Article

Homepage Article Fashion Design Pentingnya Sewing Planner…

Pentingnya Sewing Planner Dalam Proses Pembuatan Baju

Menggunakan sewing planner dapat membuat proses menjahit baju jadi lebih terorganisir, menyenangkan dan memuaskan. Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang apa itu sewing planner, manfaat sewing planner dan fitur penting pada sewing planner, langsung saja simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sewing Planner

Sewing planner adalah alat yang dirancang untuk membantu seseorang dalam merencanakan dan mengorganisir proyek menjahit mereka. Bentuknya sendiri bisa berupa buku fisik, jurnal atau aplikasi digital dan umumnya mencakup berbagai fitur untuk membantu merencanakan setiap aspek dari proses menjahit.

Sewing Planner

Sumber : https://www.etsy.com/

Fungsi dan Manfaat Sewing Planner

Sebagai salah satu alat yang membantu seseorang dalam merencanakan dan mengorganisir proyek menjahit, sewing planner umumnya memiliki manfaat yang besar bagi siapa saja yang memiliki minat dalam menjahit, baik pemula maupun profesional. Berikut beberapa fungsi dan manfaat dari sewing planner.

1. Perencanaan Proyek

Sewing planner berperan penting untuk membantu merinci setiap proyek menjahit, termasuk desain, pola, bahan dan aksesoris yang diperlukan.

2. Organisasi Proyek

Sewing planner berguna untuk mengatur dan merencanakan proyek-proyek menjahit dengan rincian yang jelas dan terstruktur, sehingga proses menjahit baju akan menjadi lebih efisien.

3. Pengelolaan Waktu

Sewing planner bisa membantu desainer untuk mengatur jadwal dan tenggat waktu dalam setiap tahap proyek menjahit, sehingga pekerjaan yang dilakukan jadi lebih terorganisir dan efisien.

4. Pengelolaan Inventaris

Sewing planner berguna untuk melacak bahan, alat dan perlengkapan menjahit yang dimiliki serta yang perlu dibeli, sehingga bisa membantu menghindari pembelian alat dan bahan yang tidak perlu.

5. Inspirasi dan Ide

Sewing planner menyediakan ruang untuk mencatat ide-ide, sketsa dan inspirasi yang berguna untuk referensi di masa depan.

6. Dokumentasi

Sewing planner menyediakan tempat untuk mencatat ukuran, pola dan penyesuaian yang diperlukan untuk setiap proyek.

  • Dengan merencanakan dan mendokumentasikan ide-ide, sewing planner dapat membantu menginspirasi kreativitas dan inovasi dalam desain.
  • Dokumentasi yang baik juga membantu memastikan hasil yang konsisten dalam setiap proyek, terutama ketika kamu mengulang pola yang sama.

7. Evaluasi dan Catatan

Sewing planner berguna untuk mencatat hasil akhir, teknik yang digunakan ketika membuat baju dan evaluasi proyek untuk pembelajaran di masa depan.

Sewing Planner

Sumber : https://id.pinterest.com/

Fitur Umum Dalam Sewing Planner

Untuk membantu pengguna dalam mengelola proyek menjahit mereka dengan lebih efisien dan terorganisir, sewing planner biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur penting. Berikut adalah beberapa fitur umum yang sering ditemukan pada sewing planner.

1. Halaman Inspirasi

Halaman inspirasi merupakan halaman pada sewing planner yang bisa kamu gunakan untuk menulis deskripsi singkat tentang proyek yang sedang dikerjakan, menempelkan gambar, sketsa dan ide dari majalah atau internet.

Sewing Planner

Sumber : https://agnessomogyi.com/

2. Rencana Proyek

Rencana proyek merupakan halaman yang berguna untuk mencatat semua informasi terkait detail proyek seperti deskripsi, pola yang digunakan, ukuran, bahan dan teknik khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek.

Sewing Planner

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Checklists

Checklists alias daftar periksa merupakan halaman yang berguna untuk memastikan semua bahan dan alat tersedia sebelum memulai proyek.

Sewing Planner

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Tabel Ukuran

Tabel ukuran merupakan halaman yang berguna untuk mencatat referensi ukuran tubuh / merekam semua pengukuran yang kamu butuhkan saat menjahit baju (misalnya saja lingkar dada, pinggang, pinggul).

Sewing Planner

Sumber : https://www.thepatternsroom.com/

5. Budget Tracker

Budget teacker merupakan bagian untuk mencatat anggaran setiap bahan dan alat yang dibeli untuk proyek, serta total pengeluaran yang berkaitan dengan keseluruhan proyek menjahit.

Sewing Planner

Sumber : https://www.etsy.com/

6. Waktu dan Deadline

Waktu dan deadline adalah kalender atau jadwal untuk mengatur waktu pengerjaan dan tenggat waktu.

Contoh Penggunaan Sewing Planner

Misal kamu ingin mengunakan sewing planner untuk membuat sebuah gaun, berikut adalah contoh penggunaan sewing planner untuk mengelola sebuah proyek menjahit dari awal hingga selesai.

1. Sketsa Desain

Menggambar desain awal dan mencatat dengan detail desain yang diinginkan seperti panjang gaun, bentuk kerah dan jenis lengan.

2. Pilih Pola

Mencatat pola yang akan digunakan, termasuk ukuran, perubahan dan modifikasi yang diperlukan saat membuat baju.

3. Daftar Bahan

Menuliskan jenis kain, jumlah yang dibutuhkan dan di toko mana kamu bisa membelinya.

4. Langkah-langkah Proyek

Menguraikan langkah-langkah menjahit dari potong kain hingga penyelesaian akhir.

  • Memotong pola dari kain.
  • Menjahit bagian atas gaun.
  • Menjahit bagian rok.
  • Menggabungkan bagian atas dan rok.
  • Menambahkan resleting dan kancing.
  • Penyelesaian dan pemeriksaan akhir.

5. Catatan Kemajuan

Menandai setiap tahap yang sudah diselesaikan dan menuliskan catatan penting selama proses pengerjaan.

6. Evaluasi Proyek

Menilai hasil akhir setelah selesai membuat baju, mencatat apa yang berhasil dan apa yang bisa diperbaiki untuk proyek mendatang.

Sewing Planner

Sumber : https://www.etsy.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai fungsi, manfaat dan fitur umum dalam sewing planner yang penting untuk kamu ketahui. Dengan menggunakan sewing planner kamu bisa meningkatkan efisiensi, mengurangi kesalahan dan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dalam proyek menjahit.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita dan pakaian anak-anak?. Yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Download juga Pola Baju siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kemeja, blus wanita, celana dan berbagai model pakaian lain yang tidak kalah menarik.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.