Article

Homepage Article Fashion Design Tips Berbusana Bagi Para…

Tips Berbusana Bagi Para Pria Untuk Meningkatkan Kualitas Penampilan

Ingin tampil setingkat lebih modis dan stylish dalam berbagai kesempatan tanpa harus mengenakan pakaian yang berlebihan?. Untuk mendukung gaya berpakaian pria yang cenderung simple berikut kami bagikan beberapa aturan dasar berbusana bagi para pria yang bisa membuat tampilan jadi makin menawan sepajang waktu.

Pilih Bahan Yang Nyaman

Untuk urusan gaya kenyamanan tetap menjadi prioritas penting yang harus anda perhatikan. Karena itulah dalam berbusana sebaiknyapilih bahan kain yang nyaman di tubuh sehingga anda bisa tetap tampil percaya diri dan terlihat keren dalam setiap kesempatan.

  1. Dalam memilih bahan pakaian pria sebisa mungkin pilih bahan kain yang memiliki karakteristik adem dan tidak membuat tubuh anda kepanasan.
  2. Pilih warna dasar pakaian yang sesuai dengan warna kesukaan anda.  
  3. Pertimbangkan berat kainnya, jangan sampai terlalu tebal dan terlalu berat.
  4. Ketebalan bahan kain yang bagus untuk pakaian pria yaitu tidak sampai “tembus pandang” ketika dilihat dari luar.

Pakaian Pria

Sumber : https://www.thelineup.com/

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria?. Sahabat Fitinline bisa bebelanja bahan celana chinos (twill stretch), bahan kemeja dan kain denim dari kami.

Ukuran Pakaian Harus Tepat

Pertama usahakan untuk selalu memilih pakaian yang ukurannya pas dengan bentuk tubuh anda, karena hal ini akan membuat penampilan anda terlihat semakin menarik dan pakaian yang anda kenakan juga tampak lebih baik.

  1. Sesuaikan ukuran baju yang anda beli dengan bentuk dan ukuran badan.
    • Ukuran baju pria yang terlalu besar akan membuat penampilan anda tampak berantakan.
    • Sebaliknya ukuran baju pria yang kekecilan akan membuat anda jadi tidak nyaman dan sulit bergerak.
  2. Ketika membeli kemeja pria, baju koko atau kaos polo misalnya pastikan ukuran lingkar kerah dan modelnya sesuai dengan bentuk tubuh anda baik saat dikancingkan atau tidak.
    • Untuk mengujinya coba selipkan satu atau dua jari anda ke leher.
    • Jika jari anda bisa masuk maka ukuran kerah tersebut sudah tepat.
  3. Pada blazer maupun jas pria bagian bahunya harus terasa nyaman dan selaras dengan bahu anda yang sebenarnya.
  4. Khusus untuk pakaian yang berkancing depan seperti kemeja pria dan baju koko, pastikan bagian dada kemeja melekat tepat di tubuh sehingga menghasilkan deretan kancing yang terlihat rapi dan placket yang rata.
  5. Soal pemilihan celana sebaiknya hindari celana pria yang terlalu ketat.
    • Agar pernampilan terlihat smart dan bersih kalau bisa pilihlah celana dengan ukuran yang sesuai dengan kaki kita secara keseluruhan.
    • Tapi kalau berat badan anda cenderung naik turun, pilihlah celana pria yang benar-benar nyaman di kaki.

Pakaian Pria

Sumber : https://luvlyoutfits.com/

Ingin membuat pakaian pria sendiri tapi masih kesulitan menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola pakaian pria dari kami.

Perhatikan Kualitas Pakaian

Menggunakan pakaian yang berkualitas menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga penampilan agar tetap keren. Penilaian akan bagus tidaknya kualitas sebuh pakaian bisa dilihat dari sisi kenyamanan saat dikenakan dan tingkat keawetan pakaian meski sering dipakai.

