Article

Homepage Article Pakaian Adat Keunikan Pakaian Adat Gorontalo

Keunikan Pakaian Adat Gorontalo

Sebagai negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia, secara otomatis indonesia memiliki keanekaraaman budaya kesenian daerah, baik tari, lagu, alat musik tradisional, adat-istiadat, upacara keagamaan, rumah adat, serta pakaian adat tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang terdahulu. Salah satunya berupa pakaian adat Gorontalo yang biasa dikenakan pada saat upacara pernikahan, upacara khitanan, upacara baiat (pembeatan wanita), upacara penyambutan tamu, maupun upacara adat lainnya.

 

Pakaian Adat Gorontalo

Pakaian Adat Gorontalo

Sumber : http://www.skyscrapercity.com

Pakaian adat Gorontalo umumnya terdiri atas tiga warna yaitu warna ungu, warna kuning keemasan, dan warna hijau. Sedangkan dalam upacara pernikahan adat Gorontalo, masyarakat hanya menggunakan empat warna utama, yaitu merah, hijau, kuning emas, dan ungu. 

Pakaian Adat Gorontalo

Pakaian Adat Gorontalo

Sumber : http://www.kapanlagi.com

Masing-masing warna tersebut dipercaya memiliki arti tertentu yang berkaitan dengan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Gorontalo. Penggunaan warna merah dalam pakaian adat gorontalo memiliki makna keberanian dan tanggung jawab, warna hijau sebagai lambang kesuburan, kesejahteraan, kedamaian, dan kerukunan, warna kuning emas untuk melambangkan kemuliaan, kesetiaan, kebesaran, dan kejujuran, sementara warna ungu digunakan sebagai simbol keanggunanan dan kewibawaan.

Pakaian Adat Gorontalo

Pakaian Adat Gorontalo

Sumber : http://www.skyscrapercity.com

Masyarakat Gorontalo umumnya menghindari pengunaan pakaian dengan warna coklat yang menyerupai unsur tanah, dan lebih memilih warna hitam yang dianggap sebagai simbol keteguhan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa jika ingin menggunakan pakaian yang berwarna gelap. Sementara untuk keperluan ibadah dan melayat, dipilihlah pakaian berwarna putih yang bermakna kesucian atau kedukaan. Warna biru muda sering kali dikenakan pada saat peringatan 40 hari duka, sedangkan warna bitu tua biasanya digunakan pada peringatan 100 hari duka untuk menghormati orang yang telah meningal.

Pakaian Adat Gorontalo

Pakaian Adat Gorontalo

Sumber : http://mediagor.blogspot.com/

Pemahaman itulah yang kemudian dijadikan sebagai dasar dalam pemilihan warna merah, hijau, kuning emas, dan ungu pada perhiasan upacara pernikahan masyarakat Gorontalo.

Pakaian Adat Gorontalo

Pakaian Adat Gorontalo

Sumber : http://www.pixoto.com/

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan sahabat Fitinline. Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.