Article

Homepage Article Fashion Design Pesona Kain Tenun Bulu dan…

Pesona Kain Tenun Bulu dan Pemanfaatannya Untuk Gaya Masa Kini

Mencari bahan kain tradisional yang cocok untuk membuat busana kerja ataupun busana pesta?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa memilih kain tenun bulu yang memiliki motif unik dan tekstur berbulu yang memberikan tampilan elegan dan eksklusif.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Tenun Bulu

Kain tenun bulu merupakan salah satu inovasi produk dari kain tenun biasa yang dulunya hanya berupa polosan/ putihan. Sejak mulai diproduksi, kain inipun menjadi sangat populer dan diminati para pecinta tenun karena motif dan warna yang dihasilkan sederhana namun elegan.

  • Kain tenun bulu termasuk ke dalam jenis kain yang istimewa karena memerlukan waktu dan ketelatenan tinggi untuk membuatnya.
  • Kain tenun bulu dikerjakan sepenuhnya secara tradisional oleh tangan-tangan terampil pengrajin tenun sehingga menjadikannya produk yang eksklusif dan bernilai seni tinggi.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://shopee.co.id/

Dilihat dari cara pembuatannya, proses produksi kain tenun bulu sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kain tenun pada umumnya. Yang membedakan kain tenun bulu dengan kain tenun yang lain yaitu adanya sulaman bulu yang timbul di atas permukaan kain tenun.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://shopee.co.id/

Keistimewaan Kain Tenun Bulu

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi keistimewaan kain tenun bulu yaitu:

  • Kain tenun bulu memiliki sulaman yang timbul di atas permukaan kain, sehingga tampilannya terkesan mewah dan eksklusif.
  • Tekstur kain tenun bulu yang lembut dan berbulu memberikan kenyamanan ekstra saat dikenakan dalam waktu lama.
  • Sulaman pada kain tenun bulu terbuat dari benang halus yang diproses sedemikian rupa hingga membentuk sebuah pola dan motif yang cantik.
  • Kain tenun bulu memiliki nilai budaya yang tinggi dan sering dijadikan sebagai simbol identitas budaya.
  • Kain tenun bulu memiliki sifat breathable sehingga membuatnya sangat nyaman dipakai dalam berbagai cuaca.
  • Dengan teksturnya yang unik kain tenun bulu dapat menghasilkan pakaian yang tidak hanya nyaman tetapi juga berkelas dan elegan.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://shopee.co.id/

Busana Dari Kain Tenun Bulu

Mau tahu apa saja model busana pria dan busana wanita kikinian yang bisa dibuat dari kain tenun bulu?. Sebagai referensi berikut adalah beberapa jenis busana pria dan wanita yang bisa kamu pilih.

1. Dress Wanita

Pertama ada dress wanita yang sangat cocok di andalkan untuk keperluan pesta atau keperluan formal lainnya. Beberapa contoh dress yang dimaksud yaitu dress model A-line yang klasik dan elegan, maxi dress, shift dress model sederhana, flare dress dan juga wrap dress.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Tunik Wanita

Kedua ada tunik wanita yang biasa diciptakan dalam ukuran cukup panjang hingga sebatas lutut atau sedikit lebih panjang lagi. Mau dibuat lebih modern ataupun simple, tunik dari kain tenun bulu akan membuat penampilan kamu terkesan modis dan stylish.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Kebaya Wanita

Ketiga ada kebaya wanita dengan model kutu baru, kebaya ala kartini, kebaya model peplum atau model kebaya lainnya, yang bisa memberi kesan anggun dan elegan pada penampilan kamu.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://batiksalma.com/

4. Long Outer

Keempat ada long outer yang stylish dan elegan untuk melengkapi berbagai gaya busana kamu. Tidak hanya memberikan kehangatan dan kenyamanan, tetapi long outer dari kain tenun bulu juga bisa menambahkan sentuhan etnik yang unik pada penampilan kamu.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://batiksalma.com/

5. Kaftan

Kelima ada kaftan wanita yang biasa didesain dalam bentuk terusan longgar dan cukup panjang, namun ada juga yang dimodifikasi dengan tambahan draperi maupun kerutan pada bagian pinggang.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Blus Wanita

Keenam ada blus wanita yang bisa menjadi pilihan paling tepat untuk hangout, kuliah dan juga bekerja. Beberapa contoh model blus yang dimaksud yaitu:

  • Blus sederhana model A-line, blus tanpa kerah atau blus dengan lengan pendek.
  • Blus modern model off-shoulder, blus dengan detail ruffle, blus asimetris atau blus dengan lengan lonceng.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Rok Wanita

Ketujuh ada rok wanita yang bisa menjadi salah satu item fashion favorit dalam koleksi kamu. Untuk pelengkap gaya casual kamu bisa memadupadankannya dengan kaos dan juga tanktop. Untuk pelengkap gaya yang lebih formal kamu bisa memadupadankannya dengan blus dan blazer.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Kemeja Pria

Kedelapan ada kemeja pria yang memberikan kesan elegan dan berkelas, sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai kesempatan formal maupun casual. Tinggal sesuaikan saja mana yang paling pas dengan selera kamu.

Kain Tenun Bulu

Sumber : https://shopee.co.id/

Download pola kemeja siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kemeja sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Cara Merawat Kain Tenun Bulu

Supaya baju berbahan kain tenun bulu yang kamu miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, kamu bisa merawatnya dengan cara berikut.

  • Untuk merawat busana berbahan kain tenun bulu tidak disarankan mencuci dengan mesin cuci.
  • Gunakan sabun khusus yang bebas dari pemutih dan bahan kimia berbahaya lainnya.
  • Hindari memeras busana berbahan kain tenun bulu terlalu kuat atau kencang.
  • Hindari menjemur busana berbahan kain tenun bulu dari paparan sinar matahari langsung.
  • Untuk merapikan baju gunakan setrika dengan suhu sedang.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa keistimewaan kain tenun bulu dan contoh busana yang dapat dibuat dari kain tenun bulu itu sendiri. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih alternatif bahan kain yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.