Article

Homepage Article Fesyen Muslim 10 Tips Memilih Busana Muslim…

10 Tips Memilih Busana Muslim Anak Perempuan Baik Dari Segi Model, Bahan Hingga Jahitannya

Menemukan sedikit kesulitan saat memilih busana muslim untuk buah hati anda?. Meski kelihatannya terkesan sepele namun faktanya dalam memilih busana muslim yang tepat untuk anak memang banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk. 

Definisi Busana Muslim Anak

Busana muslim untuk anak merupakan busana yang sering dipakai oleh anak-anak pada acara keagamaan seperti pada saat bulan ramadhan maupun lebaran.  Selain dapat digunakan dalam berbagai acara keagamaan, banyak pula para orang tua yang mulai mengenalkan busana muslim sebagai pakaian sehari-hari. 

Busana Muslim Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk memaksimalkan fungsinya yakni sebagai penutup anggota tubuh, busana muslim memang terkesan panjang dan kadang membuat anak-anak merasa kurang nyaman. Maka dari itu bagi para orang tua yang ingin mengajarkan anak-anaknya berbusana tertutup hendaknya memilihkan busana muslim yang tepat.

Busana Muslim Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa kriteria wajib yang harus dipenuhi busana muslim anak diantaranya:

  1. Menutup aurat secara sempurna.
  2. Tidak tipis dan tidak menampakkan bentuk badan.
  3. Tidak membentuk batas-batas bagian tubuh dan tidak menampakkan bagian yang cukup menimbulkan fitnah sekalipun tidak tipis.
  4. Bukan merupakan pakaian khusus bagi laki-laki.
  5. Tidak berlebihan dan bukan berfungsi sebagai perhiasan.

Busana Muslim Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Memilih Baju Muslim Anak

Berencana membeli busana muslim untuk buah hati anda?. Kalau anda ingin menemukan busana muslim yang tepat, penting bagi ibu-ibu untuk selalu memperhatikan kualitas produk dalam hal desain, ukuran, pemilihan bahan, warna, corak, hiasan dan teknik menjahit atau teknik penyelesaian busana muslim itu sendiri.

Pilih Yang Berbahan Nyaman

Saat berbelanja busana muslim anak sebisa mungkin yang memiliki karakteristik lembut, dingin dan dapat menyerap keringat karena pada masa pertumbuhannya kebanyakan anak cenderung lebih aktif dan lebih banyak berkeringat. Kalau bahan yang digunakan panas yang ada jadi membuat anak kurang nyaman.

Beberapa contoh pilihan bahan kain yang cocok digunakan untuk pakaian anak diantaranya:

a. Kain Poplin

Kain poplin merupakan sejenis bahan kain yang berasal dari keluarga kain katun. Kain poplin ini umumnya memiliki tingkat kelenturan yang tinggi dan bersifat stretch (melar).

b. Kain Linen

Kain linen merupakan salah satu bahan kain tertua di dunia yang biasa dibuat dengan menggunakan serat linen, sejenis serat yang biasa diambil dari tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum).

c. Kain Baby Kanvas

Kain baby kanvas merupakan salah satu jenis kain dari keluarga kanvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang.

d. Kain Viscose

Kain viscose merupakan jenis kain yang biasa dibuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Karena tidak dapat dikategorikan kedalam serat alami atau serat sintetis kain viscose ini sering disebut sebagai kain serat semi sintetis.

e. Kain Shantung

Kain shantung merupakan kain yang memiliki tekstur halus, lembut dan dingin. Kain ini juga terbagi dalam beberapa tingkatan, dari yang tipis hingga tebal. Cocok dipakai untuk membuat baby doll dan pakaian anak lainnya.

f. Kain Katun

Kain katun dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis kain berkualitas yang umumnya terbuat dari serat kapas. Sebagai bahan busana muslim anak kain katun ini ada yang dibuat dalam bentuk polos ataupun bermotif.

Ciri paling khas dari kain katun yang biasa dipakai untuk bahan busana muslim anak diantaranya:

  • Kainnya terasa dingin.
  • Mudah menyerap keringat.
  • Nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Tidak mudah kusut.
  • Warna kain katun tidak luntur.
  • Harga kain katun relatif terjangkau.

g. Gingham

Gingham merupakan sejenis kain tenun sederhana yang memiliki motif berbentuk kotak-kotak atau garis-garis yang dibuat dari benang lungsin dan benang pakan halus yang berlainan warna.

h. Seersucker

Seersucker dapat dikategorikan kedalam jenis kain katun yang memiliki tekstur berkerut, tipis dan ringan dengan tampilan motif bergaris atau kotak-kotak. Kain ini sangat cocok dipakai untuk membuat pakaian anak.

i. Kain Chambray

Kain chambray dikenal sebagai salah satu jenis kain tekstil yang diciptakan dari serat alami berupa kapas. Sekalipun tampilan fisiknya lebih menyerupai bahan denim, namun kain ini justru akan terasa dingin saat dikenakan.

j. Kain Katun Rayon

Kain katun rayon merupakan kain yang memiliki sifat lebih tahan lama dari katun, lembut di kulit namun mudah kusut. Meski mudah kusut namun jenis kain yang satu ini sebenarnya cukup bagus dipakai untuk membuat busana muslim anak.

