Article

Homepage Article Fashion Design 10 Tips Memilih Jaket Outdoor…

10 Tips Memilih Jaket Outdoor Yang Tepat Sesuai Aktivitas

Memilih jaket yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis aktivitas akan membuat pengalaman jadi lebih menyenangkan. Karena alasan itulah jika kamu ingin berpetualang dengan nyaman di alam bebas, pastikan jangan sampai salah pilih jaket ya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Outdoor

Jaket outdoor merupakan salah satu fashion esensial yang dirancang khusus untuk melindungi tubuh dari berbagai kondisi cuaca, baik itu hujan, angin, salju atau suhu dingin, serta memastikan agar tubuh tetap nyaman saat menikmati aktivitas di alam terbuka.

  • Jaket outdoor berfungsi untuk melindungi tubuh dari angin, hujan, salju, dan suhu ekstrem. Bahan yang tahan air dan tahan angin sering digunakan untuk menjaga tubuh tetap kering dan hangat.
  • Jaket outdoor dirancang untuk aktivitas fisik dan memungkinkan pengguna bergerak dengan bebas. Karena itulah jaket outdoor biasanya lebih ringan dan memiliki potongan yang sesuai untuk berbagai gerakan.
  • Jaket outdoor yang dirancang untuk cuaca dingin biasanya dilengkapi dengan insulasi tambahan seperti bulu angsa atau bahan sintetis yang menjaga panas tubuh.
  • Banyak jaket outdoor dilengkapi dengan fitur ventilasi untuk mengatur suhu tubuh dan mencegah keringat berlebih saat beraktivitas.

Memilih Jaket Outdoor

Sumber : https://www.blibli.com/

Dengan banyaknya fungsi penting yang dimiliki jaket outdoor, pemilihan jaket yang tepat tentu menjadi suatu hal yang sangat krusial agar jaket tersebut dapat memberikan kenyamanan dan perlindungan optimal pada pengguna selama beraktivitas di luar ruangan.

Tips Memilih Jaket Outdoor

Terkait dengan hal tersebut, lantas apa saja hal yang harus dipertimbangkan saat memilih jaket outdoor?. Untuk alasan kenyamanan berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih jaket outdoor.

1. Pertimbangkan Tipe Aktivitas

Pertimbangkan aktivitas yang akan kamu lakukan sebelum membeli jaket outdoor, karena setiap aktivitas seperti hiking, bersepeda gunung atau mendaki gunung, memiliki kebutuhan jaket yang berbeda-beda.

Memilih Jaket Outdoor

Sumber : https://montane.com/

2. Pilih Tipe Jaket Yang Tepat

Sesuaikan tipe jaket outdoor yang kamu pilih dengan aktivitas yang akan kamu lakukan. Tiga tipe jaket outdoor yang dimaksud yakni berupa hardshell, softshell dan insulated.

  • Jaket Hardshell

Jaket hardshell umumnya memiliki sifat tahan air dan tahan angin, sehingga sangat cocok digunakan untuk aktivitas mendaki gunung di cuaca ekstrem.

  • Jaket Softshell

Jaket softshell lebih fleksibel dan breathable dari pada hardshell tetapi mampu mengatasi hujan ringan. Jaket ini cocok dijadikan sebagai outfit hiking dan trekking.

  • Jaket Insulation

Jaket insulation dirancang untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Jaket ini sangat cocok dipakai untuk cuaca dingin dan biasanya memiliki lapisan insulasi seperti bulu angsa dan bahan sintetis lainnya.

3. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Pastikan jaket yang kamu pilih sesuai dengan ukuran tubuh kamu, agar jaket tersebut nyaman dipakai dan terlihat bagus. Untuk memastikan kenyamanan dan kesesuaian jaket di tubuh kamu berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba.

  • Lakukan pengukuran pada bagian dada, pinggang, pinggul, panjang lengan dan panjang tubuh.
  • Bandingkan ukuran tubuh dengan tabel ukuran yang biasanya disediakan oleh produsen atau penjual.

