Article

Homepage Article Fashion Design Kepanitiaan Acara Fashion…

Kepanitiaan Acara Fashion Show atau Peragaan Busana

Suatu acara fashion show atau peragaan busana tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan dan kerja sama yang baik di antara seluruh panitia. Untuk mengetahui seperti apa susunan kepanitiaan dalam sebuah acara fashion show atau peragaan busana langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Fashion Show

Fashion show atau peragaan busana yang dalam bahasa Prancis biasa disebut dengan nama “défilé de mode” dapat didefinisikan sebagai pertunjukan mode atau acara yang disiapkan dan diadakan sebagai wadah untuk memamerkan koleksi busana yang dibuat oleh para desainer dan sedang trend / digemari pada musim-musim tertentu.

  • Fashion show biasa diselenggarakan untuk memerlihatkan aneka ragam pakaian yang khusus pada musim-musim seperti musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.
  • Biasanya orang yang menghadiri acara tersebut adalah selebriti, sosialita, penikmat mode, influencer, jurnalis, editor majalah fashion, perancang busana, model atau stylist.

Fashion Show

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk memamerkan busana yang dibuat oleh para desainer, dalam prosesnya pertunjukan fashion show sendiri juga dibantu oleh para model. Adapun produk yang dipamerkan dalam sebuah fashion show biasanya terbilang sangat variatif, mulai dari baju, tas, perhiasan dan beragam aksesoris pelengkap fashion lainnya.

Fashion Show

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tujuan Dari Fashion Show

Sebagai salah satu event penting yang biasa dihadiri oleh banyak orang dari berbagai kalangan berbeda, fashion show atau peragaan busana sendiri biasa diselenggarakan bukan tanpa tujuan. Tujuan dari fasion show sendiri yaitu untuk:

  • Memamerkan koleksi busana sebagai hasil karya seni dan suatu kreasi dari desainer.
  • Mengenalkan trend busana terbaru kepada peserta yang menghadiri event tersebut.
  • Mempromosikan produk terbaru dari perusahaan tekstil, kosmetik, aksesori, serta garmen.
  • Memberikan ide segar kepada desainer lain atau mungkin orang yang baru berkecimpung di bidang fashion design.
  • Memungkinkan orang dengan berbagai profesi yang hadir di acara tersebut untuk menambah relasi baru dan memperluas pertemanan.

Kepanitiaan Fashion Show

Dengan berpedoman pada prinsip-prinsip management yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controling) untuk menyelenggarakan fashion show pada prinsipnya perlu dibentuk kepanitiaan yang disesuaikan dengan besar kecilnya acara fashion show atau peragaan busana yang akan diselenggarakan.

Berikut contoh sederhana dari susunan kepanitiaan yang dapat diterapkan dalam sebuah acara fashion show atau peragaan busana.

1. Penanggung Jawab

Keberadaan penanggung jawab dalam kepanitiaan fashion show bersifat mutlak alias harus ada. Tujuannya yaitu untuk mempertanggung jawabkan sepenuhnya atas dampak yang ditimbulkan dari acara fashion show tersebut.

2. Ketua

Berikutnya ada ketua yang bertugas untuk mengkoordinir seluruh seksi-seksi. Orang yang dipilih sebagai ketua hendaknya merupakan orang yang memiliki jiwa kepemimpinan dan dapat bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan penting yang berdampak pada tercapainya tujuan acara.

3. Sekretaris

Sekretaris bertanggung jawab kepada ketua atas keluar masuknya surat, membuat proposal yang telah disepakati bersama, bertanggung jawab atas pengadaan undangan, angket serta menyusun laporan setelah acara fashion show selesai dilaksanakan.

Fashion Show

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Bendahara

Bendahara bertanggung jawab kepada ketua atas keluar masuknya uang atau dana yang digunakan dalam menyelenggarakan fashion show.

  • Bendahara dapat bekerjasama dengan humas dalam mengelola uang yang masuk dan keluar (atas persetujuan ketua) untuk segala keperluan dari tiap seksi.
  • Bendahara bertanggung jawab membuat laporan keuangan (kwitansi dan bon terlampir) pada saat kegiatan selesai dilakukan.