  1. Pakaian yang berkualitas bagus biasanya dilengkapi dengan label keterangan bahan pakaian dan cara perawatan yang dianjurkan untuk pakaian yang anda beli.
  2. Memiliki jahitan yang rapat, padat dan tebal. Untuk mengujinya cobalah sedikit menarik jahitan baju, jika jahitan menunjukkan celah itu berarti pakaian tersebut tidak bermutu.
    • Jahitan pakaian yang bagus harus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
    • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
    • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
    • Obrasan pada tepi pakaian harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
    • Pada bagian yang tampak dari luar seperti kerah dan lubang kancing pemasangannya harus presisi.
  3. Kancing dan resleting yang terpasang pada pakaian berwarna sama persis dengan warna pakaian.
  4. Celana pria idealnya harus memiliki keliman hingga 4 cm sementara untuk kemeja pria bisa lebih kecil hingga sekitar 2 cm.
  5. Pakaian yang berkualitas bukan berarti harganya harus selalu mahal, meskipun tidak dapat dipungkiri juga kalau pakaian mahal sudah pasti memiliki kualitas tinggi. Yang terpenting carilah produk pakaian yang terjangkau tapi pilihlah yang paling berkualitas.

Pakaian Pria

Sumber : https://www.abakhan.co.uk/

Pahami Cara Padupadan Busana

Dalam hal berbusana tidak hanya para wanita saja yang dituntut untuk pandai dalam memadupadankan pakaian, tetapi kaum pria juga harus memiliki kemampuan yang satu ini.

  1. Misalnya saja anda ingin memakai celana pendek, maka jangan gunakan kemeja pria atau jas pria berlengan panjang, tapi padukan celana pendek dengan kaos untuk menciptakan kesan kasual.
  2. Sebaliknya jika anda ingin menghadiri acara yang bersifat formal dan mengharuskan anda untuk memakai jas pria maka jangan memadupadankan jas tersebut dengan celana pendek.

Pakaian Pria

Sumber : https://www.themodestman.com/

Memilih Fokus Dalam Berpakaian

Untuk menciptakan keseimbangan dalam berpakaian jangan membuat seluruh pakaian menjadi terlalu fokus perhatian.

  1. Bila anda ingin memakai kaos, kemeja pria ataupun jaket yang berwarna cerah sebaiknya pakailah celana pria yang warnanya gelap, begitu pun sebaliknya.  
  2. Belilah setidaknya satu celana pria yang warnanya kalem, sehingga anda bisa memakainya dengan kemeja yang berwarna apapun.

Pahami Tata Cara Pemakaian Jas

Sebagian besar jas modern yang dibuat untuk pria biasanya memang dirancang untuk menonjolkan bentuk pinggul dan membuat pinggang nampak lebih ramping. Karena itulah penting bagi anda untuk mengetahui cara pemakaian jas yang tepat.

  1. Hal terpenting yang harus anda perhatikan ketika hendak mengenakan jas adalah pastikan jas pria yang anda pilih benar-benar terlihat serasi dengan kemeja pria maupun celana anda. Baik itu dari segi desain, potongan dan warnanya.
  2. Jas pria yang bagus ujung bagian bawahnya harus mampu menutupi ritsleting celana dan pantat anda.
  3. Bagian ujung bawah celana pria jatuhnya harus tepat di bagian atas sepatu.
  4. Sementara bagian manset lengan (kemeja) yang boleh terlihat hanya sebesar ½ inchi atau 1,25 cm saja dari panjang lengan jas.
  5. Jika anda mengenakan rompi, kancing jas paling bawah harus terbuka.
  6. Saat memakai jas kenakan pula sepatu dan aksesoris jas yang senada.
    • Untuk menegaskan celana yang anda pakai tambahkan ikat pinggang yang berwarna netral seperti warna hitam.
    • Kenakan dasi yang lebarnya sesuai dengan lebar kerah.
    • Hindari penggunaan dasi yang panjangnya melebihi batas pinggang. Sebagai gantinya pakailah dasi yang panjangnya hanya mencapai pinggang atau sedikit lebih pendek.
  7. Samakan warna sepatu, jas pria ataupun celana. Lebih bagus lagi jika anda menambahkan kaus kaki yang cukup panjang agar bagian kaki anda tidak ada yang terlihat ketika duduk.

Pakaian Pria

Sumber : http://aswaqlebnen.com/

Jangan Terlalu Sering Mencuci Pakaian

Banyak orang berpikir pakaian harus selalu dicuci tiap kali usai dipakai. Padahal pada kenyataannya terdapat pula beberapa pakaian pria yang dapat berkali-kali digunakan tanpa harus dicuci terlebih dahulu misalnya saja celana jeans, jaket dan pakaian pria dengan model jas yang dijahit secara khusus.