Sesuaikan Motif Dengan Kebutuhan

Pemilihan corak kain yang cocok untuk busana muslim anak sebenarnya tidak terbatas. Selain motif bunga anda juga bisa memberikan baju untuk anak yang memiliki corak lain seperti binatang yang lucu, garis dan kotak-kotak kecil. Corak bahan yang besar biasanya kurang begitu sesuai untuk pakaian anak.

Untuk memudahkan anda dalam memilih busana muslim, tanyakan kepada buah hati anda apa motif  yang menjadi kegemaran mereka. Dengan mengetahui apa motif favorit si kecil maka setidaknya anda bisa lebih mudah menentukan motif dan corak pakaian yang tepat untuk mereka.

Busana Muslim Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sesuaikan Dengan Karakter Anak

Dalam memilih busana muslim sesuaikan modelnya dengan karakter serta kesukaan anak. Untuk memberikan kebebasan pada anak-anak untuk beraktifitas sebaiknya pilihlah baju muslim anak yang simple, agar anak tidak merasa terganggu saat memakainya seperti bermain atau beraktifitas.

  • Jika anda memiliki anak yang cenderung aktif anda dapat memberikan baju berupa blus polos yang dipadukan dengan rok atau celana panjang.
  • Jika anda memiliki anak yang cenderung bersifat pendiam, anda dapat memberikan baju berupa gamis dengan ornament bunga yang tidak terlalu ramai.

Busana Muslim Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bagi sahabat Fitinline yang punya hobi mendesain baju dan membuat kreasi produk jahit menjahit tidak ada salahnya jika anda membuat busana muslim anak sendiri sesuai model dan ukuran yang anda kehendaki. Beberapa contoh pola baju yang bisa anda pakai sebagai acuan membuat busana anak diantaranya:

1. Pola Blus Anak Perempuan

Pola blus anak perempuan merupakan pola blus berdesain simple yang tidak memiliki banyak lipatan ataupun detail.

2. Pola Baju Gamis Anak Model Lurus

Pola baju gamis anak model lurus merupakan pola busana terusan berbentuk lurus yang tidak memiliki lekukan pada bagian pinggang.

3. Pola Baju Gamis Anak Model Berpinggang

Pola baju gamis anak model berpinggang merupakan pola busana terusan yang memiliki siluet berlekuk pada bagian pinggang.

Sesuaikan Dengan Warna Kulit

Selain menyesuaikan model dan motifnya dengan kesukaan anak, busana muslim yang anda pilih hendaknya juga tetap harus disesuaikan kembali dengan warna kulit. Bila kombinasi antara warna baju dan warna kulit kurang sesuai biasanya akan menimbulkan kesan aneh dan kurang matching. 

Busana Muslim Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sesuaikan Dengan Aktifitas

Untuk memilih busana muslim anak anda juga harus menyesuaikannya dengan aktifitas dan kegiatan anak, apakah baju tersebut akan dipakai untuk berpergian, kegiatan agama, maupun sehari-hari.

  1. Kalau anda mencari baju untuk kegiatan keagamaan dan pelengkap gaya sehari-hari sebaiknya pilih baju yang tidak terlalu banyak detail.
  2. Sementara untuk keperluan pesta atau acara spesial lainnya anda bisa memilih busana muslim anak yang dihias dengan beberapa detail unik seperti halnya renda, sulaman, aplikasi tempel, bordir dan juga manik-manik.
    • Renda dikenal sebagai salah satu aplikasi pendukung perlengkapan jahit yang sangat identik dengan kesan anggun dan feminim.
    • Sulaman sulaman merupakan teknik membuat ragam hias pada permukaan kain dengan benang yang diatur secara dekoratif pada kain dengan jalan menusukkan benang.
    • Aplikasi tempel dapat didefinisikan sebagai seni membentuk gambar dari potongan kain tekstil dalam pola tertentu pada permukaan bahan utama yang lebih besar.
    • Bordir merupakan hiasan di atas kain yang dibuat menggunakan jarum jahit dan benang dalam berbagai variasi warna dengan tujuan untuk mempercantik tampilan bahan itu sendiri.
    • Manik-manik merupakan dekorasi kecil yang biasa dibuat dari  kaca, plastik, kayu atau mutiara dengan lubang kecil untuk memasang benang atau untuk dirangkai.

Pilihlah Yang Ukurannya Tepat

Pastikan busana muslim yang anda pilih untuk anak perempuan memiliki ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuhnya. Busana muslim yang terlalu kecil biasanya akan membuat anak merasa tidak nyaman bahkan menjadi sulit bergerak, begitu juga sebaliknya bila busana yang dipakai terlalu kebesaran.

