Article

Kain Ripstop

Kain ripstop merupakan salah satu kain tekstil bertekstur kotak-kotak yang terbuat dari tenunan benang nilon yang diperkuat secara khusus dengan selingan tenunan benang yang berukuran lebih besar. Selama proses menenun berlangsung benang yang difungsikan sebagai penguat akan terjalin secara berkala dalam pola crosshatch yang memiliki interval 5 hingga 8 milimeter (0,2 hingga 0,3 in). Kain ripstop memiliki karakteristik tipis dan ringan dengan struktur 3-dimensi yang tersusun atas jalinan benang tebal dengan kain tipis.

 

Kain Ripstop

Sumber : http://www.aliexpress.com

Berbeda dengan jenis kain tekstil yang dengan mudah dapat dijumpai di toko kain online, material yang biasa digunakan untuk membuat kain ripstop diantaranya berupa kapas, sutra, poliester, dan polypropylene, serta nilon dengan konten terbatas pada benang crosshatched yang membuatnya tahan air.

Kain Ripstop

Sumber : https://www.esvocampingshop.com

Sebagai bahan yang bersifat kedap air dan kedap udara, ripstop menjadi pilihan terbaik yang dapat digunakan untuk membuat tas atau koper, goodybag, jaket, hingga seragam tentara militer. Karakteristiknya yang kuat mampu melindungi tubuh pemakainya dari ancaman udara dingin dan cuaca ekstrim yang mengakibatkan ketidaknyamanan ketika berada dilingkungan terbuka. 

Kain Ripstop

Sumber : http://id.aliexpress.com

Disisi lain, kain ripstop yang bersifat fire-resistant juga dapat dimanfaatkan untuk membuat seragam petugas pemadam kebakaran karena bahan ini terbilang cukup kokoh dan tidak mudah terbakar.

Kain Ripstop

Sumber : http://www.sxguanglin.com.cn

Secara garis besar kain ripstop yang saat ini banyak dijual di grosir kain, tersedia dalam berbagai tekstur dan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Ketika dikombinasikan dengan bahan lembut kain nilon ripstop mampu menjadi lembut dan fleksibel sehingga dapat digunakan untuk berbagai industri yang berbeda di seluruh dunia. 

Kain Ripstop

Sumber : http://archive.kaskus.co.id

Semoga bermanfaat.

Comments 2

Leave a Comment

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.