Memilih Jaket Outdoor

Sumber : https://www.decathlon.co.id/

Jaket yang ukurannya sesuai dengan tubuh kamu biasanya ditandai beberapa hal berikut.

  • Jahitan di bagian bahu harus tepat berada di ujung bahu.
  • Jaket harus pas di dada dan pinggang tanpa terlalu menekan atau terlalu longgar.
  • Panjang lengan harus cukup panjang untuk menutupi pergelangan tangan tetapi tidak terlalu panjang sehingga menyentuh jari.
  • Lebar lengan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

4. Sifat Tahan Air dan Angin

Pilih jaket yang tahan air dan tahan angin, terutama jika kamu ingin menggunakan jaket untuk beraktivitas di lingkungan yang cuacanya tidak menentu.

Memilih Jaket Outdoor

Sumber : https://montane.com/

5. Perhatikan Berat Jaket

Perhatikan berat jaket sebelum membelinya, sehingga kamu tidak akan merasa terbebani saat memakai jaket ataupun membawanya di dalam tas.

  • Untuk perjalanan atau kegiatan outdoor, jaket yang ringan dan mudah dibawa mungkin lebih sesuai.
  • Jaket yang ringan dan mudah dilipat umumnya lebih mudah dibawa dibandingkan jaket yang berat dan bulky.

6. Periksa Bahan Jaket

Periksa bahan jaket untuk memastikan bahwa jaket yang kamu pilih memiliki kualitas yang benar-benar bagus. Jaket yang dibuat dari material berkualitas tinggi umumnya lebih mungkin bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Memilih Jaket Outdoor

Sumber : https://www.leantex.com/

7. Uji Sebelum Membeli

Jika memungkinkan coba dulu jaket outdoor sebelum membelinya. Dalam hal ini pastikan kamu merasa nyaman saat mengenakan jaket outdoor dan bisa bergerak dengan leluasa tanpa ada bagian yang mengganggu, termasuk saat mengangkat tangan dan membungkuk.

8. Fitur Tambahan

Periksa fitur tambahan seperti kantong, hoodie yang dapat dilepas, ventilasi di bawah ketiak, resleting tahan air, kancing dan pengaturan pinggang atau pergelangan tangan yang dapat disesuaikan pada jaket outdoor.

  • Periksa kualitas resleting dan fitur lain pada jaket untuk memastikan semuanya dapat berfungsi dengan baik.
  • Selain itu pastikan pula bahwa kantong, kerah dan bagian jaket yang lain juga terpasang dengan baik dan simetris.

Memilih Jaket Outdoor

Sumber : https://shopee.co.id/

9. Konstruksi dan Jahitan

Periksa jahitan pada jaket dan juga bagian dalam jaket.

  • Perhatikan apakah ada benang yang lepas atau jahitan yang tidak rata. Jahitan yang rapi, lurus dan kuat adalah tanda bahwa jaket berkualitas tinggi.
  • Pastikan lining (lapisan dalam) juga dijahit dengan rapi dan menggunakan bahan berkualitas.

Memilih Jaket Outdoor

Sumber : https://www.decathlon.sg/

10. Periksa Garansi Jaket

Periksa apakah jaket outdoor yang akan kamu beli memiliki garansi. Produk yang disertai dengan garansi biasanya menunjukkan bahwa produsen yakin dengan kualitas dan daya tahan produk mereka.

  • Garansi melindungi jaket dari kerusakan atau cacat pabrik yang mungkin tidak terlihat saat pembelian.
  • Garansi memberikan jaminan bahwa kamu akan mendapatkan penggantian atau perbaikan jika jaket mengalami kerusakan dalam periode tertentu setelah pembelian.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sepuluh tips memilih jaket outdoor yang bisa kamu pertimbangkan. Jika kamu merasa ragu atau tidak yakin dengan pilihan kamu sendiri, coba konsultasikan dengan penjual atau teman yang berpengalaman dalam memilih jaket outdoor ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket outdoor?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Jaket Parasut, Bahan Jaket Taslan dan juga Bahan Jaket lainnya di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.