5. Seksi Perlengkapan

Seksi perlengkapan bertanggung jawab kepada ketua atas kelancaran kerja dari seluruh sub seksi dan mengkoordinir kelancaran tugas-tugas untuk sub seksi yang berada di bawah arahannya.

  • Dekorasi Ruang

Sub seksi dekorasi ruang bertanggung jawab pada ketua seksi perlengkapan atas segala sesuatu yang bersangkutan dengan ruangan fashion show termasuk pengadaan meja, kursi dan properti lain yang diperlukan untuk dekorasi ruangan.

  • Cat Walk / Stage

Sub seksi sound system bertanggung jawab kepada ketua seksi perlengkapan atas tatanan cat walk / stage yang akan digunakan model untuk memperagakan busana.

Fashion Show

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Sound System

Sub seksi sound system bertanggung jawab kepada ketua seksi perlengkapan atas kelancaran dan kelengkapan pengeras suara maupun operator musik.

  • Konsumsi

Sub seksi konsumsi bertanggung jawab pada ketua seksi perlengkapan atas pengadaan konsumsi bagi seluruh peserta kegiatan dan tamu.

  • Dokumentasi

Sub seksi dokumentasi bertanggung jawab ketua seksi pelengkapan atas kelancaran pemotretan seluruh acara.

6. Seksi Peragaan

Seksi peragaan bertanggung jawab kepada ketua atas kelancaran kerja dari seluruh petugas peragaan dan mampu mengkoordinir tugas-tugas pada sub seksi urusan busana, model, tata rias dan acara.

  • Urusan Busana

Sub seksi urusan busana (pakaian, aksesories dan millineris) bertanggung jawab pada ketua seksi peragaan atas pengadaan dan kesiapan seluruh busana yang akan diperagakan.

Fashion Show

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Urusan Model

Sub seksi urusan model bertanggung jawab kepada ketua seksi peragaan atas kesiapan seluruh model, termasuk menyusun jadwal latihan, bekerja sama dengan Koreografer Mode dan penanggung jawab sound sistem (perlengkapan) dalam memilih musik.

  • Tata Rias

Sub seksi tata rias bertanggung jawab pada ketua seksi peragaan atas kesiapan tata rias wajah dan rambut para model.

Fashion Show

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Acara / Protokoler

Sub seksi acara / protokoler bertanggung jawab kepada ketua seksi peragaan atas kelancaran kegiatan fashion show termasuk mengatur jalannya acara, menunjuk MC dan bekerja sama dengan urusan peragawati dalam menyusun urutan tampil para model.

  • Seksi Humas

Seksi humas bertanggung jawab kepada ketua atas hal-hal yang berhubungan dengan publikasi, sponsor, undangan hingga door price.

Pelaksanaan Fashion Show

Selain didukung oleh tim yang handal, dalam pelaksanaan fashion show atau peragaan busana perlu diperhatikan penampilan model secara maksimal di atas panggung yang berupa tata rias, tata busana, ekspresi wajah, tata gerak (koreografi) hingga urutan penampilan.

  • Tata Rias

Tata rias untuk fashion show secara umum dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu tata rias wajah dan tata rias rambut.

  • Tata Busana

Busana yang akan dipakai model juga memegang peranan penting dalam acara fashion show, karenanya sebelum tampil ke atas panggung sebaiknya dikontrol terlebih dahulu kesiapannya untuk ditampilkan di catwalk.

Dalam menyiapkan pakaian yang akan diperagakan harus diperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jenis kesempatannya.
  • Siapa yang akan mengenakannya.
  • Bagaimana jatuhnya pakaian tersebut di badan.
  • Bagaimana penyelesaiannya.

Untuk menunjang penampilan model supaya bisa tampil dengan maksimal, perlu disiapkan pula pelengkap busana (aksesoris dan millineris) yang dapat melengkapi penampilan model di atas panggung catwalk. 

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai susunan kepanitiaan dalam sebuah acara fashion show atau peragaan busana. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan bahwa dalam pelaksanaan fashion show atau peragaan busana ternyata ada banyak sekali pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Kalau anda yang mau tahu lebih banyak lagi informasi terkait dengan teknik menjahit dan tips mendesain busana anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.