijab tersebut perlu dirawat dengan cara yang tepat untuk mempertahankan kebersihannya.

Inner Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Cara Merawat Inner Hijab

Berbicara mengenai inner hijab, lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat sebuah inner hijab?. Kalau kamu termasuk hijabers yang suka memakai inner hijab dari bahan kaos, bahan rajut dan juga renda, kamu perlu banget mencoba tips berikut ini.

1. Inner Hijab Bahan Kaos

Inner hijab dari bahan kaos termasuk ke dalam jenis inner hijab yang memiliki tekstur lentur sehingga mudah mengikuti bentuk wajah dan kepala. Untuk merawat inner hijab dari bahan kaos ini beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Pertama-tama pisahkan inner hijab dari bahan kaos dengan pakaian lain.
  • Sebelum mulai mencuci, rendam inner hijab selama 5 menit dalam campuran air dan sabun mandi untuk memudahkan proses pencucian.
    • Dari pada menggunakan detergen berbahan keras, sabun mandi dinilai lebih aman untuk inner hijab dari bahan kaos.
    • Selain merusak bahan kaos, penggunaan detergen yang keras juga beresiko menyebabkan iritasi pada kulit kepala yang sensitif.
  • Gosok lembut inner hijab dari bahan kaos dengan tangan untuk membersihkan kotoran atau noda pada inner hijab secara menyeluruh. Setelah itu dengan air bersih hingga sisa busa sabun benar-benar hilang.
  • Supaya tetap harum, rendam inner hijab dari bahan kaos dalam campuran air dan pewangi selama 10-15 menit sebelum dijemur.
  • Peras air dari inner hijab dengan lembut dan jangan ditekan terlalu keras agar tidak merusak bentuk inner hijab.
  • Terakhir jemur inner hijab di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung supaya warnanya nggak berubah jadi kusam.
  • Untuk pengeringan ciput lebih lanjut, kamu juga bisa menyetrika inner hijab dalam posisi terbalik agar panas setrika tidak merusak warna inner hijab.

Inner Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Inner Hijab Bahan Rajut

Inner hijab dari bahan rajut termasuk ke dalam jenis inner hijab yang tebal, tidak mudah mengendur, bahannya lembut, tidak bikin gerah dan pusing. Untuk merawat inner hijab dari bahan rajut ini beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Untuk mencuci inner hijab dari bahan rajut, siapkan wadah yang sudah diisi dengan campuran air dan sabun. Jenis sabun yang digunakan pun sebaiknya sabun mandi atau sabun bayi yang lebih lembut.
  • Rendam inner hijab selama beberapa saat kemudian kucek dengan menggunakan tangan.
  • Setelah dikucek selanjutnya bilas inner hijab dari bahan rajut dengan air sampai bersih lalu peras dengan lembut dan jangan terlalu dipelintir agar bentuknya tidak berubah dan terlalu lecek.
  • Kalau sudah sekarang kamu bisa menjemur inner hijab dari bahan rajut tersebut dengan cara di angin-anginkan di tempat yang teduh karena terik matahari yang terlalu panas hanya akan membuat tekstur ciput rajut berubah dan tidak nyaman lagi saat digunakan.
  • Setelah kering, simpan dengan cara dilipat bukan di gantung untuk menghindari risiko ciput tersangkut pada gantungan baju yang bisa merusak serat kain dan pastikan kamu tidak menyetrikanya.
    • Menyetrika inner rajut hanya akan membuatnya cepat melar dan longgar.
    • Menyetrika inner rajut akan membuat pinggirannya juga berubah menjadi keriting.

Untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan kamu juga harus berhati-hati saat memakainya. Jangan sampai inner hijab dari bahan rajut terkena peniti atau jarum pentul supaya serat kainnya tertarik.

Inner Hijab

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Inner Hijab Bahan Renda

Inner hijab dari bahan renda termasuk ke dalam jenis inner hijab berbentuk kerawang yang memiliki serat elastis untuk membuat inner hijab tetap stretch. Untuk merawat inner hijab dari bahan renda ini beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Pertama-tama pisahkan inner hijab dari bahan renda dengan pakaian lain.
  • Saat membersihkan inner hijab berbahan renda, gunakan sabun lembut atau deterjen yang dirancang khusus untuk membersihkan bahan kain yang halus.
  • Jangan gunakan deterjen konsentrat dan bahan pemutih karena dapat merusak renda.
  • Selain merusak renda, penggunaan detergen yang kurang tepat akan mempengaruhi kestabilan warna kain.
  • Untuk menghilangkan noda pada inner hijab berbahan renda, utamakan untuk mencuci inner hijab tersebut secara manual dengan menggunakan tangan dan jangan disikat.
  • Jika sudah bilas inner hijab dari bahan renda dengan air bersih lalu jemur hingga kering.

Untuk menyimpan inner hijab dari bahan renda, kamu bisa melipat dan meletakannya di tempat yang kering dan bebas lembab untuk mencegah timbulnya plak yang bisa merusak keindahan inner hijab.

Kalau digantung, serat elastis yang membuat inner hijab tetap stretch justru akan jadi mudah melar dan mempengaruhi tingkat kenyamanan inner hijab saat digunakan.

Inner Hijab

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat inner hijab. Biar inner hijab yang kamu miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, pastikan kamu juga membaca label perawatan pada inner hijab untuk mengetahui instruksi perawatan yang spesifik ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat inner hijab?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kaos yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.