Article

Homepage Article Fashion Design Manfaat Jaket Sauna Untuk…

Manfaat Jaket Sauna Untuk Olahraga dan Tips Aman Menggunakannya

Asal digunakan dengan benar, jaket sauna bisa menjadi aksesoris yang bagus untuk rutinitas olahraga apapun. Namun sebelum memutuskan untuk berolahraga dengan menggunakan jaket sauna, yuk cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaat, resiko dan tips aman memakai jaket sauna saat berolahraga.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Sauna

Jaket sauna adalah sejenis jaket yang didesain khusus untuk meningkatkan pembakaran kalori dengan menahan panas tubuh dan membuat tubuh berkeringat lebih banyak dari biasanya saat berolahraga. Selama berolahraga menggunakan jaket sauna, suhu tubuh pun akan naik lebih cepat tanpa adanya peningkatan intensitas latihan.

Jaket Sauna

Sumber : https://www.blibli.com/

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, jaket sauna sendiri biasanya juga banyak dibuat dari bahan khusus yang berbeda dengan jaket pada umumnya.

  • Jaket sauna biasa dibuat dari bahan yang anti air dan tidak breathable seperti parasut, taslan, PVC dan neoprene yang menyerupai pakaian selam.
  • Jaket sauna dari bahan seperti PVC cenderung memiliki sifat yang menahan panas dan mendorong produksi keringat selama berolahraga.

Jaket Sauna

Sumber : https://everlast.ca/

Manfaat Memakai Jaket Sauna

Seperti layaknya jaket yang biasa digunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari, jaket sauna inipun sebenarnya juga punya segudang manfaat asal digunakan dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berolahraga dengan menggunakan jaket sauna.

1. Meningkatkan Produksi Keringat

Menggunakan jaket sauna saat berolahraga dipercaya bisa meningkatkan produksi keringat dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui cairan yang hilang. Tapi efektivitasnya dalam detoksifikasi belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah.

Jaket Sauna

Sumber : https://www.carousell.com.my/

2. Penurunan Berat Badan

Banyaknya cairan yang keluar dari dalam tubuh setelah kamu menggunakan jaket sauna bisa memberikan efek penurunan berat badan yang lumayan drastis. Namun penurunan berat badan ini hanya bersifat sementara karena bukan lemak tubuh yang hilang.

Jaket Sauna

Sumber : https://www.carousell.com.my/

3. Pemanasan Otot Lebih Cepat

Dengan menggunakan jaket sauna saat berolahraga, suhu tubuh dan otot-otot bisa lebih cepat panas sehingga dapat membantu mencegah cedera saat berolahraga.

4. Meningkatkan Kinerja Tubuh

Jaket sauna bisa meningkatkan kinerja tubuh secara signifikan dan meningkatkan sirkulasi darah. Dalam hal ini penggunaan jaket sauna juga harus dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan profesional.

Resiko dan Bahaya Jaket Sauna

Meskipun menawarkan banyak sekali manfaat pada tubuh, tapi penggunaan jaket sauna sebenarnya juga memiliki risiko yang tidak boleh kamu abaikan. Mulai dari dehidrasi, kelelahan atau bahkan heatstroke.

1. Dehidrasi

Menggunakan jaket sauna bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi bahkan sakit kepala, pusing, hingga masalah yang lebih serius seperti heat stroke, karena saat produksi keringat meningkat secara otomatis tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan.

Jaket Sauna

Sumber : https://www.femina.in/

2. Ketidakseimbangan Elektrolit

Selain dehidrasi, tubuh juga bisa kehilangan elektrolit penting seperti natrium dan kalium melalui keringat yang dapat mempengaruhi fungsi otot dan saraf, serta mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Overheating

Mengenakan jaket sauna dalam waktu lama atau dalam kondisi lingkungan yang panas bisa meningkatkan risiko overheating atau hyperthermia yang berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Jaket Sauna

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Aman Memakai Jaket Sauna

Jadi kalau kamu ingin tetap menggunakan jaket sauna saat berolahraga dan terhindar dari berbagai resiko yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya terapkan beberapa tips berikut agar kamu bisa melakukan olahaga dengan lebih aman saat menggunakan jaket sauna.

1. Minum Banyak Air

Pertama pastikan kamu minum banyak air sebelum, selama dan setelah berolahraga untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat.

Jaket Sauna

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Pantau Kondisi Tubuh

Jangan memaksakan diri untuk menggunakan jaket sauna dalam waktu yang lama. Jika kamu mulai merasa pusing, lemah, tidak nyaman atau menunjukkan tanda-tanda dehidrasi segera akhiri aktivitas olahraga yang kamu lakukan.

Jaket Sauna

Sumber : https://betterme.world/

3. Buat Rencana Latihan

Buat rencana latihan dan biarkan tubuh beradaptasi untuk berolahraga dengan jaket sauna. Selain itu pastikan bahwa tubuh mendapatkan istirahat yang cukup antara sesi latihan untuk pemulihan yang optimal.

4. Lingkungan Yang Aman

Hindari menggunakan jaket sauna di lingkungan yang sudah panas, seperti di bawah sinar matahari langsung atau dalam ruangan yang tidak berventilasi baik.

5. Konsultasi Dengan Profesional

Khusus untuk kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau masih ragu untuk memakai jaket sauna, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau profesional kesehatan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai manfaat, resiko dan tips aman memakai jaket sauna. Jadi sebelum akhirnya memutuskan memakai jaket sauna saat berolahraga, selalu pikirkan dengan baik apakah kamu benar-benar perlu memakai jaket sauna atau tidak ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket sauna lari, jaket sauna untuk jogging dan jaket sauna untuk olahraga lainnya?.  Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi  Kain Parasut, Kain Taslan dan berbagai Bahan Jaket terbaik lainya yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.