Article

Homepage Article Kain 10 Keunggulan Kain Flanel…

10 Keunggulan Kain Flanel Polos dan Produk Yang Bisa Kamu Buat Dengan Bahan Ini

Merasa cukup familiar dengan yang namanya kain flanel?. Meski kerap diidentikkan dengan kain yang bermotif kotak-kotak atau bermotif tartan, kain flanel ternyata ada juga versi polosnya lho. Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang karakteristik kain flanel polos ini simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Flanel Polos

Kain flanel polos merupakan sejenis kain tenun lembut yang dibuat dari full cotton (100% kapas). Karena terbuat dari full cotton maka kain ini secara umum juga mewarisi sifat-sifat serat cotton yang terkenal adem, mudah menyerap keringat, kuat dan akan menjadi lebih kuat lagi dalam keadaan basah.

Kain Flanel Polos Kain Flanel Polos

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Flanel Polos

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain flanel polos sebagai pelengkap kebutuhan sehari-hari diantaranya:

1. Bahannya Halus dan Lembut

Kain flanel polos memiliki karakteristik halus dan lembut, dengan begitu kain ini akan terasa nyaman di pakai bahkan untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

2. Mudah Menyerap Keringat

Kain flanel polos termasuk ke dalam jenis bahan kain yang dibuat dari full cotton (100% kapas). Kandungan serat cotton yang ada pada kain membuatnya terasa lebih nyaman dipakai dan dapat menyerap keringat dengan baik.

3. Tidak Panas di Tubuh

Kain flanel polos tergolong ke dalam jenis kain yang memberi efek adem dan tidak panas di tubuh, jadi sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia yang cenderung panas.

4. Kuat dan Tahan Lama

Kain flanel polos termasuk ke dalam jenis kain yang kuat dan tahan lama karena memiliki jalinan benang yang rapat. Jadi sekalipun sudah digunakan dalam waktu lama kainnya akan tetap awet.

Selain dipengaruhi oleh jalinan benangnya yang rapat, kekuatan kain flanel juga dipengaruhi oleh kadar selulosa yang terkandung dalam serat penyusun kain flanel yakni serat kapas.

  • Serat kapas yang menjadi bahan dasar kain flanel diketahui bisa menjadi kuat hingga 20% dalam keadaan basah.
  • Kondisi basah ini menyebabkan beban terbagi rata dan serat menggembung membentuk silinder.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Kain flanel polos memiliki ketebalan medium, jadi ketika digunakan sebagai bahan pakaian cenderung tidak  menerawang. Karakteristik bahannya yang tidak menerawang ini juga dipengaruhi oleh tenunan kainnya yang rapat.

6. Ringan dan Terkesan Jatuh

Kain flanel polos termasuk ke dalam jenis bahan kain yang cenderung ringan dan terkesan jatuh namun tidak mencetak bentuk tubuh ketika diaplikasikan pada produk pakaian.

7. Mudah Untuk Dijahit

Kain flanel polos cenderung mudah untuk dijahit dan dikreasikan menjadi berbagai model busana yang memiliki pola rumit sekalipun karena bahannya tidak kaku.

8. Tidak Mudah Kusut

Kain flanel polos tergolong ke dalam jenis kain yang cenderung tidak mudah kusut, sekalipun serat penyusunnya terbuat dari full cotton (100% kapas).

9. Tidak Mudah Luntur atau Pudar

Kain flanel polos dibuat dengan menggunakan pewarnaan reactive sehingga bahan pewarna yang terkandung di dalamnya tidak akan luntur dan pudar walau sudah dicuci berulang kali.

10. Perawatannya Cukup Mudah

Perawatan kain flanel polos relatif mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Untuk melakukan pencucian bahkan anda cukup menguceknya dengan tangan.

Pemanfaatan Kain Flanel Polos

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari kain flanel polos umumnya dapat digunakan untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti kemeja, blus wanita, rok, pakaian tidur, selimut dan sprei.

1. Kemeja

Kemeja termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang banyak di buat dari kain flanel polos. Untuk pilihan modelnya kemeja dari bahan flenel polos inipun dapat dijumpai dalam berbagai model dan varian, mulai dari kemeja slim fit, kemeja regular fit hingga oversized.

Kain Flanel Polos

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Download pola kemeja siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat kemeja sendiri dengan pola yang sudah jadi.

2. Blus Wanita

Selain kemeja, kain flanel polos juga dapat digunakan sebagai bahan utama blus wanita. Mau dipadupadankan dengan rok atau celana, blus yang dibuat dari kain flenel polos bisa digunakan sebagai pakaian andalan saat hangout ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Download pola blus siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat blus wanita sendiri dengan pola yang sudah jadi.

3. Rok

Untuk pelengkap gaya penampilan wanita, kain flanel polos bisa dikreasikan menjadi berbagai model rok yang cantik. Beberapa contoh rok yang dimaksud antara lain berupa rok A-line, rok kerut, rok tiered dan lain sebagainya.

4. Pakaian Tidur

Tak kalah menarik dari produk sebelumnya ada juga pakaian tidur dengan model piyama. Bentuk paling standar dari pakaian tidur ini yaitu berupa baju berkancing depan yang dibuat dengan atau tanpa kerah, sementara untuk bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana.

Kain Flanel Polos

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Download pola piyama siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat piyama sendiri dengan pola yang sudah jadi.

5. Selimut

Berikutnya kain flanel polos juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan selimut, karena memiliki permukaan yang halus, lembut dan nyaman untuk digunakan. Selimut dengan bahan kain flanel polos juga ringan dan tetap terasa adem bila digunakan.

6. Sprei

Untuk membuat tidur anda lebih berkualitas, kain flanel polos juga ideal digunakan sebagai bahan sprei. Kelebihan sprei yang dibuat dari bahan ini yaitu breathable dan mudah menyerap keringat.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain flanel polos serta beberapa contoh produk yang bisa dibuat dari bahan tersebut. Dengan karakteristik bahannya yang halus, lembut, mudah menyerap keringat dan tidak menerawang pastinya kain ini akan terasa sangat nyaman dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Butuh bahan kain flanel polos berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja, blus wanita,  baju tidur, selimut dan juga sprei?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Flanel Polos (ATX) yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.