Article

Homepage Article Batik Keunikan Makna Filosofi…

Keunikan Makna Filosofi Batik Klasik: Motif Sidoasih

Sahabat Fitinline, mungkin salah satu dari anda ada yang berencana menikah pada tahun ini. Anda pasti menginginkan jika penikahan anda menjadi pernikahan pertama dan terakhir. Tentunya anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk busana pengantin yang hendak dikenakan nantinya. Kami ada saran untuk sahabat Fitinline khusus pengantin wanita agar di malam pengantinnya mengenakan kain batik bermotif Sidoasih. Batik ini memiliki makna filosofi yang mendalam.

Batik motif Sidoasih termasuk dalam salah satu jenis batik kraton. Nama batik sidoasih berasal dari dua kata bahasa Jawa yaitu “sido” dan “asih”. “Sido” dapat diartikan sebagai jadi, atau terus menerus, atau berkelanjutan. Sedangkan”asih” dapat diartikan sebagai sayang. Jadi jika digabungkan, batik Sidoasih dapat diartikan sebagai perlambang kehidupan manusia yang penuh kasih sayang, sehingga dapat menentramkan kehidupan di dunia maupun akhirat.

Batik Motif Sidoasih

Batik Motif Sidoasih

Sumber: http://dunianyamaya.wordpress.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Dalam adat Jawa, batik Sidoasih biasanya digunakan dalam acara-acara perkawinan, dimana kain batik Sidoasih dipakai sebagai busana pada malam pengantin. Dengan mengenakan batik Sidoasih, maka akan membuat kedua pengantin menjalani kehidupan barunya dengan lebih romantis, semakin penuh cinta dan kasih sayang.

Batik Motif Sidoasih

Batik Motif Sidoasih

Sumber: http://dunianyamaya.wordpress.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Batik motif Sidoasih ada yang berasal dari Kraton Surakarta dan biasanya dikenakan temanten puteri pada saat malam temanten. Motif Sidoasih bermakna, Sido dalam bahasa jawa memiliki arti jadi, asih berasal dari kata kasih yang mengalami pelepasan huruf K, asih bisa berarti sayang, cinta dan eman. Motif ini mempunyai makna agar hidup berumah tangga selalu penuh kasih sayang. Makna dari motif Sidoasih adalah harapan agar manusia mengembangkan rasa saling menyayangi dan mengasihi antar sesama.

Batik Motif Sidoasih

Batik Motif Sidoasih

Sumber: http://mbatikyuuuk.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Batik Motif Sidoasih yang berasal dari Yogyakarta motifnya berbentuk pola semen.Pola semen yang berasal dari kata semi, selalu bermuatan gambar tumbuhan atau gunung, tempat berseminya tanaman. Semen Sidoasih dipakai pada upacara pernikahan, dengan harapan pengantin akan membangun hidupnya dengan kebahagiaan penuh kasih.

Batik Motif Semen Sidoasih

Batik Motif Semen Sidoasih

Sumber: http://sketsabudaya.blogspot.com

Bagi calon pengantin, anda tertarik mencoba batik dengan motif Sidoasih ?. Silakan dicoba.
Semoga artikel dari kami menambah pengetahuan dan bermanfaat buat anda.

Ingin belajar membatik? Lihat videonya Disini.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.