Article

Homepage Article Fashion Design 11 Fakta Menarik dan Sejarah…

11 Fakta Menarik dan Sejarah Milan Fashion Week

Jadi salah satu acara mode paling bergengsi di dunia yang terus berkembang dan memengaruhi tren mode internasional, Milan Fashion Week (MFW) ternyata juga memiliki sejarah panjang dengan pagelaran peragaan busana yang berkembang setiap dekade lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Milan Fashion Week

Milan Fashion Week merupakan sebuah event fashion show yang biasa diselenggarakan di jantung kota Milan. Selain memamerkan koleksi busana terbaru, Milan Fashion Week juga menjadi acara yang paling dinantikan oleh para fashionista di seluruh dunia karena selalu meninggalkan kesan tersendiri bagi mereka yang datang.

Milan Fashion Week 

Sumber : https://www.whowhatwear.com/

Fakta Menarik Milan Fashion Week

Mau tahu lebih banyak lagi tentang sejarah awal dimulainya Milan Fashion Week dan berbagai fakta unik terkait event tersebut?. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan kamu berikut kami bagikan beberapa fakta menarik yang menyertai Milan Fashion Week.

1. Pertama Digelar Tahun 1970-an

Milan Fashion Week pertama kali diselenggarakan pada tahun 1970-an. Kesuksesan industri fashion Italia ke Milan, merupakan pengembangan dari rangkaian peragaan busana di Italia yang sempat digelar di Florence, Venice dan Roma.

  • Pada 1950-an, Florence adalah kota pertama yang mengadakan acara mode besar di Italia, diikuti oleh Roma dan Venice.
  • Namun pada 1970-an, Milan mengambil alih dengan dukungan rumah mode besar seperti Gucci, Prada dan Versace, sebagai pusat mode dunia yang kita kenal sekarang.

2. Bagian “Big Four” Fashion Weeks

Milan Fashion Week adalah bagian dari “Big Four” bersama Paris, New York dan London yang juga menjadi pusat dunia mode. Milan muncul sebagai pusat baru bagi industri mode Italia karena kota ini memiliki keunggulan dalam sektor tekstil dan industri fashion.

Milan Fashion Week

Sumber : https://www.designerglasses.co.uk/

3. Diselenggarakan Dua Kali Setahun

Diselenggarakan dua kali dalam setahun selama bulan Februari dan September yaitu untuk koleksi Musim Semi/Musim Panas dan Musim Gugur/Musim Dingin, Milan Fashion Week menyoroti mode dan merayakannya di jantung kota Milan bersama para pencinta mode, pembeli dan media.

4. Fokus Pada Kemewahan

Milan Fashion Week terkenal karena menampilkan koleksi dari beberapa rumah mode paling ikonik di dunia, seperti Gucci, Prada, Versace, Dolce & Gabbana dan Armani. Desain yang dipamerkan sering kali mewakili esensi kemewahan Italia dan craftsmanship berkualitas tinggi.

Beberapa tahun terakhir, Milan Fashion Week juga mulai lebih berfokus pada keberagaman dalam hal model, desainer dan estetika. Ada peningkatan jumlah model dari berbagai latar belakang etnis dan berbagai ukuran tubuh di panggung runway.

Milan Fashion Week 

Sumber : https://www.theguardian.com/

5. Mendapat Dukungan Pemerintah Milan

Milan Fashion Week mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Milan, dengan tujuan menjadikan Milan sebagai ibu kota mode global. Bahkan, kota ini menjadi pusat mode Italia sejak 1970-an dan acara ini secara signifikan berkontribusi terhadap ekonomi lokal.

  • Kesuksesan Milan tidak hanya bergantung pada para desainer dan rumah mode, tetapi juga dukungan dari pemerintah setempat.
  • Bersama dengan pemerintah, Milan bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bisnis mode, termasuk dalam hal regulasi, investasi infrastruktur dan promosi internasional.

6. Diselenggarakan Kamar Dagang Mode Italia Nasional

Milan Fashion Week sebagian diselenggarakan oleh Kamar Dagang Mode Italia Nasional (Camera Nazionale della Moda Italiana), sebuah asosiasi nirlaba yang mendisiplinkan, mengoordinasikan dan mempromosikan perkembangan mode Italia.

Kamar Dagang Mode Italia Nasional (Camera Nazionale della Moda Italiana) juga bertanggung jawab untuk menyelenggarakan berbagai acara dan pertunjukan mode di Milan.

Milan Fashion Week 

Sumber : https://www.businessoffashion.com/

7. Tempat Unik dan Bersejarah

Milan Fashion Week sering kali diadakan di tempat-tempat bersejarah dan ikonik di Milan, seperti Teatro alla Scala dan Castello Sforzesco. Lokasi ini memberikan sentuhan seni dan budaya Italia ke acara mode yang modern dan berpengaruh.

Milan Fashion Week 

Sumber : https://scalarchives.com/

8. Kolaborasi Dengan Teknologi

Milan Fashion Week telah mengadopsi teknologi modern seperti augmented reality (AR) dan livestreaming untuk mencapai audiens global yang lebih luas. Bahkan selama pandemi COVID-19, acara ini berlangsung secara virtual dan tetap menarik perhatian dari seluruh dunia.

Milan Fashion Week 

Sumber : https://www.zoemagazine.net/

9. Jadi Tempat Lahirnya “Supermodel”

Milan Fashion Week berperan besar dalam mempopulerkan supermodel di era 90-an. Nama-nama seperti Naomi Campbell, Linda Evangelista dan Claudia Schiffer menjadi ikon mode yang sering tampil di runway MFW, membawa pesona glamor ke acara ini.

Milan Fashion Week 

Sumber : https://www.harpersbazaar.com/

10. Jadi Rumah Para Desainer Muda

Milan Fashion Week juga menjadi rumah bagi desainer baru yang memulai karir mereka. Dengan memamerkan koleksi mereka di Milan Fashion Week para dsainer baru bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dikenal di industri mode global.

11. Unik dan Memorable

Milan Fashion Week identik dengan fashion show unik, spektakuler dan memorable. Beberapa pertunjukan di Milan Fashion Week bahkan dikenal karena skala dan kreativitasnya yang luar biasa.

Selain runway, Milan Fashion Week juga terkenal dengan gaya jalanan (street style) yang ikonik. Pengunjung, selebriti dan fashion influencer yang datang sering kali menampilkan outfit berani dan trendi yang memberikan inspirasi bagi banyak penggemar mode.

Milan Fashion Week 

Sumber : https://www.evaredson.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fakta menarik dan sejarah singkat dari Milan Fashion Week yang penting untuk kamu ketahui. Kesuksesan Milan dalam menguasai panggung mode dari kota-kota besar lainnya di Italia mengajarkan kita pentingnya inovasi, kolaborasi dan adaptasi terhadap perubahan.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi informasi lain yang berhubungan dengan fashion dan desain download saja E-Book Mendesain yang kami miliki ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.