  1. Bahan kimia yang digunakan saat mencuci baju seringkali membuat jahitan mudah rapuh. Jika memungkinkan, cucilah jaket, jas dan pakaian luar yang sejenis sebanyak dua kali dalam setahun.
  2. Pakaian berbahan denim juga tidak boleh dicuci terlalu sering. Celana jeans harus dicuci setiap beberapa bulan, sedangkan dry denim idealnya tidak perlu dicuci sama sekali.
    • Celana jeans tidak bisa dicuci terlalu sering karena pewarna indigo terhapus secara alami yang menyebabkan warnanya pudar.
    • Semakin jarang dicuci celana jeans justru akan semakin terlihat baik.
    • Hindari mencuci celana jeans dengan air panas dan jangan mengeringkannya dengan mesin. Lebih baik jemur celana jeans di tempat yang bersih dan terkena sinar matahari langsung kemudian tunggu hingga mengering secara alami.

Pakaian Pria

Sumber : https://www.thespruce.com/

Selalu Pakai Kaus Dalam

Mengenakan kaus dalam di balik kemeja akan membuat tubuh anda terasa lebih hangat. Selain berfungsi untuk melindungi bagian tubuh dari udara yang dingin, kaus dalam juga dapat memberikan efek volume pada badan kamu.

Hal terpenting yang harus anda perhatikan bila ingin mendapatkan kaus dalam yang tepat diantaranya:

  1. Pilih kaus dalam yang pas di badan, jangan terlalu besar atau terlalu kecil.
  2. Jika cuaca sedang panas pilihlah kaus dalam tipis agar tubuh anda tidak merasa gerah nantinya.
  3. Sebaliknya untuk cuaca dingin, sebaiknya pakai kaus dalam yang tebal.

Pakaian Pria

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Jangan Sembarangan Menyelipkan Kemeja

Bagi kebanyakan orang, memasukkan bagian ujung bawah kemeja ke dalam celana mungkin termasuk ke dalam salah satu cara paling smart yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tampilan yang terkesan rapi dan profesional. Padahal tidak semua kemeja pria terlihat bagus untuk dimasukkan ke dalam celana lho.

Sebelum memakai kemeja pastikan anda sudah tahu jenis kemeja seperti apa yang hendak anda gunakan. Dengan begitu anda bisa lebih mudah untuk menentukan gaya busana seperti apa yang anda terapkan pada penampilan.

  1. Jenis kemeja yang perlu dimasukkan ke dalam celana diantaranya berupa dress shirt, kemeja berkancing lengan panjang, dan kemeja flannel resmi.
  2. Jenis kemeja atau kaos yang tidak harus dimasukkan ke dalam celana di antaranya berupa casual shirt, t-shirt, polo shirt, button-fronted sport shirt, serta vacation shirt.
  3. Kemeja yang harus dimasukkan ke dalam celana umumnya memiliki model kerah yang kaku dan tegak. Pada bagian kerah dan lengannya juga terdapat collar stays dan cuff.
  4. Tapi kalau kemeja yang anda memiliki hanya dilengkapi dengan kerah lunak seperti halnya casual shirt dan polo shirt maka anda bebas untuk tidak memasukkan ujung kemeja tersebut ke dalam celana.
  5. Saat dibiarkan menjuntai keluar, ujung kemeja harus benar-benar menutupi ikat pinggang hingga ke bagian tengah retsleting.
  6. Namun jika hendak dimasukkan kedalam celana, kancing terbawah dari kemeja harus tetap berada di dalam celana.

Satu hal yang harus anda ingat adalah jangan terapkan cara yang sama pada pakaian yang dibuat daei bahan denim tebal atau flanel. Jika anda merupakan tipe pria penyuka kaos polo, anda juga bisa menyelipkannya ke dalam celana jika pakaian tersebut memiliki potongan yang panjang di bagian bawahnya.

Jangan Lupa Menyemir Sepatu

Sepatu yang bagus dan terawat dengan baik bisa dijadikan sebagai investasi yang mahal untuk tampil keren. Karena alasan itulah sempatkan sedikit waktu anda untuk merawat sepatu secara rutin.

  1. Semir sepatu berfungsi untuk melindungi sepatu dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet, menguatkan kulit sepatu, serta melindunginya agar tidak mudah rusak.
  2. Semir bisa meresap ke dalam pori-pori sepatu dan membuatnya tetap lentur.
  3. Untuk menjaga sepatu tetap lembut dan terhindar dari bau tidak sedap anda bisa menyemirnya sebanyak dua kali dalam seminggu.

Pakaian Pria

Sumber : https://blog.rumahdewi.com/

Buat anda yang mau mencoba menyemir sepatu di rumah anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut.

