Article

Homepage Article Desain Fesyen Tinta Sablon Waterbase (Basis…

Tinta Sablon Waterbase (Basis Air)

Tinta sablon waterbase merupakan jenis tinta sablon yang berbasis air sehingga bersifat cepat kering. Pada prinsipnya, dalam proses pembuatan sablon dengan tinta waterbase dibutuhkan sebuah screen yang kerapatannya lebih lebar. Jenis tinta sablon berbasis air sendiri terdiri atas berbagai macam variasi. Mulai dari  tinta rubber, tinta rubber transparant, tinta extender, tinta soft white, tinta foaming, dan tinta metalic.

Tinta Waterbase

Sumber : http://konveksi-indo.com

Tinta Rubber / Karet / GL

Tinta rubber merupakan jenis tinta sablon yang biasa diaplikasikan diatas bahan atau kain tekstil, terutama pada bahan kaos. Tinta rubber memiliki karakteristik seperti karet sehingga dapat melar bila ditarik. Kualitas tinta rubber sendiri dapat dikenali dengan mudah berdasarkan daya tutup dan juga tingkat elastisitasnya.

Tinta Rubber

Sumber : http://www.sablon.biz

Rubber Transparant

Rubber Transparant merupakan jenis tinta rubber yang  bersifat transparant sehingga banyak digunakan dalam proses sablon separasi (tumpuk 4 warna). Karena sifatnya yang transparan maka hasil sablonan pada lapisan warna atas dapat depengaruhi oleh lapisan warna yang ada dibawahnya.

Tinta Rubber Transparant

Sumber : https://alatsablon.wordpress.com/

Tinta Extender (Medium)

Tinta extender merupakan jenis tinta transparan yang digunakan untuk menyablon dengan teknik separasi  (tumpuk 4 warna). Karakteristiknya yang transparan atau bening membuat tinta extender tidak dapat digunakan pada bahan kain yang berwarna gelap. Jenis tinta ini umumnya memiliki permukaan yang halus karena dapat meresap kedalam pori-pori kain tekstil dengan baik.

Tinta Extender

Sumber : http://santara.blog.com

Tinta Soft White

Sesuai dengan namanya, tinta soft white dapat diklasifikasikan kedalam jenis tinta sablon yang memiliki karakteristik warna putih yang soft. Meski pada awalnya  banyak digunakan untuk untuk menghasilkan efek vintage atau grunge yang samar, namun akhir-akhir ini tinta soft white juga banyak digunakan untuk sablon kaos yang menggunakan teknik raster (gambar gradasi).

Tinta Foaming

Tinta Foaming sering juga disebut dengan tinta timbul atau tinta busa. Karakteristiknya yang unik dan dapat mengembang bila terkena press panas menjadikan tinta foaming sebagai salah satu tinta sablon yang banyak digunakan untuk menghasilkan efek timbul atau foaming pada sablonan diatas bahan kain tekstil atau kaos.

Tinta Foaming

Sumber : https://erbaigrafika.wordpress.com

Tinta Metalic

Tinta metalic terdiri dari dua komponen utama yaitu berupa binder metalic dan serbuk metalic. Untuk menghasilkan warna emas atau silver yang sempurna sebaiknya kedua bahan tersebut dicampur ketika hendak digunakan pada saat membuat sablon pada bahan kain tekstil. Pasalnya jika disimpan terlalu lama  tinta metalic bisa mengalami proses oksidasi berupa perubahan warna kearah yang lebih gelap.

Tinta Metalic

Sumber : http://fjb.m.kaskus.co.id

Semoga bermanfaat.

Pada artikel yang akan datang Fitinline akan mengajak anda untuk menyimak pembahasan mengenai jenis-jenis Tinta Sablon Berbasis Minyak (Solvent Base).

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.