Article

Homepage Article Kain Tekstil Mengenal Sir William Henry…

Mengenal Sir William Henry Perkin, Penemu Pewarna Sintetis “Mauveine” Alias Ungu Muda

Merayakan ulang tahun Sir William Henry Perkin yang ke-180, hari ini tepatnya pada tanggal 12 maret 2018 google kembali menghadirkan doodle yang cukup menarik, yakni berupa ilustrasi pria dan wanita yang mengenakan gaun dan jas warna ungu muda. Lantas apa hubungannya antara jas warna ungu dengan Perkin?.

Mauveine

Sumber : https://www.google.co.id/

Mungkin banyak diantara anda yang belum tahu jika dibalik penemuan pewarna sintetis “mauveine” alias ungu muda sebenarnya ada sosok Perkin yang memiliki peran sangat penting. Pria kelahiran Inggris, 12 Maret 1838 ini merupakan ilmuan yang tak sengaja menemukan formula yang membentuk warna ungu pertama di dunia.

Mauveine

Sumber : http://www.sscdt.org/

Semua bermula kala Perkin menimba ilmu di Royal College of Chemistry, London dimana dirinya belajar di bawah bimbingan August Wilhelm von Hofmann, seorang ahli kimia asal Jerman. Ia lalu menjadi asisten di laboratorium saat berusia 18 tahun yang tugasnya membersihkan semua kotoran hitam dari gelas kimia setelah percobaan yang gagal.

Mauveine

Sumber : http://nicholls-colton.co.uk/

Ditengah rutinitasnya membersihkan gelas-gelas kimia kotor itulah Perkin kemudian menemukan sebuah hal yang menarik yakni berupa zat berwarna ungu dengan sifat pewarnaan yang sangat bagus dan begitu jelas, suatu hal yang tak pernah ia lihat sepanjang hidupnya.

Mauveine

Sumber : https://de.wikipedia.org/

Berawal dari penemuan warna ungu yang tak biasa upaya-upaya untuk membuat ulang zat warna tersebut pun mulai dilakukan. Zat pewarna ungu yang ditemukannya tersebut kemudian ia namakan "mauveine" yang dikenal juga dengan anilin ungu (aniline purple) atau Tyrian Purple. 

Mauveine

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tiga tahun setalah berhasil menguasai formulanya, tepatnya pada tahun 1856 akhirnya Perkin mendapatkan hak paten untuk memproduksi pewarna sintetis tersebut. Dengan bantuan ayah dan saudaranya, Perkin kemudian mendirikan pabrik di dekat Harrow di tahun berikutnya. 

Mauveine

Sumber : https://en.wikipedia.org/

Berkat penemuannya Perkin menjadi terkenal di seantero Inggris. Tidak lama setelah itu pakaian berwarna ungu yang dibuat dalam berbagai gaya pun kemudian menjadi trend dan begitu mewabah di kalangan masyarakat Inggris. Bahkan Ratu Victoria mengenakan gaun ungu muda pada pernikahannya pada 1858.

Mauveine

Sumber : https://visalakshiramani.wordpress.com/

Karena jasa-jasanya di bidang penelitian kimia terutama tekstil, William Henry mendapatkan gelar bangsawan pada tahun 1906, bertepatan dengan peringatan 50 tahun penemuannya untuk "mauveine". Beliau menghembuskan nafas terakhir pada 14 Jul 1907 di London pada usia ke-69 tahun.

Mauveine

Sumber : https://greenford365.wordpress.com/

Terimakasih Sir William Henry Perkin, selamat ulang tahun yang ke-180. Tanpa penemuan “mauveine” di masa lalu mungkin perkembangan industri pewarna sintetis dan tekstil akan stagnan seperti di abad ke-18 hingga sekarang.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan pewarna kain sintetis berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi produk pewarna kain dari kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.