Article

Homepage Article Fashion Design Yuk, Ketahui Makna di Balik…

Yuk, Ketahui Makna di Balik Dress Merah Yang Dikenakan Ariel Tatum di Paris Fashion Week!

Gaun Merah

Sumber : Paris Fashion Week

Ariel Tatum di Paris Fashion Week

Beberapa hari ini artis kebanggaan Indonesia, Ariel Tatum menjadi perbincangan masyarakat di media sosial berkat aksinya yang memukau di Pagelaran Paris Fashion Week. Aktris yang sebelumnya menjadi perbincangan hangat berkat film terbarunya yang berjudul “Sayap-Sayap Patah” tersebut berhasil memukau banyak orang dengan dress merah elegan yang dikenakannya ketika berjalan di catwalk Paris Fashion Week Spring Summer 2023.

Wanita kelahiran tahun 1996 tersebut menjadi perwakilan wanita Indonesia pertama yang melenggang di Le Défilé L'Oréal Paris di acara Paris Fashion Week Spring Summer 2023. Dalam acara tersebut, Ariel Tatum tampil menawan dengan dress berwarna merah dan rambut hitam panjang yang membuatnya makin memesona.

Dress merah panjang dengan belahan di depannya yang menawan sukses menjadi perhatian para tamu di acara Paris Fashion Week yang dilaksanakan di Le Défilé L'Oréal Paris tersebut.

Di akun Instagram pribadinya, Ariel mengatakan jika menjadi perwakilan pertama wanita Indonesia untuk berjalan di Le Le Défilé L'Oréal Paris di Paris Fashion Week SS 2023 merupakan suatu kehormatan baginya. Ia juga menambahkan jika hal tersebut dapat menjadi awal dari perjuangannya untuk menjunjung tinggi pemberdayaan dan juga kesetaraan untuk semuanya.

Lantas, apa makna tersembunyi dibalik dress berwarna merah yang dikenakan oleh Ariel Tatum di acara besar tersebut?

Dalam perkembangannya, semiotika atau ilmu mengenai tanda yang mengulas tentang makna dari simbol-simbol tertentu menjadi bahasan yang menarik untuk diulik. Ilmu tersebut tidak hanya mempelajari mengenai tanda-tanda saja, melainkan indikasi, kemiripan, analogi, simbolisme, makna, komunikasi, dan lain sebagainya.

Menurut Sanyoto (2005), dalam semiotika warna yang akan diteliti proses semiosisnya, yaitu prose yang menjadikan warna tersebut menjadi tanda atau memiliki makna tertentu dibaliknya, bahan mengandung mitos tertentu. Warna merupakan elemen yang terkandung di dalam seni rupa secara umum.

Dress yang dikenakan Ariel Tatum berwarna merah cherry tersebut memiliki makna tegas, gairah, kegembiraan, dan energi. Dikutip dari laman canva.com, warna merah memiliki makna tebal, berenergi dan warna yang hidup dan menyimbolkan sebuah kekuatan dan kepercayaan diri.

Selain itu, dikutip dari fitinline.com, warna merah diartikan sebagai simbol kasih sayang dan gairah. Dalam berbusana, warna tersebut dipakai dengan tujuan menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. Dress merah yang dikenakan oleh Ariel Tatum seakan menyerukan “lihat aku!” kepada para tamu undangan di acara Paris Fashion Week.

Lantas, makna dibalik warna merah tersebut memiliki tempat tersendiri pada budaya dan sejarah, bahkan politik di berbagai negara.

Warna Merah di Berbagai Negara

Gaun Merah

Sumber : Canva.com

Di Rusia, warna merah sangatlah special. Dalam Bahasa Rusia, merah dan kata indah memiliki akar kata yang hampir sama, yaitu krasnyy dan krasivy. Warna merah di Rusia dianggap penting, bahkan warna tersebut menjadi nama dari tempat persemayaman orang penting di Rusia, yaitu Vladimir Lenin yang merupakan Mantan Kepala Pemerintahan Uni Soviet yang dimakamkan di Lapangan Merah, Katedral Santo Basil, Kremlin.

Selain itu, dalam revolusi Prancis, merah memiliki peranan yang sangat penting. Pada masa tersebut, bendera merah sengaja dikibarkan oleh para revolusioner demi menghormati darah para pejuang yang telah gugur dan sebagai tanda pemberontakan dari rakyat kepada kerajaan Prancis.

Sedangkan di Indonesia sendiri warna merah menjadi warna yang sangat penting karena menjadi salah satu unsur warna di Bendera Kebangsaan Indonesia. Dikutip dari Detik.com, warna merah mirip dengan warna gula jawa yang merupakan bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Masyarakat Jawa percaya jika kehamilan dimulai sejak bersatunya unsur merah. Warna merah melambangkan ibu, yaitu darah yang tumbuh ketika sang bayi lahir. Lalu dari hal tersebut, diterjemahkan jika arti warna merah dari bendera kebangsaan Indonesia memiliki arti berani.

Dilihat dari sejarahnya, warna merah memiliki makna yang istimewa bagi orang-orang di berbagai negara, bahkan sejak ribuan tahun yang lalu, di masa pra sejarah. Merah dianggap sebagai satu-satunya warna yang sebenarnya. Sehingga dalam praktiknya kini, warna merah selalu dianggap sebagai simbol keberanian bagi sebagian besar masyarakat.

Warna merah juga dianggap sebagai bentuk tanda kasih sayang, yang selalu menjadi warna yang melekat di hari-hari tertentu, yakni hari valentine. Warna tersebut juga dimaknai sebagai lambang keseksian, hal tersebut terlihat dari dress merah yang dikenakan oleh Ariel Tatum yang terlihat energik, dinamis dan percaya diri. Warna tersebut seakan melengkapi pesona dari aktris pemeran utama di film “Sayap-Sayap Patah” tersebut, sehingga auranya makin terpancar dan berhasil merebut perhatian  para tamu undangan di acara Paris Fashion Week, bahkan mendulang komentar-komentar positif dari masyarakat di media sosial.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.