Untuk memudahkan anda dalam memilih ukuran baju yang tepat berikut kami bagikan tips mengukur baju anak yang benar.

1. Tinggi Badan

Untuk mendapatkan busana anak yang tepat minta kepada anak untuk berdiri tegak merapat ke dinding untuk memudahkan dalam proses pengukuran tinggi badan.

2. Lingkar Dada

Setelah mengukur tinggi badan selanjutnya minta anak untuk berdiri lurus dengan tangan terbuka hingga ke samping.

  • Untuk mendapatkan ukuran yang pas untuk baju anak anda harus mengukur bagian terbesar lingkaran dada anak.
  • Gunakan pita sebagai alat ukur namun perhatikan juga pita yang digunakan sebaiknya nyaman dan tidak terlalu ketat.

3. Ukuran Pinggang

Untuk mengukur bagian pinggang minta si buah hati untuk berdiri tegak dengan sikap sempurna dengan kedua tangan berada di samping. Untuk celana, pengukuran sebaiknya di lakukan di atas pakaian dalam pada bagian pinggang yang kecil.

4. Ukuran Pinggul

Untuk mengetahui ukuran pinggul anak, posisikan badan anak dalam keadaan berdiri nyaman kemudian ambil ukuran terbesar pinggulnya. Dalam melakukan pengukuran bagian pinggul anda bisa menggunakan pita sebagai alat ukurnya.

Kalau anda ingin sedikit lebih berhemat tidak ada salahnya bisa membeli pakaian yang sedikit lebih besar supaya jika badanya bertambah besar anda tidak harus cepat-cepat menggantinya karena sudah tidak muat asalkan ketika dipakai masih terlihat wajar di badan anak-anak.

Keamanan Busana Muslim

Meski tidak ada busana muslim anak yang sengaja dirancang untuk “membahayakan” si kecil, namun tetap saja ada beberapa komponen pada busana muslim yang bisa saja menimbulkan ketidaknyamanan saat dikenakan.

  1. Resleting busana muslim yang susah ditutup sangat  berisiko “menjepit” kulit.
  2. Bagian bawah rok atau gamis yang terlalu panjang juga berpotensi sangat besar untuk membuat anak tersandung.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya perhatikan dengan saksama setiap bagian baju yang anda beli agar keamanan si kecil lebih terjamin saat beraktifitas.

Harga Busana Muslim Anak

Banyaknya pilihan busana muslim anak yang dijual di pasaran tidak dapat dipungkiri memang sering membuat bingung. Oleh karena itu sebisa mungkin berbelanjalah dengan bijak kalau anda ingin mendapatkan busana muslim untuk anak-anak yang memiliki kualitas unggulan dengan harga bersahabat.

  1. Biasakan untuk membeli busana muslim yang benar-benar berkualitas baik sehingga anda tidak asal membeli kaos karena harganya murah.
  2. Kalau anda ingin mendapatkan busana muslim yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan produk sejenis.
  3. Tidak masalah bila anda anda membeli busana muslim anak dengan harga miring, asal kualitasnya bagus pasti pakaian tersebut akan tetap terasa nyaman saat dikenakan.

Pilihlah Jilbab Yang Tidak Licin

Dalam memilih jilbab untuk anak pilihlah yang modelnya simple agar lebih mudah dipakai. Sebisa mungkin hindari memakaikan jilbab berbahan licin kepada anak-anak karena akan membuat buah hati tidak nyaman. Selain itu jilbab berbahan licin juga akan membuat buah hati kesusahan melakukan aktivitasnya.

  1. Untuk alasan kenyamanan sebaiknya pilih jilbab dari bahan katun atau jersey. Selain itu anda juga bisa mencarikan bahan-bahan lain yang sejenis.
  2. Hindari memilih jilbab yang  terbuat dari kain chifon kecuali material tersebut hanya sebagai pemanis penampilan.
  3. Untuk anak yang aktif bergerak, pilihkan anak jilbab yang instan atau bergo sehingga jilbab tersebut tidak perlu dikreasikan.
  4. Hindari penggunaan jarum pada jilbab anak. Dikhawatirkan jarum pentul atau peniti bisa melukainya karena mereka masih aktif bergerak.
  5. Pilihkan jilbab dengan nuansa cerah atau motif warna-warni untuk membuat si kecil merasa lebih bahagia dan bersemangat.

Busana Muslim Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kualitas Jahitan Busana Muslim

Untuk memastikan bahwa pakaian yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan bentuk jahitan yang terdapat pada pakaian. Pakaian anak yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus. Pastikan pula jahitan yang terdapat pada bagian kancing, pengait atau resleting benar-benar kuat.

  1. Jahitan busana muslim yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
  2. Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  3. Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  4. Obrasan pada tepi pakaian harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  5. Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, resleting, viselin, renda, maupun pelengkap pakaian lainnya.
  6. Pada bagian yang tampak dari luar seperti resleting, kerah dan lubang kancing pemasangannya harus presisi.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih busana muslim untuk anak perempuan yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik terkait dengan desain fashion simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.