  1. Sebelum memutuskan untuk menyemir sepatu singkirkan semua kotoran tersebut dengan menyikat sepatu sampai bersih.
  2. Agar noda membandel di sepatu segera menghilang, berilah sedikit air pada sikat.
  3. Ketika sepatu sudah bersih dan kering, semirlah sepatu dengan menggunakan sikat.
  4. Semirlah sampai sepatu benar-benar terlihat mengkilap.
  5. Pada bagian heel semirlah menggunakan bantalan dari kapas yang sedikit basah. Lalu, semirlah dengan gerakan melingkar untuk menyingkirkan kotoran yang membandel.
  6. Dengan menerapkan cara di atas sepatu yang anda miliki tidak hanya akan terlihat bersih, tetapi kotoran juga enggan untuk menempel kembali.

Hindari Ransel Saat Memakai Setelan Jas

Untuk membawa laptop maupun perlengkapan lainnya saat ini banyak orang yang mulai menggunakan ransel untuk kegiatan sehari-hari. Tetapi tidak peduli seberapa mewahnya ransel yand anda miliki sebaiknya jangan pernah membawanya saat memakai setelan jas.

  1. Membawa ransel di punggung justru akan merusak jahitan jas.
  2. Tekanan pada bahu karena tali ransel juga bisa membuat pakaian robek, apalagi jika pakaian dijahit secara kusus.
  3. Untuk tampil sempurna dengan jas lebih baik gunakan tas jinjing berkualitas tinggi sebagai pelengkap penampilan.

Hindari Pakaian Yang Aneh

Jangan coba-coba menggunakan kaos kaki lucu atau pakaian aneh lainnya saat berada di lingkungan kerja, karena cara ini tidak akan membuat anda terlihat smart atau lucu tapi justru akan memancing orang untuk berpikir bahwa anda tidak serius dengan pekerjaan tersebut.

  1. Memakai pakaian yang aneh bukan salah satu cara yang tepat untuk tampil smart dan profesional.
  2. Bila terpaksa anda harus memakai kemeja bermotif aneh maka menutupinya dengan blazer menjadi pilihan yang lebih baik.

Gunakan Aksesoris Berbahan Kulit

Untuk menunjang gaya penampilan anda supaya makin keren jangan lupa untuk menggunakan aksesoris kulit yang sesuai dengan seluruh warna pakaian. Bagi anda yang berani bereksperimen tidak ada salahnya mencoba aksesoris kulit yang dihadirkan dalam berbagai macam warna yang cerah dan mencolok.

Pakaian Pria

Sumber : https://www.amazon.in/

Beberapa macam produk fashion berbahan kulit yang bisa anda andalkan untuk menyempurnakan penampilan diantaranya ada jaket kulit, dompet kulit, jam tangan dengan strap kulit, ikat pinggang kulit maupun aksesoris lainnya. 

  1. Sebagai salah satu jenis pakaian penghangat tubuh yang cukup populer dikalangan masyarakat jaket kulit dikenal sebagai produk fashion yang memiliki nilai lebih.
  2. Dompet kulit menjadi produk selanjutnya yang wajib untuk anda miliki. Selain difungsikan sebagai tempat menyimpan uang dan kartu kredit, dompet yang satu ini sebenarnya juga bisa menjadi simbol kemapanan.
  3. Jam tangan kulit sangat cocok dipadukan dengan outfit apa pun. Jam tangan berbahan kulit juga bisa menjadi alternatif buat banyak orang yang punya kulit sensitif terhadap bahan metal.
  4. Ikat pinggang atau sabuk berbahan kulit termasuk ke dalam jenis aksesoris yang memiliki fungsi cukup penting. Penggunaan ikat pinggang memang efektif untuk memberikan kesan rapi.

Perhatikan Detail Kecil

Untuk memastikan bahwa penampilan anda sudah oke perhatikan setiap detail fashion item, tatanan rambut dan aksesoris yang anda pakai.

  1. Menata rambut sesuai bntuk wajah dan trend yang tengah berkembang sudah pasti akan membuat anda terlihat lebih keren.
  2. Sesuaikan pemilihan warna ikat pinggang dengan celana, pemilihan kaus kaki dengan sepatu, pemilihan dasi dengan cufflinks.
  3. Biasakan untuk mencukur kumis dan jenggot jika sudah terlalu panjang dan tidak beraturan.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa aturan dasar berbusana bagi para pria yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak informasi penting terkait tips-tips fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.